20 Des 2018 07:43

Inilah Hal yang Harus diperhatikan untuk Memilih Lampu yang Ideal

keluarga kokoh

Rooang.com

SHARE:

Lampu memiliki peranan yang penting dalam penataan rumah. Dengan memilih lampu yang tepat pada rumah membuat aktivitas penghuni rumah lebih nyaman dan dinamis. Namun, setiap aktivitas di dalam ruangan rumah memerlukan tingkat pencahayaan yang berbeda.

Tingkat intensitas cahaya lampu pada dapur pasti berbeda dengan intensitas cahaya pada kamar tidur, kegiatan yang dilakukan di dapur seringkali menggunakan peralatan yang tajam seperti saat memotong sayur, membersihkan ikan dan lain sebagainya. Oleh karena itu, lampu pada dapur harus lah mempunyai intensitas cahaya yang baik.

Berbeda dengan kamar tidur, kualitas tidur akan mejadi lebih baik dengan pemilihan lampu yang tepat, anda dapat memilih lampu tidur dengan cara diletakkan di samping tempat tidur dengan cahaya lampu yang tidak menyebar seperti di dapur. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pemilihan lampu rumah yang ideal.

Memilih Lampu yang Ramah Lingkungan

Pixabay.com

Lampu yang ramah lingkungan banyak memiliki manfaat baik bagi penghuninya. Dengan memilih lampu yang ramah lingkungan, penghuni rumah akan aman dari paparan sinaran ultraviolet yang dapat merusak kesehatan mata, dan juga kulit dalam jangka panjang.

Anda dapat menggunakan lampu LED yang lebih ramah lingkungan jika dibandingkan dengan lampu pijar atau neon. Cahaya yang dipancarkan dari lampu LED juga tidak menimbulkan rasa panas, sehingga udara pada ruangan rumah yang dipasangkan lampu LED tidak akan terasa panas.

Perhatikan Intensitas Cahaya Lampu

Pixabay.com

Cahaya lampu yang terlalu terang justru akan mengganggu kenyamanan penghuni rumah, niat ingin nyaman saat membaca dengan lampu yang sangat terang, justru akan terganggu karena silau. Pilihlah lampu yang tepat sesuai dengan ruangan pada rumah.

Ruang keluarga yang berada di tengah rumah membutuhkan lampu yang paling terang dibandingkan dengan ruangan lainnya. Akibatnya, ruang keluarga sering tidak mendapat cahaya dari matahari secara langsung dan menjadi gelap jika tidak menggunakan lampu.

Terkadang, gelapnya ruangan diakibatkan karena cahaya yang masuk pada ruangan tertutup oleh lemari atau furnitur rumah yang menghalangi, baiknya atur kembali penataan furnitur pada rumah agar tidak menghalangi masuknya cahaya ke ruang keluarga.

Pilihlah Lampu yang Bergaransi

rawpixel.com

Garansi pada lampu sangat menguntungkan penghuni rumah perihal pengeluaran dana untuk perawatan rumah, banyak yang menawarkan berbagai macam jenis lampu yang memiliki garansi. Jangka waktu untuk garansi lampu bervariasi mulai dari setahun bahkan sampai 10 tahun.

Jenis lampu yang bergaransi biasanya adalah jenis lampu LED, Jika anda memilih lampu LED untuk dipasang dirumah anda harus menyiapkan budget yang lebih karena harga lampu LED relatif lebih mahal jika dibandingkan dengan lampu neon biasanya.

Bedakan Desain Lampu pada Tiap Ruangan

Dekoruma.com

Cahaya lampu memiliki peran yang penting dalam tatanan interior rumah. Bukan hanya sebagai sumber penerangan di malam hari, lampu juga menjadi unsur dekoratif yang dapat membuat ruangan rumah terlelihat lebih indah.

Menurut Martin LIM, CEO PT Serip Amodara Indonesia, setiap ruangan pada rumah memiliki lampu dalam dalam bentuk yang berbeda sesuai fungsi ruangan. Untuk ruang makan idealnya menggunakan lampu gantung yang bisa juga dikombinasikan dengan lampu lainnya agar waktu makan dengan keluarga menjadi lebih ceria.

Berbeda dengan lampu untuk kamar mandi, pada kamar mandi biasanya menggunakan general lighting. Namun untuk area kamar mandi yang lebih luas seringkali dikombinasikan dengan lampu gantung atau lampu dinding untuk menambah pencahyaan dan mempercantik ruang kamar mandi.

Nah, itulah tadi beberapa tips agar tidak salah dalam memilih lampu ruangan. Semoga bermanfaat! (*)


"Bagikan artikel ini dengan keluarga Anda"

Sosial Media

keluarga kokoh
23 November 2016 08:30

Juara 1 Lomba Foto Ekspresi

keluarga kokoh
23 November 2016 08:30

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:20

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:19

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:18

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali