24 Des 2018 10:13

Mahakarya Semen Indonesia

keluarga kokoh

google plus, www.flickr.com, Wikimedia Commons

SHARE:

Indonesia memiliki banyak bangunan yang besar dan megah, yang menjadi bangunan monumental di Indonesia. Sebut saja seperti Monas, Masjid Istiqlal,  dan lain sebagainya. Tapi, tahukah anda, bahwa gedung-gedung tersebut dibangun dari bahan-bahan dalam negeri. Contohnya, untuk membangun gedung tersebut dibutuhkan semen yang berkualitas, yaitu menggunakan Semen Gresik.

Kali ini kami akan mengulas beberapa Mahakarya Semen Gresik yang monumental.

Monumen Nasional

www.flickr.com/ Agung Prasetyo

Ini adalah monumen yang legendaris, bahkan siapapun yang berkunjung ke Jakarta sepertinya kurang lengkap kalau tidak melihat Tugu Monumen Nasional atau biasa dikenal dengan nama Monas. Monumen ini dibangun tanggal 17 Agustus tahun 1961 atas instruksi mantan presiden Ir. Soekarno.

Tugu yang berada di pusat kota Jakarta ini, mulai resmi dibuka pada tanggal 12 juli 1975. Tugu Monas sengaja dibangun spesial karena sebagai representasi wajah Indonesia. Untuk itu, tugu ini dimahkotai lidah api yang dilapisi emas, sebagai lambang semangat perjuangan yang menyala-nyala. Pembangunan Monas diarsiteki oleh Frederich Silaban dan R.M. Soedarsono dan tentu saja berdiri kokoh dengan pondasi dari Semen Gresik.

Masjid Istiqlal

www.flickr.com/ dvd3141

Masjid ini adalah masjid terbesar di Indonesia. Masjid  ini adalah masjid resmi nasional negara Republik Indonesia. Namanya sendiri secara harafiah dapat diartikan sebagai masjid merdeka. Pembangunannya diprakarsai oleh mantan presiden Ir. Soekarno, mulai dibangun tanggal 24 Agustus 1951.

Yang menarik adalah, masjid ini diarsiteki oleh Frederich Silaban, seorang Kristen Protestan. Masjid ini memiliki gaya arsitektur modern dengan dinding dan lantai berlapis marmer. Ornamen  geometrik dari baja anti karat menjadi hiasannya.

Bangunan utama masjid terdiri dari lima lantai dan satu lantai dasar. Kubah besar berdiameter 45 meter menjadi mahkota masjid ini. Masjid ini mampu menampung lebih dari 200 ribu jamaah. Dan tentunya masjid ini dibangun dengan menggunakan bahan dasar yang berkualitas tinggi yaitu Semen Gresik.

Terminal 3 Bandar Udara Soekarno Hatta

wikipedia.com

Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta adalah sebuah terminal bandara yang memiliki desain berbeda dari terminal lainnya. Desainnya berbentuk seperti huruf U, dilengkapi dengan skytrain untuk menghubungkan ke terminal lain.

Bandara ini juga memegang rekor sebagai bandara terluas se-Asia Pasifik. D

Memiliki 10 gerbang untuk penerbangan internasional dan 18 untuk domestik, 206 konter lapor-masuk, 38 swakonter dan 12 konter bag drop, 48 garbarata, 2 hotel bintang 4, ruang pertemuan, toko bebas cukai, toko ritel, dan gedung parkir.

Wisma Atlet Kemayoran

http://perumahan.pu.go.id

Bangunan ini berdiri diatas 10 hektar tanah, di kawasan Kemayoran Jakarta.Pembanguan wisma atlet ini sebagai bagian dari upaya mensukseskan ajang kompetisi Asian Games 2018. Dibangun oleh K

Masing-masing unit dalam rumah susun tersebut memiliki dua kamar tidur, ruang tamu, kamar mandi dan dapur serta ruang untuk menjemur pakaian. Setidaknya, 11.478 atlet dari 45 negara ikut merasakan tinggal di wisma atlet ini untuk meramaikan kompetisi Asian gamer 2018. Dan yang tak kalah pentingnya adalah, bangunan wisma atlet ini menggunakan Semen Gresik.

Nah, itu dia empat mahakarya yang dibangun dengan bahan baku yang berkualitas yaitu Semen Gresik. Tentu saja Semen Gresik juga berkontribusi pada pembangunan Mahakarya lainnya di Indonesia, seperti Jembatan Suramadu hingga jalan Tol Tanjung Benoa. (*)


"Bagikan artikel ini dengan keluarga Anda"

Sosial Media

keluarga kokoh
23 November 2016 08:30

Juara 1 Lomba Foto Ekspresi

keluarga kokoh
23 November 2016 08:30

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:20

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:19

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:18

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali