08 Agu 2018 18:00

Tak Mudah, Tapi Anda Bisa Jadi Wanita Karir Sekaligus Ibu Rumah Tangga

keluarga kokoh

hancinema.net

SHARE:

Oleh: Athira Esa

Sebagian besar dari wanita mungkin pernah dihadapkan pada pilihan menjadi wanita karir atau ibu rumah tangga. Tak jarang, banyak dari Anda yang memilih keduanya. Meski tidak mudah, bukan berarti menjadi wanita karir sekaligus ibu rumah tangga tidak mungkin dilakukan. Anda perlu menyiapkan fisik dan mental agar bisa menjalani kedua peran tersebut dengan baik. Berikut ini beberapa hal yang perlu Anda perhatikan jika ingin menjalani peran ganda tersebut:

1. Mampu Mengatur Waktu

pexels.com/Bruce Mars

Manajemen waktu adalah hal paling penting yang perlu Anda perhatikan sebelum memutuskan untuk menjadi ibu rumah tangga sekaligus wanita karir. Jangan sampai pekerjaan rumah mengganggu fokus Anda di kantor, begitu juga sebaliknya. Pengaturan waktu yang baik juga akan membantu Anda untuk tidak mudah frustasi menjalani kedua peran tersebut.  

2. Susun dengan Baik Prioritas Anda

rawpixel.com

Jika Anda ingin sukses menjadi dalam urusan rumah tangga dan pekerjaan, penting bagi Anda memiliki daftar prioritas. Tanyakan pada diri Anda tentang pekerjaan mana yang harus didahulukan? Keperluan mana yang bisa dikompromikan? Keperluan apa yang benar-benar tidak bisa dinegosiasi? Memahami jawaban dari pertanyaan tersebut akan membantu Anda untuk menyusun prioritas, membuat penyesuaian hingga memutuskan mana yang bisa atau tidak bisa Anda lakukan ketika Anda menghadapi masalah yang tidak terduga.

3. Bicarakan Kehidupan Pribadi Anda dengan Teman Kerja

Anda mungkin malas untuk membicarakan kehidupan pribadi dengan teman kantor. Kebanyakan karena Anda tidak ingin terlihat lemah atau mengeluh dengan peran ganda yang dijalani. Namun sesekali berbicara tentang suami atau anak-anak Anda kepada teman kerja tidak ada salahnya. Menurut Aimee Cohen pendiri Women on Point, berbicara tentang keluarga membuat Anda lebih nyaman saat bekerja. Menaruh foto suami atau anak di atas meja menunjukan jika kehidupan pribadi Anda adalah anugerah bukan suatu hal yang harus disembunyikan.

4. Jaga Pola Hidup Anda

pexels.com/mentatdgt 

Pastikan pola hidup Anda teratur, untuk menjaga agar fisik serta mental Anda tetap sehat. Menurut penelitian dari Yayasan Trust Me yang bekerja sama dengan Oxford University, jika emosi positif turun tajam setelah waktu tidur terganggu dan emosi negatif mulai naik. Para peneliti lain menjelaskan dalam Journal of Applied Social Psychology, jika kurang tidur akan menyebabkan kontrol diri dan kemampuan berpikir jernih berkurang. Oleh karena itu, pastikan Anda mendapat tidur yang cukup, mendapat asupan gizi yang tepat setiap harinya agar Anda selalu fit menjalani kedua peran tersebut.

Baca Juga: Menurut Penelitian, Wanita Lebih Sukses Berbisnis, Ini 5 Alasannya

5. Mintalah Dukungan Keluarga

pexels.com/Heyday Photism

Dukungan keluarga khususnya suami adalah hal penting untuk membuat Anda sukses meniti karir, sekaligus menjadi ibu dan istri. Mintalah suami Anda memahami aktivitas yang Anda jalani setiap harinya. Hal ini juga membantu Anda dan suami memiliki fleksibilitas dalam menyelesaikan masalah rumah tangga. Fleksibilitas ini penting mengingat Anda dan suami sama-sama bekerja. Jangan terjebak pada hal-hal baku seperti Anda harus memasak setiap hari dan suami mengantarkan anak sekolah. Buatlah pembagian tugas rumah tangga adil dan sefleksibel mungkin.

6. Luangkan Waktu untuk Diri Anda Sendiri

rawpixel.com

Perlu Anda ingat, Anda juga butuh waktu untuk membahagiakan diri sendiri (me time). Tidak masalah sejenak berhenti mengurus pekerjaan kantor dan rumah kemudian menyendiri untuk melakukan sesuatu yang Anda suka. Lakukan hobi Anda, atau pergi ke spa untuk mendapatkan pijatan di seluruh tubuh. Buatlah diri Anda rileks, sehingga fisik dan mental Anda kembali segar untuk menjalani aktivitas sehari-hari.

Ketika Anda sudah mantap menjadi wanita karir dan ibu rumah tangga, Anda harus tahu jika pilihan tersebut membutuhkan usaha ekstra. Poin penting dari menjalani kedua peran tersebut adalah Anda harus bisa mencapai keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan (work-life balance). Dilansir dari medium.com, menurut Vartika seorang ibu sekaligus manajer pemasan di Proof Hub. Vartika menyadari bahwa untuk mempertahankan work-life balance membutuhkan penyesuaian, kompromi, dan pengorbanan yang konstan. Oleh karena itu, belajar dan persiapkan diri untuk memanfaatkan waktu dan energi Anda.

Baca Juga: 5 Hal Ini Wajib Diperhatikan Sebelum Bangun Rumah, Agar Tahan Gempa


"Bagikan artikel ini dengan keluarga Anda"

Sosial Media

keluarga kokoh
23 November 2016 08:30

Juara 1 Lomba Foto Ekspresi

keluarga kokoh
23 November 2016 08:30

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:20

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:19

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:18

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali