31 Jul 2018 18:00

5 Ide Bisnis Kuliner Tanpa Membuka Kafe, Semua Mudah dan Murah

keluarga kokoh

pexels.com

SHARE:

Oleh: Athira Esa

Bisnis kuliner memang tak pernah surut, justru saat ini semakin berkembang. Bisa dikatakan jika bisnis kuliner paling banyak digeluti oleh siapa saja, tak terkecuali anak-anak muda. Kini banyak bermunculan kuliner dengan beragam varian, mulai cita rasa lokal hingga internasional, tak jarang cita rasa keduanya dikawinkan. Jika Anda berkeinginan untuk mulai bisnis kuliner, sebenarnya tidak butuh modal banyak. Anda bisa segera memulainya di rumah, daripada langsung membuka kafe atau restoran. Hanya dengan modal yang relatif sedikit, Anda bisa mendapatkan keuntungan hingga lebih dari 100%. Berikut adalah rangkuman ide bisnis rumahan yang bisa segera Anda lakukan.

1. Suka Berkebun? Yuk Jual Sayuran Segar

pexels.com/Jatuphon Buraphon

Belakangan gaya hidup sehat mulai jadi tren. Bahan pangan dengan label organik pun banyak digemari. Jika Anda punya keterampilan berkebun, kenapa tidak mencoba untuk berjualan sayur segar organik. Tidak membutuhkan lahan yang luas juga, kini Anda bisa mencoba untuk budidaya hidroponik. Jika Anda merasa bisnis sudah mulai berkembang, cobalah untuk berpikir menjadi supplier bahan makanan ke restoran maupun hotel. Menarik bukan? Hobi Anda ternyata bisa menghasilkan uang.

2. Bisnis Katering, Anda Bisa Sesuaikan Margin Keuntungan

pexels.com/freestocks.org

Anda termasuk yang orang yang pintar masak, khususnya masak makanan indonesia? Coba saja untuk membuka bisnis katering. Keuntungan katering adalah harga tetap untuk setiap porsinya, meski varian makanan berbeda setiap harinya. Jadi, Anda mudah untuk menyesuaikan besar-kecilnya margin keuntungan. Keuntungan lain, bila rumah Anda dekat dengan sekolah, kampus, atau area perkantoran di kota besar. Kesibukan para mahasiswa dan pegawai kantoran ini membuat mereka tidak sempat masak, sehingga tak jarang dari mereka yang lebih memilih menu katering untuk sarapan maupun makan siang.

3. Bisnis Roti berdasarkan Pesanan

pexels.com/pixabay

Meski pintar memasak, tapi tidak semua orang yang dapat membuat roti dengan cita rasa enak. Jika Anda memiliki keterampilan tersebut, Anda bisa mulai untuk menggeluti bisnis kuliner roti. Tidak perlu membuka toko roti, Anda bisa membuatnya di rumah berdasarkan pesanan sehingga tidak ada roti yang terbuang. Beberapa jenis roti seperti roti kering atau kue tart pun banyak terjual pada momen tertentu seperti hari ulang tahun hingga hari raya keagamaan.

Baca Juga: Tak Ikuti Jejak Orang Tua, 4 Anak Artis Ini Berprestasi Lewat Olahraga

4. Selai Buah Homemade

pexels.com/pixabay

Beberapa selain cukup mudah untuk dibuat. Anda juga tidak perlu modal banyak, cukup membeli buah dan beberapa bahan pendukung yang relatif terjangkau. Kemudian Anda hanya perlu menjualnya ke kerabat atau secara online. Pastikan rasanya enak dan kemasannya menarik agar selai Anda menjadi favorit semua orang. Bila Anda cukup percaya diri, Anda bisa menawarkan selai homemade Anda ke kafe maupun restoran.

5. Jualan Minuman Tidak Perlu Buka Kafe, di Rumah Bisa Kok

unsplash.com/@officialdavery

Ingin berjualan minuman seperti kopi, susu, jus, atau smoothies? Anda tidak perlu membuka kafe. Percayalah Anda bisa menjalankan bisnis tersebut di rumah, dan memasarkannya secara online. Apalagi dengan maraknya jasa pengantar makanan online. Cukup memasang menu Anda di halaman mereka, kemudian tinggal menunggu pesanan. Anda bisa bersantai di rumah sambil berjualan.

Berbisnis nyatanya tidak butuh modal besar, hanya tekad yang kuat untuk segera memulai. Jangan jadikan modal sebagai alasan Anda untuk tidak segera memulai bisnis. Seperti kelima ide diatas, Anda bisa segera mulai menjalankannya besok.

Baca Juga: 5 Potret Perjuangan Denada Dampingi Pengobatan Putrinya, Bikin Baper


"Bagikan artikel ini dengan keluarga Anda"

Sosial Media

keluarga kokoh
23 November 2016 08:30

Juara 1 Lomba Foto Ekspresi

keluarga kokoh
23 November 2016 08:30

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:20

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:19

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:18

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali