27 Nov 2018 11:36

Perlukah Asuransi Rumah?

keluarga kokoh

Photo by rawpixel on Unsplash

SHARE:

Ternyata, asuransi tak melulu tentang kesehatan. Pernahkah anda mendengar asuransi properti? Mengapa Asuransi Rumah? Karena ketika rumah mengalami hal-hal yang tak diinginkan seperti kebanjiran, kebakaran, kemalingan dan sebagainya, anda memiliki asuransi yang akan melindungi rumah anda.

Risiko seperti itu bisa diminimalisir dengan adanya asuransi properti. Mereka akan melindungi rumah dengan menyeluruh, tapi ada juga yang sebagian. Di Indonesia sendiri sudah banyak asuransi yang menawarkan produk perlindungan tempat tinggal.

Nah, bagi anda yang bingung memilih asuransi yang tepat seperti apa, berikut kami ulas beberapa tips untuk memilih asuransi yang pas bagi hunian anda.

Pelajari Biaya dan Nilai Pertanggungan

RoutesToFinance.com

Ketika memilih produk asuransi, maka anda harus melihat berapa biaya yang harus dibayar setiap bulan dan berapa uang yang akan dikeluarkan oleh pihak asuransi untuk pengajuan klaim. Umumnya, ketika premi yang dibayarkan rendah, maka nilai pertangungan yang diberikan oleh pihak asuransi pun rendah.

Walaupun ada asuransi yang cenderung menggiurkan dengan premi rendah, anda harus tetap memperhatikan rasio penyelesaian klaim yang ditawarkan. Oleh karena itu, anda harus mencermati setiap penawaran yang diberikan oleh pihak asuransi.

Sesuaikan Polis dan Kebutuhan

gresnews.com

Karena polis setiap asuransi berbeda, maka anda harus menyesuaikan dengan kebutuhan. Seperti contohnya, ada polis yang menawarkan kompensasi hanya berupa uang tunai yang bisa diberikan satu kali atau dibagi menjadi dua kali.

Selain itu, ada juga polis yang menawarkan perlindungan pada barang perabotan yang ada di dalam rumah dengan cara merenovasinya. Oleh karena itu, sesuaikan dengan kebutuhan anda. Tentukan polis asuransi yang sesuai dengan kebutuhan anda.

Kemudahan Klaim

Hellosehat.com

Saat ini, masih ada perusahaan asuransi yang menyulitkan pelanggan mereka ketika mengajukan klaim. Berangkat dari hal ini, anda harus benar-benar mengetahui bagaimana proses pengajuan klaim tiap perusahaan asuransi.

Proses klaim biasanya dimulai dengan mengisi formulir dan menunggu konfirmasi dari pihak asuransi apakah klaim yang diajukan diterima atau tidak. Hal ini juga dipengaruhi oleh data dan persiapan yang telah anda lakukan sebelumnya.

Saat ini banyak proses klaim yang bisa anda lakukan, yakni melalui telepon atau secara online. Maka dari itu lakukan perbandingan dengan beberapa pilihan asuransi agar ketika mengajukan klaim anda tidak merasa kesulitan.

Lakukan Perbandingan

patentspostgrant.com

Ketika anda sudah menentukan beberapa pilihan asuransi, langkah selanjutnya adalah melakukan perbandingan. Hal-hal yang harus anda pertimbangkan sebelum memilih asuransi adalah premi, nilai pertanggungan, cakupan jaminan, hingga kemudahan proses klaim. 

Sebelum memutuskan, sebaiknya anda lakukan dulu perbandingan untuk menghasilkan keputusan terbaik. Semakin banyak perusahaan asuransi yang anda kumpulkan, semakin tinggi juga kemungkinan anda mendapatkan asuransi yang terbaik dan sesuai dengan kebutuhan anda.

Memang sedikit merepotkan, namun tahapan ini merupakan tahapan akhir sebelum anda mendapatkan produk asuransi yang paling tepat. Tak perlu mendatangi perusahaan asuransi untuk menanyakan informasi mengenai penawarannya. Anda cukup memanfaatkan kecanggihan internet, dengan mengeceknya secara online.

Nah, itu tadi beberapa tips dan trik dari kami untuk memilih asuransi yang tepat untuk hunian anda. Bukan hanya diri kita saja yang perlu diasuransikan, hunian pun harus diasuransikan sebagai tindakan preventif. Agar ketika terjadi sesuatu di kemudian hari, kita tidak perlu mengeluarkan banyak biaya yang dapat merugikan kita. Semoga bermanfaat. (*)


"Bagikan artikel ini dengan keluarga Anda"

Sosial Media

keluarga kokoh
23 November 2016 08:30

Juara 1 Lomba Foto Ekspresi

keluarga kokoh
23 November 2016 08:30

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:20

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:19

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:18

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali