19 Des 2018 08:08

Ingin Rumah Kosong Anda Terawat dan Tidak Cepat Rusak? Perhatikan Hal berikut!

keluarga kokoh

Forum Properti

SHARE:

Membiarkan rumah kosong tanpa penghuni dapat menyebabkan rumah menjadi tidak terawat dan gampang rusak. Banyak dari masyarakat membiarkan rumah lamanya setelah pindah ke rumah baru. Bagi anda yang memiliki keinginan untuk pindah rumah, ada baiknya anda memikirkan secara matang untuk tidak membiarkan rumah anda tak terawat dan mencari solusi agar rumah yang akan anda tinggalkan tetap bersih dan kokoh meskipun tidak berpenghuni.

Ada beberapa hal  yang harus diperhatikan dalam merawat rumah kosong. Berikut hal yang harus dilakukan.

Membuka Pintu & Jendela untuk Sirkulasi Udara

Windownesia.co.id

Rumah yang sudah lama ditinggalkan biasanya akan menjadi lembab karena udara yang masuk dirumah akan terhambat, hal ini dikarenakan pintu dan jendela tertutup dengan jangka waktu yang cukup lama. Usahakan setiap anda berkunjung kerumah kosong, bukalah pintu dan jendela agar sirkulasi udara berjalan dengan lancar. Rumah dengan sirkulasi yang buruk akan menyebabkan tumbuhnya jamur dan membuat rumah kosong menimbulkan bau yang tak sedap.

Berkunjung minimal Sebulan Sekali

pexels

Membersihkan rumah kosong minimal sebulan sekali adalah hal yang wajib anda lakukan agar kebersihan rumah anda tetap terjaga. Rumah yang lama ditinggalkan biasanya mengakibatkan bertumpuknya debu yang terbawa dari luar rumah, ada baiknya jika anda berkunjung bersihkan lantai  dan juga bagian penting lainnya seperti kaca jendela, wastafel agar debu yang menempel tak semakin menumpuk.

Jika anda memiliki kendala waktu untuk membersihkan rumah kosang, anda dapat memperkerjakan jasa cleaning service yang bisa anda dapatkan melalu aplikasi atau secara manual.

Bersihkan Teras dan  Halaman

BDHome.id

Halaman pada rumah yang berpenghuni akan lebih terlihat suram dan terkesan kotor jika ditumbuhi rumput liar yang tidak terkontrol. Sebaiknya bersihkan halaman rumah kosong anda secara berkala, anda juga bisa menyemprotkan obat pada rumput liar untuk menghambat dan meminimalisir tumbuhnya rumput liar.

Mengecat Ulang Tembok Rumah

google

Selain halaman rumah yang kotor, hal yang menyebabkan rumah terlihat tak terawat biasanya disebabkan karena  cat rumah yang telah memudar. Faktor cuaca sangat mempengaruhi ketahanan warna pada tembok rumah, kebanyakan dari rumah yang ditinggalkan kosong akan mengalami pengelupasan cat akibat kelembaban pada rumah.

Cobalah untuk mengecat ulang tembok rumah setidaknya 1 tahun sekali. Dengan mengecat ulang tembok, rumah kosong anda akan terlihat lebih terawat dan juga dapat melindungi tembok dari perubahan cuaca yang tidak menentu.

Perhatikan kerusakan pada bagian rumah

Top Metro News

Untuk merawat rumah kosong, anda harus memperhatikan ada tidaknya kerusakan kecil pada rumah anda. Jika anda menemukan kerusakan pada bangunan rumah anda seperti retak tembok, genteng bocor, lantai pecah, maka segeralah untuk memperbaikinya jika tidak mau kerusakan tersebut menjadi lebih besar.

Menyewakan rumah

Menyewakan rumah kosong anda menjadi solusi yang aman agar rumah anda tetap terawat. Secara tidak langsung orang yang akan tinggal di rumah anda akan membersihkan rumah, selain itu dengan anda menyewakan rumah dapat menjadi tambahan dana untuk perawatan atau memeperbaiki rumah anda.

Untuk mengantisipasi hal buruk yang akan anda alami pada rumah yang akan disewakan, ada baiknya anda memperhatikan siapa yang akan menghuni rumah anda nanti, apakah orang yang akan tinggal di rumah anda dapat merawat rumah dengan baik atau tidak.

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan jika ingin rumah kosong anda tetap terawat meskipun tak berpenghuni. Selamat mencoba! (*)


"Bagikan artikel ini dengan keluarga Anda"

Sosial Media

keluarga kokoh
23 November 2016 08:30

Juara 1 Lomba Foto Ekspresi

keluarga kokoh
23 November 2016 08:30

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:20

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:19

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:18

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali