07 Nov 2018 10:41

Menata Dapur Minimalis Agar Tampil Maksimalis

keluarga kokoh

Photo by Aaron Huber on Unsplash

SHARE:

Siapa yang tidak ingin memiliki dapur yang bagus dan tertata rapi? Tentu saja kita semua ingin memilikinya. Dapur yang tertata rapi dan bersih bukan hanya berpengaruh pada selera makan, tapi juga berpengaruh terhadap kesehatan makanan.

Langkah untuk memiliki dapur bersih dan tertata rapi sebenarnya dimulai sejak awal menatanya. Apabila anda memiliki penataan dapur yang baik, maka keuntungannya anda dapat secara efektif memasak, selain itu juga dapat efektif membersihkannya. Sehingga, kebersihan dapur dapat terjaga dengan baik.

Anda senang, keluarga pun riang. Nah, bagi anda yang mengalami kesulitan cara menata ruang dapur agar tertata rapi dan bersih. Berikut ini kami bagikan tipsnya.  

1. Penempatan Perabot Dapur

 

 

http://trik-biru.blogspot.com

Langkah pertama yang perlu anda perhatikan adalah penempatan perabot dapur. Ada banyak sekali pernak pernik perabot dapur mulai dari yang berat seperti kompor, peralatan memasak, kulkas hingga wastafel dan barang pecah belah seperti piring dan gelas.

Nah, yang perlu anda perhatikan adalah menempatkan perabot tersebut secara efektif. Artinya, pastikan pada saat beraktifitas di dalam dapur, anda bisa dengan mudah meraih perabot satu dengan yang lain. Misalnya pada saat anda memasak pastikan penempatan peralatan memasak kompor dan wastafel mudah anda raih, sehingga anda tidak terlalu capek bergerak di dalam dapur. Karena kondisi capek memasak membuat kondisi tubuh menjadi mala membersihkan dapur setelah aktivitas memasak.

2. Interior Dapur

 

Photo by Alex Jones on Unsplash

Kedua, langkah kedua yang perlu anda perhatikan adalah interior dapur. Ada banyak pilihan bahan yang dapat digunakan untuk dapur mulai dari kayu, steinless steel, plastik dan lain sebagainya. Pilihlah bahan yang tidak mudah hancur oleh air, dan pilihlah yang kuat untuk menyangga beban makanan maupun air.

Apabila memilih kayu, pastikan kayu yang tidak mudah rapuh apabila kayu tersebut berdekatan dengan wastafel, karena rawan terkena cipratan air. Apabila menggunakan besi, pastikan besi yang tidak mudah berkarat.

3. Ukuran Perabot

 

Photo by Jaroslaw Ceborski on Unsplash

Ketiga, perhatikan ukuran perabot yang anda gunakan. Apabila anda memiliki ukuran dapur yang kecil maka jangan membeli ukuran perabot yang besar, karena akan membuat dapur semakin sesak. Misalnya, membeli kulkas yang ukuran sedang atau membeli kompor yang berukuran sedang. Dengan begitu anda akan memiliki cukup ruang bergerak saat memasak.

Begitu juga apabila anda ingin menempatkan tempat sampah, pastikan ukurannya tidak terlalu besar. Yang penting cukup untuk menampung sampah sisa bahan masakan yang tidak terpakai, sisa makanan, atau bungkus makanan.

4. Manfaatkan Dinding

 

Photo by Charles Deluvio PCHA on Unsplash

Langkah selanjutnya, apabila anda dapur anda tidak memiliki cukup ruangan untuk ditempati almari, maka yang bisa anda lakukan adalah memanfaatkan dinding. Anda dapat menggunakan dinding ruang dapuruntuk menempatkan perabot seperti panci atau peralatan memasak lainnya. Dengan cara ini, anda memiliki ‘almari alternatif’ untuk menempatkan perabot secara efektif. Memang dibutuhkan kreatifitas dalam menggunakan dinding dapur.

5. Perhatikan Estetika

 

Photo by Jason Leung on Unsplash

Yang tak kalah penting adalah perhatikan estetika. Dalam mengatur ruangan dapur, dibutuhkan seni khusus agar dapur yang anda desain dapat terlihat bagus dan rapi. Penempatan yang keliru akan berpotensi membuat penampilan yang tidak bagus untuk dilihat. Misalnya, saat anda memanfaatkan dinding sebagai tempat penyimpanan perabot, pastikan keindahan cara penempatannya. Karena, saat penempatannya tidak baik, maka secara penampilan akan buruk.

Memang, memiliki dapur yang kecil sedikit lebih ekstra dalam mengaturnya dibandingkan dengan dapur yang besar. Namun, bukan berarti dapur minimalis tidak bisa berpenampilan maksimal, kan? Selamat berkreasi dan mencoba langkah-langkah di atas! (*)


"Bagikan artikel ini dengan keluarga Anda"

Sosial Media

keluarga kokoh
23 November 2016 08:30

Juara 1 Lomba Foto Ekspresi

keluarga kokoh
23 November 2016 08:30

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:20

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:19

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:18

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali