21 Des 2018 08:05

Niat Untuk Pindah Rumah? Ini Solusi Agar Biaya Pindah Rumah Lebih Hemat

keluarga kokoh

freepik.com

SHARE:

Rasa bosan dengan lingkungan rumah yang sekarang, menyebabkan penghuni rumah ingin segera pindah ke rumah baru dengan suasana yang mungkin lebih menyenangkan. Setelah menemukan lokasi yang dianggap pas untuk dijadikan rumah baru, hal yang harus dilakukan adalah memindah barang yang ada di rumah lama ke rumah baru yang akan ditempati.

Hari sebelum kepindahan, keadaan rumah biasanya serba berantakan, anda akan bingung memikirkan barang apa saja yang harus dibawa dan ditinggalkan.

Jika anda berniat untuk pindah rumah, ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk  memudahkan anda dalam merapikan dan tetap hemat saat mengurusi kepindahan. Berikut adalah tips yang harus anda lakukan.

List Barang yang Akan Dibawa

pexels.com

Sebelum anda merapikan dan memasukan barang ke dalam kotak kardus, sebaiknya anda membuat daftar barang mana saja yang akan anda bawa. Untuk memudahkan anda mengetahui isi kardus, tempelkan atau tuliskan nomor pada kardus. Anda dapat membuat daftar barang dan juga nomor pada kardus dengan bantuan komputer agar tulisan terlihat rapi.

Pastikan saat anda memasukan barang sudah sesuai dengan daftar dan juga nomor, setelah itu simpan daftar barang dengan baik di tempat yang terjangkau. Hal ini dapat memudahkan ada jika sewaktu-waktu anda ingin mengambil barang yang ada dalam kardus.

Menjual Barang yang Tak Terpakai

pexels.com

Untuk menambah pemasukan, anda bisa saja menjual barang  yang sudah tak terpakai di rumah. Sebelum anda menjual barang bekas anda, pastikan barang tersebut masih layak untuk digunakan atau memungkinkan untuk dapat dipoles ulang agar tampilannya menjadi seperti baru. Anda bisa memanfaatkan market place atau social media yang anda miliki untuk menjual barang bekas anda.

Jika anda ingin menjualnya secara langsung, anda bisa membuat garage sale di depan rumah anda untuk memudahkan calon pembeli melihat langsung kondisi barang. Baiknya lakukan hal ini sebulan sebelum anda pindah kerumah baru, agar anda lebih mudah untuk memindahkan barang yang akan dibawa

Rencanakan Hari yang Tepat untuk Pindah

shutterstock.com

Sebaiknya anda menentukan hari yang tepat sebelum kepindahan anda ke rumah yang baru. Misalnya pada akhir bulan, hal ini dilakukan agar anda tidak membayar tagihan untuk bulan berikutnya. Anda dapat memutus layanan berlanganan anda di akhir bulan sebelum kepindahan anda.

Beri jangka waktu yang lama agar proses pindahan anda tidak dilakukan secara tergesa, gunakan jangka waktu tersebut dengan melakukan pengonsepan dan perencanaan rumah baru dengan tepat.

Jangan Menggunakan Jasa Pindahan

nohat.me

Memanfaatkan kendaraan yang ada di rumah akan menghemat biaya pengeluaran anda. Anda juga dapat meminta bantuan saudara atau teman dengan imbalan mentraktir makan. Selain mentraktir makan anda bisa memberikan barang-barang yang mereka sukai sebagai kenang-kenangan.

Cara untuk mengemat biaya pengeluaran lainnya, anda dapat menggunakan tenaga sendiri untuk melakukan pengepakkan barang, hal ini juga dapat melibatkan bantuan teman atau saudara anda. Dengan bantuan dari orang terdekat, anda tidak memerlukan lagi bantuan jasa angkut yang cukup menguras isi dompet anda.

Jangan Beli Makanan Mendekati Hari H

pexels.com

Pastikan untuk tidak membeli bahan makanan pada hari mendekati kepindahan anda ke rumah yang baru. Sebaiknya utuk tidak mengisi lemari pendingin secara berlebihan satu minggu sebelum pindah rumah. Masak lah secukupnya atau membeli makanan di luar dengan harga terjangkau  jika persediaan makan anda habis.

Itulah beberapa tips yang bisa anda coba agar pindahan rumah anda menjadi lebih hemat.  Semoga tips tadi bermanfaat bagi anda! (*)


"Bagikan artikel ini dengan keluarga Anda"

Sosial Media

keluarga kokoh
23 November 2016 08:30

Juara 1 Lomba Foto Ekspresi

keluarga kokoh
23 November 2016 08:30

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:20

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:19

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:18

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali