30 Nov 2018 09:54

Wujudkan Impian memiliki Rumah di Masa Muda!

keluarga kokoh

Rawpixel.com

SHARE:

Memiliki hunian yang nyaman setelah menikah, tentunya menjadi idaman bagi setiap pasangan muda. Hanya saja, perlu ‘perjuangan’ untuk bisa memiliki hunian setelah menikah. Ada beberapa ‘bekal’ yang perlu dipersiapkan.

Dari beberapa bekal, yang paling penting tentunya memiliki uang yang cukup untuk membayar uang muka (DP) rumah. Pembayaran DP rumah yang tentu saja mencapai puluhan juta, seringkali membuat pasangan muda menunda niat untuk memiliki hunian.

Nah, jika Anda adalah pasangan muda yang bermimpi ingin membeli hunian pertama, maka ada beberapa hal yang harus dilakukan. Seperti mengurangi pengeluaran yang bersifat konsumtif dan mulai menyisihkannya untuk menabung.

Berikut ini beberapa tips bagi pasangan muda yang sedang berjuang dalam mengumpulkan uang DP rumah atau apartemen.

Buat Daftar Belanja Bulanan

picjumbo.com

Bila Anda merupakan pasangan suami istri yang sama-sama bekerja, tentunya itu keuntungan besar bila ingin membeli hunian. Sebab, dengan gaji berasal dari dua pihak, tentunya uang DP akan cepat terkumpul.

Namun, bila tidak diprioritaskan, penghasilan besar yang dimiliki bisa menguap tanpa terasa. Nah, agar gaji yang didapat tidak cepat menguap, perlu perencanaan pengeluaran yang matang.

Salah satunya dengan mencatat apa saja yang Anda butuhkan. Misalnya, membuat daftar belanja bulanan. Dengan berbelanja kebutuhan pokok selama sebulan di awal bulan, Anda akan terhindar dari pembelian impulsif seperti membeli barang-barang yang tidak diperlukan.

Namun, jika ada supermarket yang sedang mengadakan diskon lumayan untuk barang-barang kebutuhan utama, Anda bisa juga memanfaatkannya untuk membeli stok. Minimal untuk berhemat di bulan berikutnya.

Lakukan Kencan “Murah Meriah”

rawpixel.com

Pasangan muda tentunya masih menikmati ‘aura pacaran’. Sehingga, periode akhir pekan bisa dimanfaatkan untuk berkencan dan melepas lelah setelah seminggu bekerja. Nah, agar aktivitas kencan tidak terlalu menguras isi dompet, Anda perlu mencari alternatif kencan seru tetapi murah meriah.

Sebenarnya, ada banyak aktifitas seru yang bisa dilakukan pasangan muda usia tanpa menghabiskan banyak uang. Di antaranya adalah dengan mengunjungi museum, menonton festival budaya, melihat pameran lukisan terbuka. Atau, dengan berkunjung ke taman-taman kota yang tidak butuh biaya mahal.

Dan yang paling mungkin untuk dilakukan, Anda bisa berkencan di rumah (rumah orang tua/mertua) semisal dengan makan malam romantis dengan memasak masakan favorit berdua.

Lakukan Liburan Ekonomis

Gabriela Palai / Pexels.com

Bekerja setiap hari memang bisa membuat stress dan bosan. Terlebih bila tekanan pekerjaan maupun deadline sedang datang bertubi-tubi. Sebagai pasangan muda, Anda tentunya perlu untuk mengusir rasa penat dan stress imbas dari pekerjaan tersebut dengan menyisihkan waktu berlibur.

Nah, berlibur ternyata tidak harus mahal dan menguras uang dalam jumlah banyak. Sebab, ada alternatif liburan yang asyik tapi hemat. Anda bisa memanfaatkan promo voucher hotel atau memilih tempat liburan yang lokasinya tidak jauh dan tidak memakan biaya banyak.

Mendaftar Program Loyalitas Konsumen

Piknikdong.com

Umumnya, tidak banyak orang yang berminat mendengar tentang program loyalitas konsumen. Namun, bila ingin berhemat demi menyisihkan uang untuk membayar DP rumah, tidak ada salahnya mencoba program ini.

Sebab, meski terlihat sepele, menjadi anggota program loyalitas konsumen ternyata bisa menghemat pengeluaran bulanan. Dengan menggunakan promo yang ada, Anda bisa mendapatkan diskon atau promosi menarik. Menarik kan?

Nah, itu tadi beberapa tips yang bisa dicoba pasangan muda yang ingin memiliki hunian setelah menikah. Dengan melakukan beberapa tips tersebut, Anda bisa mengumpulkan uang DP untuk membeli rumah. Selamat mencoba! (*)


"Bagikan artikel ini dengan keluarga Anda"

Sosial Media

keluarga kokoh
23 November 2016 08:30

Juara 1 Lomba Foto Ekspresi

keluarga kokoh
23 November 2016 08:30

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:20

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:19

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:18

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali