24 Okt 2018 10:57

Empat Cara Merawat Taman Rumah Agar Tetap Segar

keluarga kokoh

Photo by Bruno Martins on Unsplash

SHARE:

Taman rumah berperan penting untuk rumah idaman kita. Bukan hanya untuk memperindah rumah, tapi kesegaran tanaman yang di taman sangat berpengaruh terhadap mood bagi penghuninya. Apabila taman rumah terlihat segar, maka kita yang melihat taman tersebut akan ikut terbawa segar dan fresh. Apalagi kita melihat taman itu di pagi hari sebelum berangkat kerja. Kita akan berangkat kerja dengan sangat fresh dan akan berpengaruh pada produktifitas kita.

Nah, bayangkan kalau kita melihat taman kita yang kusam, tanpa kita sadari mood kita akan terpengaruh. Tentu ini jangan sampai terjadi. Untuk mengantisipasinya, perlu kita perhatikan keindahan taman rumah. Berikut ini adalah tips bagaimana merawat taman agar selalu indah dan segar.

1. Sinar Matahari

pixabay.com (pexel.com)

Tanaman sangat membutuhkan sinar matahari untuk dapat hidup. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memperhatikan masuknya sinar matahari masuk ke dalam taman rumah. Oleh karena itu, letak taman rumah menjadi sangat penting. Jangan sampai memilih letak yang salah, sehingga sinar matahari tidak dapat masuk dan mengakibatkan tanaman layu. Contohnya, rumput sangat membutuhkan sinar matahari. Jadi kalau rumput taman sering kali menguning, kering, lalu mati, kemungkinan besar karena kurang memperoleh sinar matahari.

2. Rutin Siram Air

Photo by Cassidy Phillips on Unsplash

Jangan lupa untuk memberikan asupan air yang cukup untuk tanaman anda. Air sangat dibutuhkan oleh tanaman. Terutama pada tanaman yang berbuah. Namun, yang juga tak kalah penting adalah memperhatikan kadar air yang diberikan. Karena ada beberapa jenis tanaman yang tidak seberapa membutuhkan kadar air, tapi ada juga jenis tanaman yang membutuhkan banyak air. Sehingga sebelum memberikan asupan air pada tanaman, anda perlu mempelajari jenis tanaman yang anda tanam. Dengan mempelajari dan mengetahui karakter tanaman tersebut, maka anda dapat memberikan asupan air yang dibutuhkan, sehingga tanaman dapat tumbuh dengan baik dan indah.

Selain itu, waktu menyiram juga penting diperhatikan. Sebagian besar tanaman akan lebih baik jika mendapat siraman air pada waktu malam hari atau pagi hari, agar tanaman mendapat suplai air yang cukup untuk menghadapi sinar matahari di siang hari.  

3. Nutrisi Tanaman

 

tanamtanaman.com

Seperti halnya manusia, tanaman juga membutuhkan nutrisi. Pada dasarnya, memberikan nutrisi pada tanaman sangat mudah kalau anda mengetahui caranya. Tanaman membutuhkan nutrisi, seperti nitrogen, fosfor, potassium, magnesium, sulfur, dan kalsium. Sebenarnya nutrisi tesebut sudah terkandung dalam tanah. Yang perlu anda lakukan adalah sering memberikan tanah baru pada tanaman anda. Paling mudah adalah dengan cara memberikan atau mengganti tanah pada tanaman yang berada di dalam pot. Anda cukup mengambil sebagian tanah dan menimbunnya dengan tanah baru.

Selain itu anda juga perlu memberikan pupuk secukupnya. Nah, yang perlu diperhatikan dalam memberikan pupuk adalah, berikan pupuk yang organik, pupuk kandang, atau kompos. Karena pupuk ini sangat baik untuk tanaman maupun tanah.

4. Menjaga Keindahan Taman

 

Photo by Wang Xi on Unsplash

Nah, yang tidak kalah penting adalah merawat keindahan taman. Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah menjaga kebersihan taman. Segera bersihkan daun-daun yang sudah jatuh, bila perlu anda sisihkan dan kumpulkan untuk dijadikan pupuk untuk menambah nutrisi tanaman. Hindarkan membuang sampah di sekitar taman, mulai putung rokok hingga sampah plastik, karena hal itu dapat merusak pemandangan taman.

Kedua, anda perlu merapikan dahan dan ranting yang telah tumbuh. Segera potong dahan atau ranting yang sudah menjalar sehingga keindahan tetap terjaga.      

Nah, itu dia empat cara merawat taman rumah agar tetap segar. Sebenarnya hal yang sangat mudah. Yang diperlukan adalah meluangkan sedikit waktu untuk merawat taman dan kesabaran. Semoga anda memiliki taman yang anda idamkan. (*)


"Bagikan artikel ini dengan keluarga Anda"

Sosial Media

keluarga kokoh
23 November 2016 08:30

Juara 1 Lomba Foto Ekspresi

keluarga kokoh
23 November 2016 08:30

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:20

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:19

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:18

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali