31 Okt 2018 08:36

Perhatikan hal berikut sebelum Membangun Rumah 2 Lantai

keluarga kokoh

saigonmias.com

SHARE:

Siapapun ingin membangun rumah yang kuat dan kokoh. Jangan sampai, rumah yang anda bangun mengalami kegagalan struktur bangunan yang mengakibatkan penghuni khawatir atas kondisi rumah.

Nah, untuk itu anda memerlukan ketelitian dalam pembangunan rumah, yang semua itu dimulai dari pondasi rumah. Pondasi rumah yang kuat adalah dasar utama membangun rumah, apalagi untuk rumah dengan model dua lantai. Artikel ini akan memberikan gambaran penting dalam membangun pondasi rumah yang kuat.

 

www.dekoruma.com

Ada banyak model pondasi untuk membangun rumah. Namun yang terpenting adalah anda harus mememperhatikan beberapa detail, mulai struktur tanah hingga bahan yang anda pakai agar pondasi yang anda buat kuat dan kokoh, berikut detailnya.

Pertama, struktur tanah. Hal penting pertama yang harus anda perhatikan adalah struktur tanah. Perbedaan struktur tanah akan mempengaruhi model pondasi yang akan anda gunakan. Misalnya struktur tanah yang berpasir pasti akan berbeda dengan struktur tanah yang keras. Apabila anda membangun pondasi pada tanah yang berpasir atau tanah yang lunak. Maka anda memerlukan pondasi yang kucat mencengkeram tanah. Apabila anda menemui model tanah seperti ini sebaiknya anda menggunakan model pondasi cakar ayam atau pondasi yang dibuat dengan tapal lebar agar bisa mencengkeram tanah dengan baik.

 

www.dekoruma.com

Nah, apabila lahan yang akan anda bangun adalah tanah yang keras misalnya banyak terdapat batu cadas atau paras sementara dan kontur tanah yang tidak merata, maka yang anda perlukan adalah pondasi yang kuat dalam mengikuti kontur tanah. Mulai dari naik turunnya tanah hingga tingkat kemiringan.

Kedua, penggunaan bahan. Hal lain yang perlu adan perhatikan adalah bahan baku pembuatan pondasi. Pada intinya, bahan baku pondasi berisi batu, pasir, besi dan semen. Namun masing-masing bahan memiliki kekuatan dan kelemahan. Mulai dari pemilihan batu untuk pondasi, ada yang memilih batu cadas maupun batu kumbung. Kalau melihat dari kekerasan batu tentu saja batu cadas menjadi pilihan utama. Batu cadas umumnya dikenal sebagai batu kali / batu gunung, banyak orang memilih ini karena kekuatannya.

 

jualonline.icu

Selain batu kali yang besar anda juga harus memiliki kerikil yang bagus untuk mengisi sela sela cor agar kuat, disamping juga memilih pasir yang bagus. Pasir yang bagus umumnya berwarna hitam tanpa campuran lumpur didalamya. Kualitas pasir sepert ini yang paling banyak dicari.

Pemilihan besi juga menjadi hal penting, perhatikan ukuran besi yang anda beli. Apabila anda memilih besi yang kualitas KW maka anda memiliki ukuran yang lebih kecil dari ukuran yang sesungguhnya. Apabila ukuran yang tertera dalam besi sesuai dengan ukuran millimeter yang ditampilkan maka anda membeli besi dengan kualitas terbaik.

 

www.dekoruma.com

Nah, yang tak kalah penting adalah memilih semen. Pilih lah semen yang memang benar-benar teruji kekuatannya dan sudah terbukti paling kokoh diantara semen yang lainnya. Ada banyak merk semen tapi pastikan semen yang adan gunakan adalah Semen Gresik. Karena sejak dulu semen ini sudah sangat dikenal karena kekuatannya.

Ketiga, jenis pondasi. Apabila anda sudah mempelajari struktur tanah dan dan sudah mengetahui bahan baku yang paling bagus. Langkah selanjutnya adalah menentukan jenis pondasi rumah anda.

Ada banyak model pondasi yang bisa digunakan. Seperti pondasi dengan model cakar ayam, pondasi batu kali, pondasi footplat, pondasi kombinasi pondasi batu kali dengan footplat, pondasi bor pile memakai pile cap, pondasi plat menerus dan lain sebagainya.

Namun secara umum anda cukup mennggunakan pondasi cakar ayam untuk rumah lantai 2 anda. Karena model pondasi cakar ayam ini sangat kokoh dan disamping itu tidak membutuhkan banyak biaya.

Demikian ulasan kami terkait pondasi yang pas untuk rumah 2 lantai. Semoga bermanfaat.


"Bagikan artikel ini dengan keluarga Anda"

Sosial Media

keluarga kokoh
23 November 2016 08:30

Juara 1 Lomba Foto Ekspresi

keluarga kokoh
23 November 2016 08:30

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:20

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:19

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:18

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali