03 Agu 2018 18:00

6 Kamera Ini Cocok untuk Liburan, Pilih yang Paling Cocok untuk Anda

keluarga kokoh

pexels.com

SHARE:

Oleh: Redaksi

Rasanya ada yang kurang lengkap kalau pergi liburan, tapi tak membagikan dokumentasi serunya liburan. Apalagi adanya sosial media membuat semua orang dengan mudah memamerkan liburan mereka. Nah, untuk mendapatkan dokumentasi yang layak dibagikan ke sosial media, tentu Anda membutuhkan kamera. Meski saat ini banyak kamera bermunculan, tapi tak semua jenis kamera cocok untuk Anda bawa saat liburan. Anda tentu harus menyesuaikan dengan kebutuhan, destinasi wisata mana yang dikunjungi atau apakah bisa digunakan tanpa ribet. Artikel berikut akan memberikan Anda referensi kelebihan dan kekurangan berbagai jenis kamera.

1. Kamera Smartphone

unsplash.com/@emrekaratas

Anda tidak perlu ribet dengan membawa dua gawai, telepon genggam dan kamera, saat liburan. Kini kamera smartphone banyak yang canggih, tak peduli Android ataupun iOS. Masalah lensa pun sudah tidak perlu diragukan, rata-rata saat ini kamera smartphone dibekali lensa dengan kapasitas 12-16 megapixel. Meski begitu dalam kondisi redup kamera smartphone kurang bisa diandalkan. Dalam hal zoom dan ketajaman warna pun dirasa kurang, tapi tak terlalu menjadi masalah, karena Anda bisa langsung mengedit foto dengan aplikasi yang ada. Kelebihan lainnya Anda bisa langsung mengunggah foto liburan ke sosial media.

2. Pocket Camera

techradar.com

Pocket Camera atau kamera saku ini adalah jenis kamera yang paling mudah dari segi penggunaan seperti pada kamera smartphone. Prinsipnya cukup point-and-shoot, arahkan pada objek kemudian ambil gambarnya. Dalam hal zoom dan ketajaman warna foto, kamera ini lebih baik dibanding kamera smartphone. Sayangnya kamera saku ini juga masih kurang bisa diandalkan saat cahaya redup, tapi lumayan untuk dibawa berlibur karena bentuknya yang kecil sehingga tidak terlalu memakan banyak ruang penyimpanan dalam tas. Bahkan Anda bisa mengantonginya, menarik bukan?

3. Action Camera

pexels.com/Gabriela Palai

Bagi Anda yang suka travelling ke alam bebas, action camera sangat cocok untuk Anda. Ruang gerak Anda pun tidak dibatasi karena ukuran kamera ini mungil. Kelebihannya adalah kamera ini sangat mumpuni di segala kondisi dan medan. Sudut pandang yang diambil pun unik, karena menghasilkan gambar first person view. Mau pergi ke hutan tropis, gunung, laut, hingga gurun pasir pun, Anda tidak perlu khawatir. Anda dengan mudah mengabadikan kegiatan yang Anda lakukan selama liburan. Foto yang dihasilkan pun memiliki ciri khas lebih lebar dan melengkung. Namun satu dari kekurangan kamera ini, tidak bisa di-zoom.

Baca Juga: Layak Difollow, 5 Desainer Interior Ini Sering Bagi Tips di Instagram

4. Instant Camera

unsplash.com/@the_alp_photography

Siapa yang tak kenal dengan Polaroid? Semacam kamera analog dengan hasil foto langsung yang tercetak usai menjepret. Polaroid sebenarnya adalah salah satu dari sekian banyak merek kamera instan yang hits pada dekade 80-an. Kamera instan saat ini cukup digemari karena Anda bisa langsung melihat cetakan hasil foto-foto liburan. Anda juga bisa berkreasi membuat kolase foto-foto liburan ala scrapbook. Sayangnya, aktivitas jepret foto Anda dibatasi jumlah film. Jadi, Anda harus perlu menghitung kesediaan film. Namun saat ini ada beberapa jenis kamera instan hybrid, jadi Anda bisa memilih untuk cetak langsung atau menyimpannya di kartu memori.

5. DSLR Camera

pexels.com/jeshoots

DSLR singkatan dari Digital Single-Lens Reflect. Kamera ini adalah jenis yang direkomendasikan untuk Anda yang sudah memiliki keterampilan fotografi. Kamera ini memiliki bermacam pengaturan dan beragam pilihan lensa sehingga memungkinkan Anda untuk memaksimalkan hasil foto. Jika hanya untuk foto momen liburan, Anda bisa menggunakan lensa standar. Tapi jika ingin foto pemandangan atau objek jauh, Anda bisa menggunakan lensa tele. Kekurangannya adalah bentuknya yang besar dan cukup berat dibanding kamera lainnya, sehingga Anda harus bersiap-siap dengan ruang gerak yang terbatas.

6. Kamera Mirrorless

unspalash.com/@element5digital

Meski bentuknya jauh lebih kecil dari DSLR, tapi kemampuannya setara. Bisa dibilang kamera ini adalah penyempurnaan dari model DSLR. Bagi Anda yang tidak ingin ribet membawa DSLR dengan ukuran besar dan cukup berat, mirrorless bisa jadi alternatif. Hanya saja kamera ini cukup mahal dibandingkan dengan DSLR. Namun ini adalah pilihan terbaik untuk berburu foto-foto bagus meski Anda awam fotografi, karena pada seri pemula pengoperasiannya cukup mudah. Selain itu bagi Anda yang hobi selfie, mirrorless tergolong kamera yang mudah digunakan untuk selfie atau nge-vlog.

Kesimpulannya adalah, pertimbangkan kembali kebutuhan Anda untuk menentukan kamera mana yang cocok untuk liburan Anda. Semua jenis kamera yang dijelaskan di atas memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri. Pilih yang paling sesuai dan tak mengganggu kenyamanan Anda selama liburan. Karena pada intinya, liburan bertujuan untuk menikmati suasana baru yang menyegarkan. Selamat memilih!

Baca Juga: 4 Cara Khas Generasi Millennials Mengasuh Anak, Anda yang Mana?


"Bagikan artikel ini dengan keluarga Anda"

Sosial Media

keluarga kokoh
23 November 2016 08:30

Juara 1 Lomba Foto Ekspresi

keluarga kokoh
23 November 2016 08:30

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:20

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:19

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:18

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali