12 Agu 2018 18:00

4 Tips Wisata Bebas Stres, Pikiran Jadi Lebih Rileks

keluarga kokoh

pxhere.com

SHARE:

Oleh: Redaksi

Tujuan utama berwisata adalah untuk menyegarkan pikiran dan mengistirahatkan tubuh yang penat. Namun terkadang ada masalah psikologis yang membuat Anda stres dan tidak bisa menikmati liburan Anda dengan baik. Salah satu penyebab stres saat berwisata adalah persiapan yang kurang, baik persiapan jasmani dan mental Anda. Stres ini akan membuat Anda tidak bisa menikmati perjalanan Anda. Hal ini akan sangat disayangkan karena bisa jadi Anda jarang mendapatkan waktu dan dana untuk berwisata. Mempersiapkan rencana wisata Anda dari dini adalah cara ampuh untuk lebih rileks dan mengurangi stres. Setidaknya ada empat faktor penyebab stres saat berwisata. Berikut adalah rangkuman empat buah tips untuk meringankan stres saat berwisata. Harapannya, Anda lebih rileks dan dapat menyegarkan pikiran serta jasmani Anda selama liburan panjang bersama keluarga.

1. Catat dan Jadwalkan Semua Detail dengan Baik

wikimedia.org

Salah satu masalah yang membuat stres saat akan berlibur adalah adanya logistik yang kurang dan tertinggal transportasi. Untuk mencegah hal ini, Anda harus mencatat barang, bekal, dan dana yang harus Anda bawa jauh-jauh hari. Anda juga sebaiknya mengatur reminder Anda sesuai jadwal keberangkatan sejak lama. Kedua cara ini sangat ampuh untuk membuat Anda lebih rileks saat akan berlibur.

2. Bawalah Pakaian yang Nyaman dan Sejuk

besttravelgear.com

Perjalanan ke tempat wisata kadang membutuhkan waktu yang lama. Sepanjang perjalanan, Anda harus merasa nyaman, jika tidak, Anda akan mudah stres. Oleh karena itu, bawa dan kenakanlah pakaian yang nyaman, fleksibel, dan sejuk. Menggunakan pakaian yang berat dan ketat seperti celana jins akan menyusahkan Anda selama perjalanan. Bawalah pakaian tambahan agar Anda tidak perlu khawatir jika baju-baju Anda kotor nantinya. Namun, jangan sampai bawaan Anda terlalu berat hingga menambah beban fisik dan pikiran Anda nantinya.

Baca juga : Agar Nyaman dan Aman, Lakukan 5 Persiapan Wajib Mudik Ini Dulu

3. Jagalah Kebugaran Tubuh dan Kesehatan Mental Anda

onmi.design

Selama berwisata, Anda tidak boleh mengabaikan apa yang paling dibutuhkan oleh tubuh dan pikiran Anda. Yakni istirahat dan asupan nutrisi yang seimbang. Beristirahatlah sesuai rutinitas normal Anda. Makanlah makanan berprotein tinggi dan buah-buahan. Jika perlu konsumsilah vitamin dan suplemen lain untuk menyegarkan badan dan pikiran. Usahakan jangan meminum kopi karena akan membuat Anda terjaga. Minumlah segelas susu hangat yang kaya triptofan. Susu akan menyuplai protein untuk daya tahan tubuh dan triptofan untuk membuat Anda lebih rileks.

4. Ubahlah Mindset Anda dan Tarik Nafas yang Dalam

ortonpro.fi

Jika Anda merasa bahwa Anda mulai kewalahan dengan stres saat dalam perjalanan wisata, duduklah sejenak dan tariklah nafas dalam, lalu hembuskan. Latihan pernapasan adalah salah satu teknik yang Ampuh untuk melawan stres. Anda juga dapat membawa buku favorit Anda untuk menenangkan diri sambil menikmati keindahan alam. Anda juga dapat mensugesti pikiran Anda dengan pikiran positif. Misalnya dengan sedikit bermeditasi dan melakukan renungan diri. Lupakan semua beban pikiran Anda dan nikmati liburan Anda dengan bebas. Dengan demikian, Anda lebih rileks dan menikmati liburan Anda.

Baca Juga: Tak Mudah, Tapi Anda Bisa Jadi Wanita Karir Sekaligus Ibu Rumah Tangga


"Bagikan artikel ini dengan keluarga Anda"

Sosial Media

keluarga kokoh
23 November 2016 08:30

Juara 1 Lomba Foto Ekspresi

keluarga kokoh
23 November 2016 08:30

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:20

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:19

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:18

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali