02 Agu 2018 18:00

4 Cara Khas Generasi Millennials Mengasuh Anak, Anda yang Mana?

keluarga kokoh

pinterest.se

SHARE:

Oleh: Athira Esa

Generasi millennials adalah mereka yang lahir antara tahun 1980 hingga 1997 saat TV berwarna, telepon genggam, internet mulai diperkenalkan. Tumbuh seiring perkembangan teknologi, dua dekade kemudian mereka menghadapi realita anak-anak mereka terpapar internet sejak dini. Seperti yang diketahui internet telah membuat dunia lebih terbuka dan bebas. Itulah mengapa cara mengasuh orang tua millennials harus berbeda dari generasi sebelumnya.

1. Berpikir Terbuka untuk Memahami Anak

instagram.com/ayudiac

Tak seperti generasi sebelumnya yang cenderung kolot, orang tua millennials memilih untuk lebih berpikiran terbuka (open-minded). Mereka memahami betul tidak ada cara ‘benar’ untuk membesarkan anak, karena itu terbuka pada ragam pendapat adalah hal yang tepat. Hal itu dilakukan untuk mencari pendekatan paling ideal dalam mengasuh anak. Dilansir dari independent.co.uk, penelitian yang dilakukan Joanna Martin, menyimpulkan bahwa ibu yang menunjukkan keterbukaan mendorong anak menjadi lebih kreatif.

2. Mengarahkan Selalu Lebih Baik

instagram.com/ringgoagus

Generasi millennials tidak ingin terlalu terlibat dalam kehidupan anak-anak mereka. Tapi bukan berarti membiarkan begitu saja. Mereka lebih memilih membantu anak-anak untuk mengumpulkan pemahaman mengenai identitas diri mereka. Seringkali orang tua millennials mengajak anak untuk berdiskusi dan mengajukan pertanyaan terlebih dahulu sebelum mereka memutuskan. Mengarahkan selalu dirasa jalan yang tepat, agar anak tidak memberontak.

Baca Juga: Salut, 5 Artis Single Parent Ini Selalu Libur Bareng Anak Walau Sibuk

3. Menciptakan Lingkungan yang Rileks

bintang.com (Bintang Picture)

Banyak generasi baby boomers dan generasi X menilai orang tua millennials terlalu longgar dalam hal mengasuh anak. Jika mengesampingkan kritik negatif, maksud para millennials ini adalah mencoba untuk melakukan pendekatan yang santai dan responsif. Mereka memandang waktu bermain anak sama pentingnya dengan kegiatan lain seperti belajar. Banyak dari mereka menyediakan anak-anak ruang untuk menentukan sendiri waktu belajar dan bermain.

4. Kolaborasi dengan Anak

instagram.com/ringgoagus

Dibandingkan hubungan yang sifatnya satu arah, orang tua millennials cenderung membangun hubungan kolaboratif dengan anak mereka. Mereka berusaha untuk menjadi pendengar yang baik, memberikan solusi dengan bijaksana. Pada akhirnya para orang tua millennials kini menjelma menjadi sahabat yang menyenangkan bagi anak. Banyak dijumpai orang tua dan anak terlihat kompak bak sahabat karib saat berjalan di mall atau kompak foto selfie di media sosial.

Tiap generasi tentu memiliki cara mengasuh anak yang berbeda. Orang tua millennials mungkin terlihat lebih fleksibel dan penuh dengan kompromi dibandingkan generasi sebelumnya. Tapi tidak berarti cara satu generasi lebih baik daripada generasi lain. Pola mengasuh anak yang terbaik adalah tergantung pada Anda sendiri. Anda paling tahu mana cocok untuk anak.

Baca Juga: Layak Difollow, 5 Desainer Interior Ini Sering Bagi Tips di Instagram


"Bagikan artikel ini dengan keluarga Anda"

Sosial Media

keluarga kokoh
23 November 2016 08:30

Juara 1 Lomba Foto Ekspresi

keluarga kokoh
23 November 2016 08:30

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:20

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:19

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:18

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali