12 Des 2018 08:22

Taman Vertikal Mempercantik Rumah Anda

keluarga kokoh

jasapembuatanverticalgarden1.com

SHARE:

Taman di luar rumah itu sudah biasa, tapi taman vertikal nah ini baru luar biasa. Taman vertikal adalah istilah yang digunakan merujuk pada taman yang menempel pada dinding secara vertikal. Dan layaknya seperti taman, taman vertikal tentu saja ditumbuhi tanaman. Hanya saja, posisinya berbeda, tidak horizontal melainkan vertikal.

Taman vertikal yang bisa diaplikasikan di luar rumah maupun di dalam rumah ini bisa berfungsi untuk mempercantik rumah anda.  Banyak keuntungan apabila anda mengaplikasikan taman vertikal pada rumah anda. Seperti ruang hijau, menghemat penggunaan lahan, dapat dipindah pindah sesuai dengan keinginan, mempercantik ruangan, dapat ditanami tanaman obat maupun konsumsi, dan lain sebagainya.

Nah, dengan berbagai keuntungan itu, mungkin anda akan tertarik membuat taman vertikal. Kalau anda berencana membuatnya, anda perlu melakukan beberapa langkah berikut ini.

Memilih Dinding

Rooang.com

Taman vertikal membutuhkan dinding sebagai tempat memasang frame, karena taman vertikal berdiri menempel dinding rumah. langkah pertama yang harus anda lakukan adalah, memilih dining mana yang akan anda gunakan untuk memasang taman vertikal.

Pilihlah dinding tersebut, apakah untuk taman luar atau dalam.  Pemilihan dinding ini juga tidak bisa lepas dari konsep yang anda gunakan. Apabila konsepnya adalah mempercantik ruangan dalam rumah, maka anda harus menentukan dinding sebelah mana yang anda gunakan.

Bingkai Taman

Dekoruma.com

Layaknya lukisan, taman vertikal juga memilki bingkai. Karena, tanaman tersebut akan terpasang di dalam areal frame atau bingkai taman. Buatlah bingkai yang kuat, misalnya dari kayu pilihan atau pipa pilihan. Kalau anda memilih menggunakan frame yang sudah jadi, pastikan frame tersebut cukup bagus dipasang sebagai taman vertikal pada rumah anda.

Bingkai ini sangat penting, karena juga berfungsi sebagai penopang tanaman yang akan anda tanam. Pada saat anda memasang bingkai, jangan lupa untuk memberikan lapisan plastik atau terpal sebagai pelindung antara dinding dengan bingkai.

Hal ini bertujuan agar permukaan dinding anda tidak rusak apabila terkena percikan air atau rembesan air saat anda melakuan penyiraman pada tanam vertikal anda.  

Pot Tanam Vertikal 

Selain frame, yang tak kalah penting adalah pot sebagai media tanam taman vertikal. Ada banyak model pot yang bisa digunakan. Mulai dari kain hingga pipa, tergantung konsep yang ingin anda terapkan pada taman anda.

Namun, apabila anda ingin memiliki taman vertikal yang lebih rapi, ada baiknya anda memilih bahan kain sebagai pot media tanam pada taman vertikal rumah anda. Karena dengan menggunakan kain, kerapatan taman antar tanaman dapat dibuat lebih mudah.

Anda cukup menjahitnya sesuai model yang anda inginkan. Di samping itu dengan memilih kain sebagai pot, akan memberikan ruang bernafas pada akar tanaman anda. Dan jangan lupa memilih bahan kain yang cukup kuat, untuk digunakan sebagai pot taman.

Saluran Air

Agritani.id

Yang sangat penting adalah desain saluran air pada taman vertikal rumah anda. Ini sangat besar fungsinya, karena setiap tanaman pasti membutuhkan air, dan anda harus sering memberikan air pada tanaman anda.

Agar air tidak meluber kemana-mana dan mengotori bagian bawah dinding, anda perlu memperhatikan saluran air atau drainasi dari taman vertikal. Bila perlu, anda bisa memasang selang khusus untuk saluran air taman vertikal.

Nah, itu dia beberapa cara membuat taman vertikal, kalau taman vertikal rumah anda sudah terpasang, jangan lupa untuk melakukan perawatan secara rutin agar tanam vertikal rumah anda tetap baik dan terawat. Selamat bertaman! (*)


"Bagikan artikel ini dengan keluarga Anda"

Sosial Media

keluarga kokoh
23 November 2016 08:30

Juara 1 Lomba Foto Ekspresi

keluarga kokoh
23 November 2016 08:30

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:20

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:19

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:18

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali