11 Feb 2019 15:25

Cara Merawat Wallpaper Agar Tetap bersih dan Tahan Lama

keluarga kokoh

Selera.id

SHARE:

Wallpaper merupakan alternatif yang bisa anda pilih ketika hendak mendekorasi rumah. Berbeda dengan cat tembok biasa, wallpaper memiliki berbagai corak dan pola menarik dan yang lebih instan dan bisa langsung diaplikasikan pada tembok rumah anda.

Wallpaper sangat cocok untuk interior kamar atau ruang utama agar memiliki tampilan yang lebih menarik sesuai selera dengan motif tertentu.

Namun, wallpaper perlu dibersihkan secara berkala dan membutuhkan perhatian khusus agar tetap memiliki penampilan yang bersih dan tidak kusam. Menelantarkan perawatan wallpaper hanya akan membuat wallpaper tampil kusam dan cepat rusak. Anda jadi harus keluar biaya lagi untuk mengganti wallpaper.

Berikut beberapa cara merawat wallpaper agar tetap bersih dan tahan lama :

Perhatikan Terlebih Dahulu Bahan Wallpaper Anda

Cek Distributor

Wallpaper dengan bahan vinyl lebih muda dirawat. Jenis wallpaper ini bisa dibersihkan dengan lap basah. Jika anda menggunakan wallpaper tanpa top coat atau plain, cukup gunakan sponge kering untuk membersihkannya.

Bahan wallpaper tanpa top coat tidak boleh sampai basah, wallpaper yang basah bisa menimbulkan jamur atau noda kuning yang membuat tampilan wallpaper jadi kusam.

Membuat Cairan Pembersih yang Benar

Nirwana Deco Jogja

Untuk wallpaper vinyl dengan top coat, bersihkan dengan kain basah agar lebih maksimal. Buatlah campuran satu ember air dengan 2 sendok makan dengan sabun cair. Pilih sabun yang tidak mengandung deterjen. Gunakan air hangat utuk memudahkan anda mengangkat noda dan debu dari wallpaper.

Membilas dan Mengeringkan Wallpaper

Wallpaperbagus

Jangan hanya dilap dengan air sabun, anda juga harus membilas wallpaper dari sabun. Sediakan ember baru dengan air dan lap bersih. Celupakan air dalam ember, peras, lalu usapkan pada wallpaper anda.

Setelah dibilas, gunakan handuk yang sudah tidak terpakai untuk mengeringkan wallpaper. Pastikan wallpaper tidak basah dan membuat ruangan anda menjadi lembab yang pastinya akan mengganggu kesehatan anda. Wallpaper lembab juga rawan jamur, jadi anda harus mengeringkan wallpaper dengan benar.

Membersihkan dengan Vacuum Cleaner

KliknClean

Jika anda malas membersihkan wallpaper dengan kain basah yang memiliki beberapa tahapan, anda bisa menggunakan vacuum cleaner. Anda bisa memasang sikat pada vacuum cleaner anda jika ada, lalu membersihkan debu yang menempel pada wallpaper dengan praktis dan cepat. Cara ini bisa anda gunakan untuk wallpaper tanpa top coat yang tidak boleh basah.

Usahakan juga vacum cleaner tidak langsung menempel pada wallpaper untuk mengindari goresan tertentu.

Perhatikan Penepatan Wallpaper

Jual Wallpaper Dinding

Ada baiknya anda tidak memasang wallpaper pada dapur. Dapur merupakan tempat yang rawan dengan berbagai noda. Mulai dari, saus, kecap, dan berbagai kuah makanan atau minyak. Untuk menghindari tampilan ruangan yang kusam dan kotor, jangan gunakan wallpaper pada dapur.

Anda juga harus memperhatikan jika anda kebocoaran pada rumah anda. Jangan sampai wallpaper anda terkena air hujan akibat bocor. Selain akan memiliki tampilan yang kusam, wallpaper anda akan lebih mudah terkena jamur dan rusak lebih cepat.

Menghilangkan Sidik Jari Kotor pada Wallpaper

pixabay.com

Setelah nyemil atau makan-makanan berminyak dengan tangan, anak terkadang suka lupa dan mengusapkan tangan pada tembok. Hal ini juga bisa terjadi ketika tangan anak anda sedang kotor dan lagi iseng mengusapkan tangan pada tembok dengan wallpaper.

Salah satu solusi cepat untuk menghilangkan sidik jari kotor pada wallpaper adalah dengan penghapus karet. Pilihlah penghapus yang memiliki elastisitas sedang, Lalu usapkan pada sidik jari hingga memudar.

Nah, itu tadi beberapa tips untuk merawat wallpaper agar tetap bersih dan tahan lama. Selamat mencoba! (*)


"Bagikan artikel ini dengan keluarga Anda"

Sosial Media

keluarga kokoh
23 November 2016 08:30

Juara 1 Lomba Foto Ekspresi

keluarga kokoh
23 November 2016 08:30

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:20

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:19

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:18

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali