11 Jan 2019 13:31

Cara Mendesain Rumah Bergaya Scandinavian yang Simple dan Anggun

keluarga kokoh

homesthetics.net

SHARE:

Rumah bergaya Scandinavian yang mempunyai ciri yang minimalis dan juga anggun sudah banyak dikenal sejak tahun 1950 an. Desain rumah Scandinavian memiliki ciri khas tersendiri yakni warna dominan putih yang dapat menimbulkan nuansa cerah dan juga hangat.

Perlu anda ketahui, desain furniture yang halus tanpa banyak ornamen serta pengerjaan detail yang sempurna dan anggun adalah ciri utama yang ditonjolkan pada desain rumah bergaya Scandinavian. Desain rumah Scandinavian memanfaatkan pencahayaan alami matahari untuk penerangan rumah.

Ciri lain dari rumah dengan desain Scandinavian adalah penerapan warna lembut atau pastel yang sederhana tanpa tambahan ornamen. Jika anda berencana mendesain rumah anda atau mendesain ulang gaya rumah menjadi gaya Scandinavia yang khas, ada beberapa hal yang baiknya anda pelajari. Berikut penjelasannya:

 Desain Rumah Sederhana

shutterstock.com

Gaya arsitektur yang sederhana merupakan ciri khas desain rumah Scandinavian. Detail rumah yang simple dengan detail yang tidak berlebihan menjadi daya tarik tersendiri bagi desain rumah ini. Komposisi sederhana dengan bentuk dasar dan warna warni dasar akan anda temui pada rumah Scandinavian.

Menyatu dengan Alam

decoist.com

Faktor ini dapat diketahui dari kebiasaan warga Scandinavian yang memiliki kecintaan akan alam daerahnya, warga Scandinavian selalu berusaha untuk melibatkan alam dalam kesehariannya. Tidak heran, kebanyakan model rumah Scandinavian memasukan unsur alam di dalam rumahnya baik dari furniture, material bangunan dan lainnya.

Interior pada rumah Scandinavian mencermin ditandai dengan tambahan dekorasi dari tanaman alami dan furniture dari bahan kayu. Sebagian besar rumah dengan gaya Scandinavian memiliki balkon untuk menikmati pemandangan alam disekitar rumah.

Konsep Rumah Terbuka

decoist.com

Desain jendela rumah Scandinavian sengaja di desain berukuran yang lebar dengan bahan dasar kaca yang nantinya akan difungsikan untuk menangkap sinar matahari sebanyak mungkin. Jendela pada rumah Scandinavian umumnya tidak menggunakan gorden.

Hal ini dikarenakan wilayah Scandinavian termasuk wilayah dengan suhu yang dingin, dengan konsep rumah yang terbuka kemungkinan besar cahaya matahari dapat masuk dengan maksimal, cahaya matahari berpengaruh besar terhadap kesejahteraan dan juga produktivitas penghuninya. Selain itu, dengan tata letak rung yang terbuka menjadikan rumah Scandinavian tampak terasa lebih terang dan juga hangat.

Meskipun mengusung konsep rumah terbuka, anda harus tetap mempertimbangkan tata lampu pada rumah. Penggunaan tata lampu ini berkaitan dengan desain lampu dan juga fungsi lampu sebagai ornament rumah.

Material dari Bahan Alami

pexels.com

Bahan yang berasal dari alam sangat identik menghiasi rumah dengan gaya Scandinavian. Kayu dan bahan alami lainnya digunakan sebagai interior memiliki ciri fisik dan juga tekstur yang terkesan hangat yang bisa berfungsi sebagai insulator alami. Anda dapat menggunakan lantai, dinding dan juga tangga dengan bahan kayu, material kayu dapat menciptakan ruang rumah terlihat lebih hangat dan suasana yang ramah.

Interior yang Fungsional

decoist.com

Interior yang dipilih dalam gaya rumah Scandinavian sengaja dirancang lebih fungsional dan juga nyaman. Hal ini dapat dilihat dari pemanfaatan setiap sudut ruang ruang yang dimanfaatkan seperti dibawah tangga, ruangan kosong di bawah tangga didesain fungsional dan efisien sebagai ruang penyimpanan. Hal ini berfungsi agar ruangan dalam rumah tampak lebih lapang dengan tambahan furniture berwarna terang dan pencahayaan alami dari sinar matahari yang masuk secara maksimal.

Berikut tadi adalah beberqpa hal yang harus anda pelajari sebelum mendesain rumah anda menjadi bergaya Scandinavian. Semoga bermanfaat! (*)


"Bagikan artikel ini dengan keluarga Anda"

Sosial Media

keluarga kokoh
23 November 2016 08:30

Juara 1 Lomba Foto Ekspresi

keluarga kokoh
23 November 2016 08:30

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:20

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:19

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:18

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali