22 Jun 2018 18:00

Tak Perlu Marah, Kenali 4 Sebab Anak Sulit Konsentrasi di Sekolah

keluarga kokoh

pexels.com

SHARE:

Oleh: Wahyu Utama

Banyak orang tua di Indonesia memarahi anak mereka kerena sulit berkonestrasi dan akhirnya  mendapatkan nilai jelek di sekolah. Padahal langkah tersebut bukanlah cara yang tepat untuk mengatasi masalah yang sedang dihadapi anak Anda. Dilansir dari oxfordlearning.com, berikut adalah 4 alasan yang membuat anak sulit berkonsentrasi:

1. Tidak Paham dengan Materi


sciencedaily.com

Anak yang kurang memahami materi yang sedang diajarkan di sekolah akan perlahan-lahan berhenti memperhatikan pelajaran. Kondisinya beragam, mulai dari mengantuk, mencorat-coret buku, hingga mengganggu temannya.

2. Gangguan Eksternal


cnn.com

Gangguan eksternal bisa meliputi teman sekelas yang sering ribut atau ruang belajar yang kotor dan tidak memadai. Pada beberapa kasus, terkadang guru juga menjadi penyebab utama, karena kurangnya kemampuan dan variasi dalam menerangkan pelajaran.

3. Kurang Termotivasi


slate.com

Kurangnya motivasi membuat anak Anda tidak tertarik untuk mengikuti pelajaran yang ada di depan kelas. Masalah motivasi ini termasuk susah-susah gampang dalam mengatasinya. Tapi bisa dimulai dengan peran Anda sebagai orang tua untuk membantu anak menemukan hal atau kegiatan apa yang disukai anak. Setelah menemukan hal tersebut, motivasi anak Anda dan terus dukung hal yang disukainya

Baca Juga: 5 Artis Cantik Ini Menikah dengan Konglomerat, Beruntung Banget!

4. Kurang Nutrisi dan Istirahat


bbc.com

Jangan biarkan anak Anda mengalami kekurangan waktu tidur atau sering melewatkan sarapan pagi saat akan berangkat ke sekolah. Hal akan sangat mengganggu konsentrasinya selama belajar di dalam kelas. Anak-anak membutuhkan waktu tidur setidaknya 8 jam dalam sehari.

Baca Juga: Jangan Diabaikan, Ini Bahaya Tayangan Kekerasan pada Anak


"Bagikan artikel ini dengan keluarga Anda"

Sosial Media

keluarga kokoh
23 November 2016 08:30

Juara 1 Lomba Foto Ekspresi

keluarga kokoh
23 November 2016 08:30

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:20

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:19

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:18

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali