22 Jan 2019 15:28

Mengenal Tiga Zona Penting Pada Dapur

keluarga kokoh

Pexels.com

SHARE:

Dapur yang bersih dan juga rapi dapat mencerminkan suasana hati penghuninya. Dapur yang bersih dapat membuat penghuni rumah menjadi lebih nyaman dan juga betah di rumah, sedangkan kondisi dapur yang kotor dan juga berantakan dapat mempengaruhi kualitas kesehatan penghuni rumah.

Dengan segala macam kondisi baik buruk dapur, tak heran jika letak dapur pada rumah senggaja dijauhkan dari ruangan utama pada rumah. Namun perlu anda ketahui, kondisi sekarang justru jauh berbeda.

Ruang dapur sering ditempatkan secara bersamaan dengan ruang keluarga ataupun ruang makan. Hal inilah yang menyebabkan dapur dikategorikan menjadi dua jenis yakni dapur kering yang biasa disebut dengan pantry dan juga dapur basah yang banyak kita temui di rumah-rumah pada umumnya.

Perlengkapan pada dapur kering dan dapur basah pastinya berbeda. Dapur kering umumnya dilengkapi perlengkapan masak yang simple seperti rice cooler, Juicer/blender, microwave dan perlengkapan lainnya.

Dapur kering biasanya digunakan untuk kegiatan masak yang tidak terlalu membutuhkan waktu banyak seperti menghangatkan makanan, memasak makanan cepat saji, membuat sereal, atau sekedar membuat minuman hangat seperti kopi dan juga teh.

Sedangkan dapur basah biasanya digunakan untuk melakukan aktivitas memasak yang sebenernya atau biasanya membutuhkan waktu yang cukup lama untuk memasak, seperti memasak bahan mentah menjadi hasil makanan yang siap untuk dimakan. Untuk aktivitas mencuci perlengkapan masak dan juga perlengkapan makan juga dilakukan di dapur basah.

Dalam pengertiannya dapur sebenarnya pasti dapat berubah seiring dengan berkembangnya ide desain untuk hunian termasuk desain dapur. Namun terlepas dari itu semua, fungsi dapur tetaplah sama yakni tempat untuk mepersiapkan makanan, membersihkan perlengkapan, serta meracik dan memasak makanan.

Dalam dunia desain, ketiga aktivitas penting pada dapur dikenal sebagai konsep “segitiga kerja” atau the work triangle,dan dibagi kedalam tiga zona besar yang kemudian dijadikan acuan dalam membuat standar dapur secara umum.

Seperti yang dikutip dari buku “Menata Dapur Minimalis” karya Anita Rahmatia, S.Ds. dan Putri Dwimirnani, S.Ds.

Prep & Clean Zone

rawpixel.com

Preparation and cleaning zone atau zona persiapan dan membersihkan adalah zona dimulainya semua kegiatan memasak. Berbagai kegiatan yang merupakan awal kegiatan memasak memang dilakukan di area ini, mulai dari mempersiapkan bahan masakan dari kulkas hingga membersihkan peralatan.

Jika dapur memiliki luas yang memadai, ada baiknya zona ini diaplikasikan pada dapur island. Model dapur berbentuk pulau ini memungkinkan berbagai aktivitas persiapan dapat dilakukan di area tersendiri, sehingga lebih leluasa dalam pengerjaannya.

Adapun perlengkapan dapur yang biasa dijumpai meliputi mesin cuci piring, tempat piring kotor, kran, wadah sabun cuci piring, dan rak piring. Selain itu alat rumah tangga yang hendaknya berdekatan dengan zona ini adalah lemari es.

Mixing Zone

pexels.com

Setelah disiapkan dan dibersihkan, kegiatan selanjutnya adalah meracik bahan masakan di zona mixing yang nantinya masuk ke proses memasak. Kegiatan lain yang biasa dilakukan adalah mengupas, memotong, mengiris, dan mencampur bahan-bahan sehingga area ini harus ditata sebaik mungkin.

Tak hanya itu, dalam merancang area meracik sebaiknya penempatan alat masak harus berada sangat dekat agar mudah dijangkau. Misalnya talenan, mangkuk, pisau, dan cobek.

Cooking Zone

rawpixel.com

Terakhir dan yang paling utama adalah cooking zone atau area memasak. Area ini merupakan zona paling panas yang dilengkapi kompor serta tempat sementara untuk meletakkan makanan baru matang.

Perabot lain yang harus ada di area ini mencakup kabinet untuk meletakkan bumbu, panci, wajan, hingga spatula. Hal lain yang perlu diperhatikan saat merancang area ini adalah menjauhkan microwave dan oven.  

Semoga bermanfaat! (*)


"Bagikan artikel ini dengan keluarga Anda"

Sosial Media

keluarga kokoh
23 November 2016 08:30

Juara 1 Lomba Foto Ekspresi

keluarga kokoh
23 November 2016 08:30

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:20

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:19

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:18

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali