05 Agu 2018 18:00

Cuaca Ekstrem Landa Indonesia, Waspadai 5 Hal Ini Agar Selalu Selamat

keluarga kokoh

tempo.co

SHARE:

Oleh: Redaksi

Terkait situasi cuaca terbaru di wilayah Indonesia, Badan Meteorologi dan Geofisika mengimbau masyarakat agar lebih siaga di tengah cuaca ekstrem. Selama tiga hari ke depan, intensitas hujan disertai angin kencang yang juga berdampak pada peningkatan tinggi gelombang serta dapat berpotensi menimbulkan puting beliung. Daerah seperti sebagian besar Sumatera, Jawa, dan Kalimantan juga mendapat curah hujan yang cukup tinggi. Berikut adalah 5 tempat yang harus Anda waspadai di tengah musim yang tidak menentu seperti saat ini:

1. Waspadai daerah yang rawan banjir dan longsor

manilatimes.net

Anda yang tinggal di wilayah yang berpotensi hujan lebat, terutama yang ada di daerah rawan banjir dan longsor harus lebih hati-hati. Curah air hujan yang tinggi membuat tanah yang berada di sekitarnya tidak mampu untuk menahan. Belum lagi faktor minimnya daerah resapan air. Bila memungkinkan, Anda bisa mengungsi terlebih dahulu selama beberapa hari. Sebisa mungkin hindari daerah yang rawan banjir dan longsor.

2. Jangan berlindung di bawah pohon jika hujan lebat disertai kilat

irishtimes.com

Petir ada bermacam jenisnya. Yang perlu diwaspadai salah satunya adalah petir Side Flash. Petir Side Flash adalah petir yang menyambar pepohonan terlebih dahulu kemudian berpindah ke orang di sekitar pohon tersebut. Bila angin hujan dan angin kencang apalagi disertai petir, jangan berteduh di bawah pohon, karena Anda sama saja mendekati bahaya. Bila Anda lolos dari rebahan pohon, belum tentu lolos dari kilatan petir atau sabetan ranting dan cabang patah.

Baca Juga: Bak Surga Dunia, Ini 4 Spot Incaran Foto di Gili Lawa Sebelum Terbakar

3. Bila hujan disertai angin, jauhi pohon atau baliho

independent.ie

Anda tak pernah bisa memprediksi kecepatan angin yang menerpa di tengah hujan disertai angin. Anda juga tak bisa mengukur berapa besar kekuatan pohon atau baliho di tengah hujan angin. Salah-salah Anda bisa tertimpa pohon atau baliho yang tak kuat digoyang angin. Jangan pula memarkirkan kendaraan tepat di bawah pohon atau baliho.

4. Hindari daerah laut

harianjogja.com

Saat ini pesisir selatan Pulau Jawa sedang mengalami gelombang tinggi. Apalagi, hujan deras biasanya diikuti dengan angin kencang yang membawa gelombang dari laut. Untuk sementara ini, cari alternatif lain untuk berwisata. Gelombang tinggi sudah merusak fasilitas umum yang ada di sepanjang garis pantai pesisir selatan Jawa. Para nelayan juga diharap lebih waspada hingga gelombang tinggi mereda.

5. Gunakan pakaian hangat saat berada di dataran tinggi

liputan6.com

Sejak beberapa minggu lalu, kawasan Dieng mengalami penurunan suhu yang lebih dari biasanya. Lahan pertanian bahkan sempat berselimut embun es di pagi hari. Karena itu, jika Anda berencana untuk mengunjungi kawasan dataran tinggi, siapkan pakaian hangat untuk dipakai nantinya.

Baca Juga: 6 Kamera Ini Cocok untuk Liburan, Pilih yang Paling Cocok untuk Anda


"Bagikan artikel ini dengan keluarga Anda"

Sosial Media

keluarga kokoh
23 November 2016 08:30

Juara 1 Lomba Foto Ekspresi

keluarga kokoh
23 November 2016 08:30

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:20

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:19

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:18

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali