25 Okt 2018 13:00

Menghadapi Musim Penghujan, Cegah Kebocoran dengan Cara ini!

keluarga kokoh

Shutterstock.com

SHARE:

Sebentar lagi kita akan memasuki musim penghujan. Karena perubahan musim tidak bisa dihindari, maka yang dapat kita lakukan adalah mempersiapkan berbagai kemungkinan yang akan terjadi selama musim penghujan. Terutama kesiapan kondisi rumah kita. Jangan sampai ada kekurangan kecil yang dapat berakibat fatal. Salah satu yang terpenting adalah kesiapan talang air atap rumah kita. Jangan sampai hanya karena talang air mampat, rusak atau bocor, kita tidak dapat tidur nyenyak.

Nah agar hal ini tidak terjadi perlu kita memperhatikan kondisi talang air rumah kita sebelum musim penghujan datang. Berikut tips untuk merawat talang air atap rumah untuk menghadapi musim penghujan.

1. Periksa dengan Seksama

 

www.selagutterconnection.com

Meskipun pada musim penghujan kemarin kondisi talang air atap rumah tidak ada masalah, tapi ada baiknya untuk melihat kondisi atap. Karena sangat memungkinkan kotoran dari atap dapat tertimbun di atas talang dan dapat menyumbat. Misalnya saja, daun dari pohon taman kita atau mungkin daun dari pohon milik tetangga yang dapat terbang terbawa angin masuk ke atap kita. Bisa juga di dalam talang air atap rumah ada kotoran binatang seperti kucing liar yang naik ke atap rumah. Persiapkan segala kemungkinan, karena hal ini bisa saja terjadi.

2. Bersihkan

 

talangairrumah.wordpress.com

Apabila menemukan kotoran tertimbun pada talang air, jangan menunggu waktu untuk segera membersihkannya. Caranya dengan mengambil dan segera menyapu dengan sapu kecil. Setelah itu, jangan lupa untuk melakukan pembersihan dengan menyemprotkan air di atas talang air. Tujuannya adalah untuk menyapu sisa kotoran. Di samping itu, menyemprotkan air ke talang bertujuan untuk menguji apakah ada kebocoran atau tidak. Apabila air berjalan dengan lancar tanpa genangan, itu tandanya kondisi talang air rumah anda dalam kondisi yang baik.

3. Perbaiki Kerusakan

 

Shutterstock.com

Pada saat anda memeriksa talang air rumah dan melihat ada kerusakan jangan menunggu terlalu lama untuk membetulkannya. Misalnya, saat melakukan penyemprotan air, anda menemukan ada sedikit kebocoran maka periksa dengan detail di mana letak kebocoroan itu. Apakah karena kondisi talang yang berlubang, atau memang posisi talang air yang bergeser. Nah, apabila terjadi kebocoran maka segera tutup dengan pelapis anti bocor. Apabila kondisi bocor disebabkan karena letak talang air yang bergeser, maka segera betulkan posisi tersebut pada tempat semula, kemudian cek kembali ketahanannya.

4. Keselamatan Diri

 

alswindowcleaning.co.uk

Memeriksa talang atap bukan persoalan mudah. Tidak semua orang mampu dan memiliki keberanian naik ke atas atap rumah dan memeriksa talang atap. Sebelum melakukan hal itu, ada baiknya anda mempersiapkan diri dan memperhatikan keselamatan diri. Apabila anda tidak cukup ahli pada masalah ini, maka sebaiknya anda meminta bantuan orang yang ahli. Misalnya, anda meminta bantuan tukang langganan anda di dekat rumah, yang sudah tahu kondisi rumah anda. Apabila anda sudah terbiasa dan mempunyai kemampuan untuk mengatasinya sendiri, jangan lupa untuk memperhatikan keselamatan diri. Yaitu dengan cara naik atap menggunakan tangga yang kokoh, serta menggunakan sarung tangan untuk menjaga tangan anda tetap bersih dan tidak tergores sesuatu.

Nah, itu dia beberapa tips cara membersihkan talang air atap rumah. Langkah ini penting dilakukan agar kita memiliki persiapan yang matang menghadapi musim penghujan. Jangan sampai kita lengah pada hal kecil yang membuat kita terbangun di tengah malam dan tidak dapat tidur nyenyak karena persoalan talang air atap rumah yang bocor. Selamat mencoba dan semoga berhasil. (*)


"Bagikan artikel ini dengan keluarga Anda"

Sosial Media

keluarga kokoh
23 November 2016 08:30

Juara 1 Lomba Foto Ekspresi

keluarga kokoh
23 November 2016 08:30

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:20

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:19

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:18

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali