08 Nov 2018 12:41

4 Ide agar Rumah Anda tampak Luas

keluarga kokoh

Photo by Medhat Ayad from Pexels

SHARE:

Memiliki rumah yang luas adalah impian semua orang. Tapi, bagaimana jika kenyataannya rumah kita tidak seluas yang kita bayangkan? Nah, di sinilah kreativitas kita diuji, bagaimana membuat ruangan yang sempit menjadi luas. Tentu saja, ada tekniknya agar rumah anda terasa luas meskipun sebenarnya ruangan rumah sangat kecil dan sempit.

Jangan khawatir, kali ini kami akan membagikan tips atau cara mengatur ruangan agar rumah kita terlihat luas dan kita nyaman tinggal di dalamnya. Penasaran? Simak caranya di bawah ini.

Hilangkan Sekat

 

http://www.calonarsitek.com

Rumah yang luas akan terasa sempit jika rumah kita banyak memiliki sekat-sekat atau partisi. Oleh karena itu, langkah yang pertama yang sebaiknya kita lakukan adalah hilangkan partisi atau sekat yang tidak perlu.

Misalnya, ruang makan dan ruang dapur. Umumnya orang memiliki ruang yang berbeda antara ruang dapur dan ruang makan. Namun, justru sekat pembeda ini membuat rumah kita akan terlihat sempit. Maka jalan yang bisa dilakukan adalah membongkar sekat dua ruangan itu dan menjadikan satu. 

Dengan begitu, rumah anda akan memiliki space yang cukup luas. Bahkan di beberapa kasus rumah, ada yang menyatukan antara ruang bersantai, ruang dapur, dan ruang makan sebagai satu kesatuan. Sehingga ruangan menjadi terbuka dan lebih lebar.

Cat Rumah

 

pixabay.com

Faktor kedua yang perlu untuk diperhatikan agar rumah terlihat lebih luas adalah cat rumah. Percaya atau tidak, warna cat rumah dapat mempengaruhi perasaan yang menghuninya. Apabila cat rumah anda gelap maka akan terasa sempit. Maka, pilihlah warna-warna yang terang, agar perasaan anda akan terbawa lebih santai. Misalnya, pilihlah cat tembok berwarna putih atau pastel, karena dengan warna putih atau pastel pandangan mata akan lebih luas. Nah, dengan begitu, pandangan kita terhadap suasana ruangan akan berbeda dan akan terasa luas.

Penempatan Furniture dan Perabotan

 

pxhere.com

Apabila anda memiliki rumah dengan lahan yang terbatas, maka anda perlu memikirkan kembali perabot yang sudah anda miliki. Karena terkadang penampatan perabotan rumah yang tidak tertata dengan baik malah akan membuat rumah semakin sempit. Pilihannya adalah mengurangi perabotan yang anda miliki agar ruangan terasa lebar.

Tentu saja tidak harus membuang semua perabotan rumah anda. Yang perlu anda lakukan adalah menginventarisasi perabotan tersebut dan klasifikasikan mana yang penting hingga yang tidak penting. Relakan perabotan rumah anda yang tidak penting, kemudian tata kembali rumah anda.

Jika perabot rumah anda terlalu besar, mungkin anda bisa menggantinya dengan yang lebih minimalis. Jika perabot rumah anda sudah berukuran minimalis, anda tinggal mengatur penempatannya agar space di rumah anda terlihat luas.

Atur Pencahayaan

 

Photo by Kody Gautier on Unsplash

Agar ruangan anda terasa lebih luas, maka penting bagi anda untuk memberikan pencahayaan yang cukup terang untuk rumah anda. Misalnya, membuat jendela kaca atau membuka jendela pada pagi sampai siang hari agar sinar matahari dapat masuk secara bebas.

Dengan pencahayaan yang cukup, ruangan rumah anda akan terasa lebih luas karena efek dari cahaya terang. Belum lagi efek udara yang masuk rumah dengan bebas yang membuat kita semakin segar dan rileks. Kalau anda jendela rumah anda tidak terlalu besar maka pilihan lain adalah mendesain ulang jendela atau menempatkan genting kaca pada atap rumah atau memasang tembok kaca agar cahaya matahari dapat masuk dengan leluasa.

Nah, itu tadi beberapa tips dari kami agar ruangan di rumah anda terlihat lebih luas. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba! (*)


"Bagikan artikel ini dengan keluarga Anda"

Sosial Media

keluarga kokoh
23 November 2016 08:30

Juara 1 Lomba Foto Ekspresi

keluarga kokoh
23 November 2016 08:30

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:20

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:19

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:18

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali