22 Nov 2018 08:09

Membangun Rumah Idaman dengan Dana Minim

keluarga kokoh

Photo by Benji Mellish from Pexels

SHARE:

Memiliki rumah adalah impian setiap orang. Dari sebuah rumah, akan tercipta sebuah kehidupan dan cinta. Oleh karena itu, setiap orang pasti memiliki impian untuk membangun rumah sesuai idaman mereka.

Namun terkadang, dana selalu menjadi salah satu hambatan yang membuat orang berpikir kembali untuk membangun sebuah rumah yang sesuai dengan keinginan mereka. Namun anda jangan khawatir, masih ada tips untuk membangun rumah dengan dana yang minim. Berikut beberapa cara yang bisa anda coba untuk menghemat dana pembangunan rumah.

Bidang Tanah Ideal

Photo by Lex Photography from Pexels

Salah satu elemen yang membuat mahal ketika akan membuat rumah adalah tanah. Oleh karena itu, sediakan bidang tanah yang cukup dan tidak terlalu besar. Untuk membangun rumah dengan biaya yang tak terlalu besar, usahakan untuk memilih tipe 21 yang memiliki ukuran tanah dengan luas 6 x 10 meter. Mengapa demikian? Karena, semakin luas tanah, maka akan semakin besar juga dana material yang dibutuhkan.

Detail Dalam Mendesain Rumah

 

Photo by Jan Kroon from Pexels

Desain memiliki peran penting dalam meminimalisir biaya pembangunan. Ketika desain rumah dibuat semakin rinci, maka anda bisa memperkirakan berapa jumlah biaya yang harus anda keluarkan. Kemudian desain juga berperan penting untuk menghindari kesalahan saat pengerjaan pembangunan. 

Dengan desain detail, anda juga bisa memperkirakan manfaat sebuah ruangan dibuat. Apabila ruangan tersebut tidak memiliki manfaat yang lebih, maka anda bisa menghapusnya, dan otomatis semakin menghemat biaya.

Pilih Tipe Rumah Minimalis

 

notepam.com

Rumah minimalis dikenal lebih fleksibel dan bisa dikerjakan secara bertahap. Selain itu, biaya pengerjaannya pun cenderung murah. Kemudian proses pengerjaannya lebih cepat. Dengan menggunakan tipe rumah minimalis, anda bisa membuat setiap ruangan di rumah yang memiliki dua manfaat sekaligus.

Walaupun memilih tipe minimalis, anda bisa mempercantik rumah anda dengan membuatnya lebih indah. Seperti contohnya, penambahan aksesoris dan taman kecil di bagian depan rumah. Sehingga membuat rumah anda terlihat semakin asri.

Gunakan Bahan Semi-Fabricated

 

justmyhobby.wordpress.com

Membangun sebuah rumah tidak harus dengan bahan jadi. Anda bisa menggunakan alternatif, yaitu bahan Semi-Fabricated yakni bahan setengah jadi. Misalnya, ketika anda membutuhkan cor beton, anda bisa menggantinya dengan bata pengganti cor beton. Apabila anda melakukan ini di beberapa bagian, pastinya anda akan menghemat pengeluaran lebih besar.

Survey Harga Toko Bangunan

Konsultan.co

Ketika anda akan membeli bahan bangunan, usahakan untuk melakukan survey terlebih dahulu. Datanglah ke beberapa depo bangunan. Lalu, pilihlah harga yang lebih murah. Ketika harga tersebut lebih murah, anda bisa memilihnya untuk membeli material pembangunan rumah anda. Tapi pastikan, material yang anda pilih itu berkulitas. Dan jangan sampai material yang anda pilih memiliki kualitas buruk.

Jangan Terlalu Banyak Membuat Sekat

 

Calon Arsitek

Mengapa jangan berlebihan memakai sekat? Karena, semakin banyak sekat akan semakin tinggi juga biaya yang diperlukan. Sekat sendiri adalah sebuah pembatas yang memisahkan antara ruang satu dengan ruang lainnya. Masih banyak alternatif lain yang bisa anda coba memisahkan ruangan tanpa sekat, anda bisa memanfaatkan tirai, lemari araupun barang lainnya, sehingga rumah anda tidak terlalu sempit.

Nah, itu tadi beberapa tips dari kami untuk membangun rumah idaman dengan biaya yang minim. Jadi, tidak perlu menunggu terlalu lama untuk membangun sebuah rumah. Kuncinya adalah sepintar mungkin mengatur budget agar biaya yang dikeluarkan lebih efisien. Selamat membangun rumah idaman! (*)


"Bagikan artikel ini dengan keluarga Anda"

Sosial Media

keluarga kokoh
23 November 2016 08:30

Juara 1 Lomba Foto Ekspresi

keluarga kokoh
23 November 2016 08:30

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:20

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:19

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:18

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali