28 Nov 2018 09:38

Hemat Biaya Perbaikan Rumah dengan Cara ini

keluarga kokoh

reffinady.blogspot.com

SHARE:

Salah satu ketakutan yang umum dirasakan oleh pemilik rumah adalah pengeluaran tidak terduga karena adanya kerusakan di dalam rumah. Apalagi, seringkali, biaya perbaikan rumah ternyata lebih besar dari perhitungan awal. Terlebih ketika musim hujan mulai datang, dapat berakibat ada kebocoran di beberapa bagian rumah maupun saluran air tidak jalan.

Namun, anda tidak perlu khawatir bakal menghabiskan uang secara mendadak untuk keperluan perbaikan rumah. Berikut ini beberapa tips untuk menghemat uang dari kemungkinan perbaikan rumah yang membutuhkan biaya besar.

Siapkan Uang Perawatan / Perbaikan

Desainkecantikan.blogspot.com

Siapkan sebuah tabungan yang dikhususkan untuk uang perbaikan atau renovasi rumah. Tabungan ini tentunya harus dipersiapkan dengan sungguh-sungguh. Bukan sekadar bila ingat. Ketika sudah punya persiapan uang tabungan, andai sewaktu-waktu terjadi kerusakan rumah yang membutuhkan perbaikan, anda tidak perlu pusing.

Jadwalkan Perawatan Rumah di Kalender Anda

Rawpixel.com

Rumah tentu rentan rusak seiring berjalannya waktu. Misalnya, bocor, atap plafon ambruk atau saluran air mampet. Dan memang, ada banyak perawatan yang bisa sewaktu-waktu harus dilakukan di rumah. Namun, seperti kata pepatah, mencegah lebih baik daripada mengobati.

Buatlah sebuah jadwal perawatan rumah agar tidak ada yang rusak. Jangan menunggu sampai ada kerusakan. Contoh yang ringan, dengan melakukan perbaikan pemanas air di kamar mandi di antara 8 dan 12 tahun. Tapi, sekali setahun, kosongkan pemanas air tersebut agar tidak perlu melakukan perawatan tersebut sebelum waktunya.

Cek Semua filter secara teratur

lowes.com 2

Setiap bulan, sebaiknya anda melakukan pengecekan pada semua penyaring-penyaring di rumah. Jika anda mau, anda bisa memvakum semua filter tersebut untuk melipatgandakan masa hidup penyaring-penyaring tersebut.

Bila rajin dilakukan pengecekan, filter dirumah tentunya akan menjalankan fungsinya tanpa gangguan. Perlu anda ketahui bahwa penyaring yang tersumbat dapat membuat mesin bekerja lebih keras, sehingga meningkatkan biaya listrik dan energi.

Cek Cooker Hood Sebulan Sekali

Klarstein.co.uk

Langkah preventif selanjutnya adalah, untuk menjaga kebersihan, efisiensi, dan kesehatan, sangat penting untuk mengecek cooker hood di atas kompor Anda. Upaya ini dilakukan bukan hanya untuk meningkatkan efektivitas kompor.

Namun, ini merupakan upaya antisipasi. Jika sudah melakukan pengecekan, lalu misalkan suatu ketika terjadi kebakaran di dapur, Anda telah memastikan api tidak menyebar.

Memastikan Tidak Ada Masalah Baru

Selain itu, jangan lupa pula untuk selalu mengecek keadaan rumah. Semisal berkeliling  di dalam rumah setiap enam bulan sekali untuk mengecek apakah ada masalah-masalah yang ada ataupun yang berpotensi muncul.

Nah, dengan mulai datangnya musim hujan seperti sekarang, ini adalah periode yang tepat untuk melakukannya.

Jangan Lupa Mengecek Bagian Luar Rumah

Tidak hanya melakukan pengecekan di dalam rumah, bagian luar rumah pun perlu dipantau. Sebulan sekali, pemilik rumah hendaknya mengecek keran-keran dan sistem irigasi di bagian luar rumah untuk memastikan semua lubang angin tidak tersumbat.

Jika ingin, Anda bahkan bisa mengeluarkan insulator dari keran-keran untuk memastikan tidak ada pipa yang bermasalah.

Ini juga penting untuk dilakukan. Sebab, bila ada penyumbatan, kita tentunya dipaksa untuk melakukan perbaikan mendadak. Apalagi bila kita tidak bisa memperbaikinya sendiri, tentunya harus memanggil tukang yang tentu saja harus disiapkan biaya upahnya.

Nah itu tadi beberapa tips tindakan preventif dari kami agar meminimalisir kemungkinan terjadinya kerusakan di rumah anda. Selamat mencoba! (*)


"Bagikan artikel ini dengan keluarga Anda"

Sosial Media

keluarga kokoh
23 November 2016 08:30

Juara 1 Lomba Foto Ekspresi

keluarga kokoh
23 November 2016 08:30

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:20

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:19

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:18

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali