18 Des 2018 08:28

Ciptakan Nuansa Asri Pada Rumah dengan Menanam Pohon

keluarga kokoh

rumahidolaku.com

SHARE:

Memiliki rumah dengan suasana yang asri dan sejuk mungkin menjadi impian banyak orang, terlebih bagi orang yang menyukai ketenangan. Untuk menciptakan nuansa asri pada rumah, memang tidak semudah yang dibayangkan. Selain membutuhkan halaman luas untuk menanam pohon, pemilihan jenis pohon juga harus diperhatikan sebelum menanam pohon pada halaman rumah.

Banyak manfaat yang akan anda terima jika anda mempunyai ruang hijau yang ditumbuhi pepohonan rindang, nuansa sekitar rumah anda akan menjadi lebih asri dan udara di sekitar rumah akan terasa lebih bersih dan sejuk.

Sebelum anda memanam pohon di halaman rumah, ada beberapa hal yang harus memperhatikan, misalnya apakah jenis tanah di rumah anda cocok dengan pohon yang akan anda tanam. Dengan begitu, anda akan dimudahkan untuk urusan  perawatan pohon yang ada di halaman rumah. Berikut ini adalah hal yang harus diperhatikan sebelum menanam pohon.

Memilih Ukuran &  Jenis Pohon yang Tepat

Skitterphoto

Hal yang harus diperhatikan sebelum menanam pohon adalah anda harus memperhatikan ukuran dan jenis pohon yang akan ditanam. Pilihlah pohon yang sesuai dengan ukuran dan jenis tanah yang ada pada halaman rumah anda.

Sebab, dari beberapa jenis pohon menggunakan tanah khusus agar dapat tumbuh dengan baik. Jangan mudah termakan tren, karena tidak semua pohon yang menurut anda bagus, cocok untuk ditanam di halaman rumah anda.

Misalnya, tidak semua pohon palem cocok untuk ditanam di halaman rumah yang berukuran kecil, karena pohon palem dapat tumbuh lebih besar yang nantinya bisa merusak konstruksi bangunan rumah. Anda juga harus memeperhatikan apakah pohon yang akan anda tanam rentan dengan hama atau ulat yang dapat mengganggu tumbuh pohon menjadi tidak maksimal.

Memberi Jarak Antar Pohon

Pixabay

Bagi sebagian orang memilih menanam lebih dari satu pohon untuk menciptakan suasana rindang  pada halaman rumah. Bagi anda yang akan menanam banyak pohon di halaman rumah, anda harus memperhatikan jarak antara satu pohon dengan lainnya.

Jarak yang baik untuk menanam pohon minimum tiga meter, dengan adanya jarak nutrisi untuk masing-masing pohon akan terpenuhi dengan baik. Hal ini harus anda perhatikan agar pohon yang ditanam dapat tumbuh dengan baik dan tahan lama.

Menata Jarak Pohon dengan Rumah

andi.my.id

Kebanyakan pohon akan ditanam di halaman rumah yang letaknya berjauhan dengan bangunan rumah. Agar pohon tidak merusak bangunan atau pondasi rumah, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Jarak minimum yang anda butuhkan untuk menanam pohon lebih kurang 1,5 meter dari rumah.

Dengan begitu, bagi anda yang memiliki halaman yang tidak begitu luas disarankan untuk menanam satu pohon agar tidak merusak bangunan dan tidak menghambat tumbuh akar pohon didalam tanah.

Jika anda menanam banyak pohon di halaman yang luasnya tidak memadai, besar kemungkinan dampak buruk akan terjadi jika anda tidak mengantisipasi sebelumnya.

Menanam Bibit atau Memindah Pohon

islamkafah.com

Kebanyakan orang memilih untuk membeli pohon yang berukuran  sedang untuk dipindahkan di halaman rumah dibandingkan menanam pohon sejak menjadi bibit karena hal tersebut membutuhkan waktu yang lumayan lama.

Saat ini banyak penjual pohon dari ukuran kecil hingga ukuran besar untuk dapat ditanam langsung di halaman. Jika anda memilih sistem pindah pohon, anda harus merawatnya secara rutin selama satu atau dua bulan. Perawatan rutin berguna agar pohon yang baru dipindah dapat beradaptasi dengan baik di halaman anda

Itulah beberapa ulasan tips menciptakan nuansa asri pada rumah dengan menanam pohon. Selamat menanam! (*)


"Bagikan artikel ini dengan keluarga Anda"

Sosial Media

keluarga kokoh
23 November 2016 08:30

Juara 1 Lomba Foto Ekspresi

keluarga kokoh
23 November 2016 08:30

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:20

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:19

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:18

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali