21 Nov 2018 07:59

Sisa Tanah Belakang Rumah Disulap menjadi tempat Menyenangkan

keluarga kokoh

Pinterest.com

SHARE:

Mungkin baru-baru ini anda membeli rumah tipe 36 dan sedang bingung akan digunakan apa sisa tanah tersebut? Biasanya, saat anda membeli rumah dengan tipe 36, umumnya ada kelebihan tanah bagian belakang yang masih kosong.

Tanah yang belum terbangun itu sekitar berukuran 6 x 5 meter atau 6 x 4 meter, tergantung pengembang dan luas tanah yang ditawarkan. Memang ada tantangan tersendiri mendesain ruang dengan luas tanah yang relatif kecil menjadi ruang yang bagus nan indah. 

Nah, apabila anda memerlukan inspirasi untuk melakukan itu, dibawah ini adalah beberapa ide yang bisa digunakan untuk membangun sisa tanah belakang pada rumah tipe 36. Tantangannya adalah, bagaimana memanfaatkan ruang yang kecil untuk ruang terbuka pribadi yang nyaman. Berikut ulasannya.

Taman Mini

Majalah Kartini

Sisa tanah di belakang rumah anda, dapat anda gunakan untuk membuat taman yang kecil dan indah. Tentu saja saat membuatnya jangan membayangkan taman dengan pohon yang besar, tapi hanya rumput dan satu dua pohon kecil, untuk mempercantik. Anda bisa gunakan desain penghias taman di tembok sisi taman.

Taman yang kecil ini dapat anda gunakan untuk olahraga pagi, menghirup udara segar termasuk juga sebagai keluar masuknya udara agar rumah tidak pengap. Dengan membuat taman yang mini anda bisa merasakan kesegaran rumah. Untuk konsep taman ini, anda juga dapat menggabungkannya dengan membuat kolam ikan kecil, agar kesan natural dan kesegaran dapat terasa sampai ke dalam rumah anda.

Ruang Santai

www.dekoruma.com

Anda bisa menggunakan sebagai ruang santai bersama keluarga. Di sini anda harus memiliki konsep ruang keluarga macam apa yang akan anda aplikasikan. Misalnya, anda bisa menggabungkannya dengan konsep taman mini atau anda bisa mendesainnya sebagai ruang terbuka dengan kanopi dan menempatkan kursi untuk ruang bersantai bersama keluarga.

Dapur Terbuka

Dekorrumah.net

Ruang kosong belakang rumah juga bisa digunakan sebagai tempat memasak terbuka. Dengan konsep ini, anda bisa menempatkan dapur pada belakang rumah anda menghadap ruang yang kosong tadi. Cukup tambahkan kanopi di atasnya, serta taman kecil atau rumput hijau. Anda bisa menambahkan bean bag dan bersantai bersama keluarga dan mengadakan pesta BBQ atau bakar-bakar sate ketika Hari Raya.

Konsep Tertutup

 

InteriorDesign.id

Secara umum biasanya, orang langsung memilih cara ini. Menutupnya menjadi full bangunan. Anda pun bisa menggunakan sebagai bermacam keperluan, mulai dari dapur hingga ruang makan. Cara ini memang sangat cepat dan mudah. Sisa bangunan tersebut langsung tertutup bangunan. Namun kekurangannya adalah, anda tidak mempunyai keindahan atau kesegaran dari taman.

Ada juga yang memilih menutup separuhnya saja, dan sisanya digunakan sebagai tempat mencuci baju dan lahan untuk menjemur pakaian.

Tentu saja, ke empat pilihan tersebut adalah sebagian pilihan yang bisa dilakukan untuk membangun ruang kosong belakang rumah. Anda bisa memilihnya salah satu atau dapat pula menggabungkan ke empat pilihan tersebut.

Yang dibutuhkan adalah sentuhan kreatifitas dalam menata tanah yang kosong agar terlihat indah dan nyaman. Tentu saja, jangan lupa untuk tetap memperhitungkan berapa budget atau biaya yang harus dikeluarkan untuk merenovasi lahan kosong tersebut. Kalau bisa tetap seefisien mungkin dan menghemat pengeluaran.  Jangan sampai karena ingin membangun lahan sisa tersebut, keuangan anda jadi terganggu. Selamat berkreasi dan semoga sukses! (*)


"Bagikan artikel ini dengan keluarga Anda"

Sosial Media

keluarga kokoh
23 November 2016 08:30

Juara 1 Lomba Foto Ekspresi

keluarga kokoh
23 November 2016 08:30

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:20

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:19

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:18

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali