08 Jan 2019 07:43

Tips Cerdik Mengubah Loteng Rumah Menjadi Ruangan yang Nyaman

keluarga kokoh

shutterstock.com

SHARE:

Bagi orang yang berjiwa seni tinggi, memanfaatkan ruang kosong dalam rumah adalah hal yang wajib dilakukan. Misalnya, dengan memanfaatkan loteng rumah yang dapat disulap menjadi ruaangan yang eye-catching dan pastinya bermanfaat bagi penghuni rumah.

Sayangnya, sebagian besar masyarakat Indonesoa belum banyak yang bisa memanfaatkan loteng rumah, padahal jika anda dapat memanfaatkannya, loteng rumah dapat diubah menjadi kamar tidur, ruangan untuk bersantai dan tempat bermanfaat lainnya.

Sebenarnya, banyak orang yang memiliki loteng rumah yang berukuran besar, hanya saja mereka tak memiliki ide kreatif untuk mengubahnya menjadi tempat yang multifungsi. Akibatnya, loteng rumah menjadi tak terawat dan terkesan kumuh.

Memang membutuhkan perencanaan yang matang untuk mengubah loteng rumah, anda bisa meminta bantuan kepada orang yang lebih berkompeten dibidangnya agar tidak salah dalam merencanakan idenya.

Berikut adalah hal-hal yang harus anda perhatikan jika anda ingin memanfaatkan loteng rumah sebagai ruangan yang bermanfaat.

Struktur Loteng pada Rumah

shutterstock.com

Sebelum anda mengubah loteng rumah menjadi sebuah ruangan, baiknya anda harus mengetahui secara detai mengenai struktur loteng pada rumah anda. Hal ini menjadi hal yang krusial untuk mengantisipasi hal yang dapat merugikan anda dan penghuni rumah.

Pastikan jika struktur loteng kokoh dan kuat, karena nantinya loteng akan diisi dengan banyak perabotan untuk menghiasi loteng rumah anda. Sebaiknya anda tidak menggunakan rangka baja ringan, karena kuda-kuda baja ringan berjarak lebih dekat, yang nantinya akan mengganggu anda perihal pemanfaatan ruangan didalamnya.

Perhatikan Ketinggian Atap

shutterstock.com

Seperti penjelasan di awal, untuk mengubah loteng menjadi sebuah ruangan membutuhkan perencanaan yang matang terlebih dahulu. Hal lain yang harus diperhatikan yakni ketinggian atap pada rumah anda. Anda harus memastikan jika tinggi langit-langit pada atap loteng rumah anda memiliki batasa kemiringan maksimal 50%. 

Selanjutnya, perhatikan jarak antara titik atas bagian plafon sampai titik bawah rangka atap, untuk jarak yang ideal tak kurang dari 2,5 m. Tapi, jika nantinya ruangan pada loteng diperuntukkan untuk anak-anak jarak ketinggian cukup 2 m.

Pencahayaan pada Loteng

shutterstock.com

Tak usah khawatir dengan hal pencahayaan, jika anda ingin menggunakan cahaya alami matahari, anda dapat mendesain jendela pada loteng dengan ukuran yang lebih lebar agar cahaya yang masuk kedalam ruangan lebih maksimal.

Jika anda merasa pencahayaan dari jendela kurang maksimal, anda dapat memilih opsi lain dengan mengaplikasikan skylight di ruangan anda, skylight berfungsi untuk menambah cahaya pada ruangan agar ruangan menajadi lebih terang.

Anda bisa menggunakan genteng kaca yang nantinya akan ditempatkan di sisi bagian ruang tergelap pada ruangan. Perhatikan juga mengenai ukuran skylight, karena ukuran skylight yang difungsikan untuk satu ruangan, berbeda dengan yang digunakan untuk lebih dari satu ruangan.

Akses Menuju Loteng

pexels.com

Untuk akses menuju loteng haruslah nyaman dan aman terlebih bagi anda yang memiliki anak kecil. Jika rumah anda berukuran kecil, anda dapat memanfaatkan tangga dengan desain melingkar atau tangga fabrikasi yang dapat dilipat saat tidak digunakan, tangga fabrikasi memang diperuntukkan untuk tangga loteng yang tidak memakan banyak tempat untuk mengaplikasikannya.

Pilihlah Jenis Lantai yang Tepat

pexels.com

Anda dapat memilih lantai dari material  yang ringan seperti kayu untuk anda aplikasikan di loteng anda. Hanya saja, jika anda memilih lantai dengan material kayu jangan lupa untuk memberikan lapisan anti rayap, karena lantai dengan material kayu lebih rentang dengan serangan rayap. Lantai kayu juga bermanfaat jika musim dingin tiba, lantai kayu dapat membuat lantai terasa lebih hangat dibandingkan dengan lantai keramik.

Semoga info yang kami berikan bermanfaat! (*)


"Bagikan artikel ini dengan keluarga Anda"

Sosial Media

keluarga kokoh
23 November 2016 08:30

Juara 1 Lomba Foto Ekspresi

keluarga kokoh
23 November 2016 08:30

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:20

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:19

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:18

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali