07 Agu 2018 19:00

5 Hal Ini Wajib Diperhatikan Sebelum Bangun Rumah, Agar Tahan Gempa

keluarga kokoh

wikipedia.org

SHARE:

Oleh: Athira esa

Lombok kembali diguncang gempa berkekuatan 7.0 SR pada Minggu malam, 5 Agustus 2018. Menurut Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), hingga Selasa pagi tercatat korban meninggal 98 jiwa akibat tertimpa bangunan. Sebagai negara rawan gempa, jumlah korban meninggal setiap kali terjadi gempa di Indonesia masih tercatat cukup tinggi. Kondisi bangunan yang tak sesuai dengan standar untuk lokasi rawan gempa menjadi penyebabnya. Padahal jika menengok negara lain, seperti Jepang, mereka sudah dari lama mengembangkan teknologi bangunan agar tahan gempa. Dilansir dari beberapa sumber, berikut adalah poin penting yang perlu diperhatikan untuk membangun rumah tahan gempa.

1. Kualitas Tanah

pexels.com/@goumbik

Karakteristik tanah menjadi hal utama yang perlu Anda ketahui sebelum membangun rumah. Begitu juga sebelum membangun rumah tahan gempa. Pastikan karakteristik tanah bisa mendukung bangunan rumah tahan gempa Anda. Tanah dengan karakteristik padat dan cenderung keras, seperti terbentuk dari kerikil berpasir, pasir tanah liat, sangat cocok untuk mendukung rumah tahan gempa.

2. Fondasi Rumah

thespruce.com

Jika karakteristik tanah kurang ideal, Anda bisa mengakalinya dengan struktur fondasi khusus. Fondasi memiliki peranan untuk mentransmisikan bobot dan beban rumah ke tanah kemudian mendistribusikannya. Dilansir dari laman Reid Steel, pondasi bangunan di tanah rawan gempa seharusnya dibangun untuk bisa menahan beban ke samping.

3. Tinggi Bangunan

pixabay.com

Tinggi bangunan menjadi faktor yang menentukan berapa besar beban yang harus ditanggung oleh tanah dan fondasi. Asalkan perhitungan dilakukan dengan tepat, Anda tidak perlu khawatir rumah akan roboh. Dilansir dari homify.com, semakin sedikit tingkat bangunan maka sensasi pergerakan berkurang dan kerugian makin sedikit.

Baca Juga: Bak Surga Dunia, Ini 4 Spot Incaran Foto di Gili Lawa Sebelum Terbakar

4. Desain Rumah

pixabay.com

Poin penting lainnya untuk rumah tahan gempa adalah desain rumah simetri dan sederhana yaitu tanpa bentukan atau aksen berlebihan. Struktur bangunan simetri membantu menjaga keseimbangan secara konstan dan mendistribusikan beban secara merata di atas fondasi. Dilansir dari dekoruma.com, struktur tersebut mampu menahan gaya gempa lebih baik karena kurangnya efek torsi dan kekuatan yang lebih merata.

5. Kualitas Bahan Konstruksi

duaagung.co.id

Kekuatan bangunan juga ditentukan dari kualitas bahan konstruksi yang digunakan. Apalagi bahan yang digunakan untuk membuat dinding. Pastikan bahan menggunakan bahan berkualitas baik, bersertifikasi, dan elemen tepat untuk meminimalisir agar dinding tidak runtuh atau retak akibat gempa bumi.

Itulah poin penting yang perlu Anda perhatikan jika akan membangun sebuah rumah tahan gempa. Jika Anda memiliki poin penting lainnya terkait rumah tahan gempa, silakan menambahkannya di kolom komentar.

Baca Juga: 5 Ide Bisnis Kuliner Tanpa Membuka Kafe, Semua Mudah dan Murah


"Bagikan artikel ini dengan keluarga Anda"

Sosial Media

keluarga kokoh
23 November 2016 08:30

Juara 1 Lomba Foto Ekspresi

keluarga kokoh
23 November 2016 08:30

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:20

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:19

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:18

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali