10 Agu 2018 18:00

4 Kuliner Ikan Khas Manado, Rasa Pedasnya Bikin Ketagihan

keluarga kokoh

pegi-pegi.com

SHARE:

Oleh: Redaksi

Indonesia sebagai negara kepulauan memiliki banyak berbagai jenis ikan, baik ikan tawar maupun ikan laut. Ikan memang sudah terkenal dengan berbagai kandungan gizi yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Kandungan yang paling terkenal dari ikan adalah kandungan protein dan kandungan omega 3. Tapi sebenarnya masih banyak lagi kandungan lain beserta manfaatnya.

Selain kaya akan manfaat, banyak di antara berbagai macam kuliner yang berbahan dasar ikan, berasal dari kota Manado. Manado merupakan kota dari kepulauan Sulawesi Utara yang terkenal dengan keindahan laut, tak heran jika kuliner ikan jadi andalannya. Bagi anda yang sedang atau ingin berkunjung ke Manado, jangan lupa untuk mencicipi list kuliner yang berbahan dasar ikan di bawah ini. Berikut ada beberapa list kuliner ikan yang yang sayang jika Anda lewatkan ketika di kota Manado.

1. Cakalang fufu

kabarmanado.com

Cakalang fufu sudah sangat terkenal di Manado. Ikan ini sering juga dikenal sebagai tongkol putih yang proses olahannya diasapi. Fungsi dari pengasapan ini untuk membuat ikan ini tahan lama dalam penyimpanannya. Selain itu dengan pengasapan, ikan ini memiliki cita rasa yang unik dibandingkan dengan ikan lainnya. Setelah proses pengasapan ikan cakalng fufu bisa diolah kembali menjadi berbagai hidangan seperti menu cakalng fufu santan dan menu kuliner lainnya.

2. Sambal roa

sukalaper.com

Anda suka dengan makanan pedas? Manado punya sambal yang berbahan dasar ikan roa yaitu sambal roa. Sambal ini merupakan sambal berbahan ikan roa yang terlebih dahulu dikeringkan dan diolah dengan cara diasapi. kemudian ikan tersebut ditumbuk dan dicampur dengan bahan-bahan dasar sambal yaitu cabe rawit, bawang putih, bawang merah, tomat, garam dan gula yang telah dicampurkan. Biasanya menu ini sebagai bahan pelengkap untuk salah satu menu khas Manado yaitu bubur tinutuan. Tetapi sambal roa ini juga sangat cocok untuk dimakan dengan menu apa aja sebagai pelengkap. Sambal roa banyak dijual ditempat oleh-oleh khas Manado dalam bentuk kemasan, jadi Anda jangan khawatir membawa sambal ini ke mana-mana.

Baca Juga: 6 Kamera Ini Cocok untuk Liburan, Pilih yang Paling Cocok untuk Anda

3. Dabu-dabu

youtube.com

Makanan pedas memang sangat diminati oleh banyak masyarakat Indonesia. Salah satu kuliner khas Mando yang sayang untuk dilewatkan adalah dabu-dabu. Dabu-dabu merupakan bumbu dengan campuran cabai, tomat, bawang merah yang dipotong-potong, kemudian dihidangkan dengan ikan bakar atau jenis seafood lainnya.

4. Woku belanga

blog.gotomalls.com

Woku belanga merupakan kuliner yang terkenal dengan pengolaan ikan di Manado. Bumbu yang digunakan yaitu campuran bahan-bahan bumbu seperti cabai, daun jeruk, daun pandan, daun kunyit, daun serai, kemangi, dan bumbu lainnya.

Apakah anda tertarik dan merasa lapar ketika anda membaca artikel ini? Selain rasanya yang enak dan gurih. Kuliner ikan ini biasanya rasanya pedas, jika anda pencinta rasa pedas maka jangan lupa untuk mencicipi kuliner dengan bahan dasar ikan.

Baca Juga: 5 Cara Atasi Trauma Anak Pasca Bencana, Beban Mentalnya Jadi Berkurang


"Bagikan artikel ini dengan keluarga Anda"

Sosial Media

keluarga kokoh
23 November 2016 08:30

Juara 1 Lomba Foto Ekspresi

keluarga kokoh
23 November 2016 08:30

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:20

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:19

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:18

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali