11 Agu 2018 18:00

6 Tanaman Hias Penyaring Polusi Alami, Tak Hanya Wangi Saja

keluarga kokoh

pexels.com

SHARE:

Oleh: Redaksi

Memiliki hunian dalam perkotaan membuat keluarga Anda rentan terhadap polusi udara. Polusi udara dapat mengakibatkan Anda dan keluarga menjadi rentan terhadap masalah kesehatan. Terutama masalah kesehatan saluran pernafasan. Bahkan dalam situs resminya, National Institute of Environmental Health Sciences USA menyatakan bahwa polusi udara dapat mempengaruhu kinerja jantung dan menyebabkan masalah kardiovaskular. 

Salah satu cara untuk mengurangi polusi udara dalam rumah Anda adalah dengan menanam tanaman penyaring polusi udara. Tanaman-tanaman seperti lidah mertua memiliki kemampuan untuk menyerap gas-gas berbahaya dari udara, dengan demikian, udara dalam rumah Anda lebih bersih. Pada artikel ini, kenali 7 jenis tanaman penyaring polusi udara yang wangi dan memiliki fungsi ganda sebagai tanaman obat atau bumbu dapur.

1. Bunga Krisan

faunadanflora.com

Bunga krisan atau bunga seruni adalah salah satu bunga populer karena keindahan dan aromanya yang khas. Selain itu, bunga krisan dikenal memiliki manfaat medis sebagai pereda nyeri dada (angina), menurunkan darah tinggi, dan sebagai pereda stress. Bunga krisan dapat digunakan sebagai penyaring polusi udara yang efektif. Faktanya, bunga dari keluarga Asteraceae ini adalah senjata ampuh NASA dalam menyaring polusi udara di stasiun luar angkasa mereka. Tanaman ini memiliki harga murah dan mudah ditanam hingga cocok untuk tanaman hias dalam rumah Anda. Bunga krisan dapat menghilangkan polusi udara berbahaya seperti amoniak, senyawa benzena, formaldehida, dan xylene.

2. Kemangi

faunadanflora.com

Tanaman kemangi memang lebih dikenal sebagai bumbu dapur dari pada tanaman hias. Namun, tumbuhan semak yang berkerabat dekat dengan basil ini memiliki aroma yang khas dan tentu saja, kemampuan untuk menyaring senyawa polutan dari udara. Kemangi memiliki daya tumbuh yang baik dan mudah dirawat. Tumbuhan ini memiliki kemampuan menyerap senyawa karbonmonoksida dan karbondioksida, dua polutan utama di udara.

3. Bunga Geranium

pixabay.com

Bunga geranium adalah jenis tumbuhan berbunga dari keluarga Graniaceae. Tanaman ini memiliki bunga berwarna cantik dan aroma wangi. Anda pasti mengenal bunga ini dari merk obat nyamuk. Wajar saja karena geranium memiliki senyawa aromatik yang berfungsi sebagai repellant serangga. Geranium adalah tumbuhan yang memiliki daya tahan tinggi, termasuk pada kekeringan dan polusi udara. Tumbuhan ini dapat menyerap polusi udara seperti karbondioksida.

4. Tanaman Kopi

publicdomainpictures.net

Kopi yang Anda kenal mungkin hanya kopi yang Anda sesap tiap sarapan pagi. Ternyata, tumbuhan yang berasal dari keluarga Rubiaceae ini memiliki bunga yang wangi, terutama dipagi hari. Selain menghasilkan bunga yang wangi dan buah kopi, tumbuhan ini juga dapat menyerap polusi udara dengan baik. Anda dapat membeli bibit kopi vegetatif buatan (bibit kopi stek) yang lebih cepat berbunga dan berbuah. Anda dapat membeli tanaman kopi dalam pot (takolampot) untuk menyaring udara agar lebih sehat dan mendapatkan secangkir kopi gratis tiap harinya.

Baca Juga: 4 Kuliner Ikan Khas Manado, Rasa Pedasnya Bikin Ketagihan

 

5. Rosemarry

mindbodyspiritworld.com

Rosemarry adalah jenis tanaman herbal berdaun runcing yang dikenal sebagai bumbu masakan Eropa. Rosemarry memiliki kemampuan menyerap polutan berbahaya seperti formaldehid. Rosemarry awalnya hanya tumbuh di daerah temperat seperti Eropa. Namun, kini Anda bisa membeli tanaman penyaring polutan ini di toko-toko penjual bibit tanaman online kesayangan Anda. Selain menyerap polutan berbahaya, tanaman ini juga dapat digunakan sebagai bumbu dapur, terutama masakan sop dan daging sapi.

6. Mint

wikihow.com

Tanaman herbal berikutnya yang dapat menyaring polusi udara adalah mint. Mint adalah tanaman herbaseus yang berkerabat dekat dengan basil dan kemangi. Tanaman ini memiliki aroma segar dan rasa dingin yang khas. Anda dapat menanam mint, rosemarry dan geranium dalam ruangan rumah Anda untuk memerangi polusi bersama. Selain itu, daunnya juga dapat digunakan sebagai aromaterapi dan penolak nyamuk alami untuk keluarga Anda.

Beberapa dari tanaman penyaring polusi udara juga memiliki aroma yang wangi dan segar. Tanaman-tanaman tersebut dapat Anda jadikan alternatif pewangi ruangan buatan yang berharga cukup mahal. Beberapa dari tanaman tersebut bahkan memiliki kegunaan medis dan dapat digunakan sebagai bumbu dapur.

Baca Juga: 4 Tips Wisata Bebas Stres, Pikiran Jadi Lebih Rileks


"Bagikan artikel ini dengan keluarga Anda"

Sosial Media

keluarga kokoh
23 November 2016 08:30

Juara 1 Lomba Foto Ekspresi

keluarga kokoh
23 November 2016 08:30

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:20

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:19

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:18

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali