04 Jun 2018 16:00

Asyiknya Mendidik Buah Hati Dengan 10 #KreasiSemenPutih Ini

keluarga kokoh

parentingclub.co.id

SHARE:

Oleh: Diyah Septianingrum

Berbagai sarana yang tersedia di sekitar kita bisa dimanfaatkan untuk mendidik anak lho!. Bahkan, sebagai orangtua kita dituntut untuk kreatif dalam menggunakan sarana dan metode dalam mendidik mereka. Semakin kita bisa mencari sesuatu yang unik dan menarik maka kesempatan untuk menanamkan pembelajaran pada anak akan semakin besar. Yuk, lihat kreasi semen putih apa saja yang bisa ayah dan bunda buat untuk buah hati tercinta!. 

 

1. Ajarkan kemandirian dan rasa tanggung jawab kepada anak dengan kotak mainan ini

pinterest.com

Sikap mandiri penting sekali diajarkan kepada anak sejak dini. Ayah dan bunda bisa memulainya dengan membiasakan anak untuk membereskan mainannya setelah selesai bermain kedalam kotak penyimpanan ini. Lapisi kotak bekas menggunakan Super White Cement, lalu pasang roda pada bagian bawah kotak. Setelah itu pasang penutup yang telah dilapisi dengan kain warna-warni. Selain memudahkan dalam hal membereskan mainan, kotak penyimpanan ini juga dapat digunakan sebagai tempat duduk lho!.

 

2. Disiplin waktu dengan jam semen unik

pinterest.com

Melalui jam ini anak akan belajar cara mengatur waktu serta disiplin dalam mengikuti kegiatan yang sudah dijadwalkan sebelumnya. Seperti tidur dan mandi tepat waktu, tidak bermain gadget seharian, serta tidak menonton TV sebelum waktunya. Anda bisa membuat jam ini dengan terlebih dahulu membentuk lempengan segi enam berukuran 20 cm dari semen putih, setelah kering gambarlah segitiga sebanyak 12 bagian, bor bagian tengahnya dan pasang jarum jam beserta baterai.

Hal penting lainnya, orangtua perlu memberitahukan dan menuliskan keterangan warna dan jenis kegiatan yang harus dilakukan kepada anak pada selembar kertas yang telah ditempel pada jam. Misalnya warna biru untuk makan malam, merah muda untuk waktu mengerjakan tugas sekolah, dan seterusnya. Tentunya, ini akan sangat membantu!.

 

3. Melatih ketenangan dan konsentrasi anak dengan gawang bola ini

pinterest.com

Di antara permainan yang bermanfaat bagi anak adalah sepak bola. Selain mengajarkan arti tolong menolong dan bekerja sama, sepak bola juga dapat mengembangkan fungsi motorik pada anak. Untuk mengajarkan ketenangan dan konsentrasi saat melakukan sesuatu yang penting anak bisa diberikan peran sebagai penjaga gawang.

Siapkan 8 buah pipa PVC dengan tinggi yang diinginkan, rekatkan pipa menjadi satu menggunakan sambungan pipa, sebelumnya anda bisa mengisi 3 buah pipa untuk bagian bawah gawang dengan semen sebagai pemberat, terakhir pasang jaring pada salah satu pipa ke pipa lainnya. That's it! So simple!.

 

4. Having fun dengan wall climbing

pinterest.com

Selain untuk sekedar having fun, pembuatan wall climbing ini juga dapat melatih gerak motorik pada anak. Untuk membuatnya pertama-tama amplas papan kayu dengan ketebalan 15 milimeter, kemudian rekatkan ke dinding dengan cara dibor menggunakan sekrup tembok, setelah itu pasang point pada sisi kayu, terakhir jangan lupa untuk meletakkan matras dan melapisi sisi kayu dengan Semen Gresik agar wall climbing menjadi Kokoh Tak Tertandingi dan aman untuk anak.

 

5. Mengembangkan kreatifitas dan imajinasi anak dengan white stone

pinterest.com

Anak-anak tentunya akan sangat tertarik ketika diajak bermain menggunakan warna-warni cat yang cerah. Anda bisa mengajak mereka untuk melukis menggunakan media batu yang telah dilapisi dengan Super White Cement. Melukis sayur-sayuran dan memperkenalkannya dalam bahasa inggris merupakan ide yang tepat agar anak menjadi kreatif dan kaya akan kosakata.

 

6. Membiasakan dan mendorong anak untuk menjaga kebersihan dengan tempat sabun dari semen ini

pinterest.com

Dengan membiasakannya mencuci tangan sebelum dan sesudah makan, anak akan terbiasa untuk menjaga kebersihan. Untuk membuat tempat sabun ini anda cukup mencetak adonan semen menjadi bentuk oval pipih lalu jemur di bawah sinar matahari.

 

7. Melatih ketangkasan dan daya pikir anak dengan rainbow hopscotch

pinterest.com

Memperkenalkan angka kepada anak tentunya akan menjadi lebih mudah dan menyenangkan dengan rainbow hopscoth ini. Orangtua bisa membuatnya dengan melapisi kayu menggunakan semen putih sebagai layer, kemudian memberikan sentuhan akhir berupa warna-warna cerah dan menuliskan angka yang diinginkan. Setelah kering, rainbow hopscoth bisa disusun di halaman rumah dan siap untuk dimainkan!

Untuk memperkenalkan angka kepada anak, anda bisa menyebutkan sebuah angka yang terdapat pada rainbow hopscoth, kemudian ajak anak untuk melompati rainbow hopscoth dan berhenti tepat pada angka yang telah disebutkan. Permainan ini juga dapat dilakukan dengan mengoperasikan dua buah angka, dan berhenti pada angka yang merupakan hasil dari operasi matematika tersebut. Misalnya anda menyebutkan operasi pertambahan: "2+3", maka anak harus berhenti melompat pada rainbow hopscoth bertuliskan angka 5. 

 

8. Arena bermain di halaman rumah

pinterest.com

Jika anda memiliki halaman belakang rumah yang cukup luas, tidak ada salahnya untuk membuat arena bermain ini. Cukup dengan membuat jalanan menggunakan semen putih, sekarang anda dapat dengan mudah mengawasi si kecil ketika bermain.

 

9. Arena bermain minimalis di halaman rumah

pinterest.com

Walau halaman belakang rumah tidak luas, anda tetap bisa membuat arena bermain untuk anak lho. Gali sedikit tanah hingga membentuk jalanan, kemudian tuangkan adonan semen kedalamnya, setelah kering berikan sentuhan akhir berupa garis-garis putih untuk jalan raya dan letakkan mainan yang diinginkan. Mudah sekalikan.

 

10. Ajarkan pada anak sejak dini rasa sosial, bersimpati dan empati dengan pajangan kaktus ini

pinterest.com

Anda bisa mengajarkan rasa sosial, simpati dan empati pada anak menggunakan sesuatu yang sederhana, contohnya adalah pajangan kaktus ini. Untuk membuatnya ajak anak anda ikut serta dalam menghias batu yang telah dilapisi dengan semen putih menggunakan cat. Setelah dijemur hingga kering, batu tersebut bisa diletakkan pada pot kecil dan voila pajangan kaktus unik ini dapat dijadikan hadiah untuk saudara! Ajaklah anak bersilaturahmi ke rumah saudara dengan membawa pajangan tersebut sebagai hadiah dan mintalah anak anda untuk memberikannya. Cara tersebut memiliki pengaruh yang luar biasa lho! Usahakan mereka mengerti dan paham, bahwa hidup adalah tentang berbagi.

Bagaimana, mudah bukan? Selamat mempraktikkan.


"Bagikan artikel ini dan menangkan hadiahnya"

Sosial Media

keluarga kokoh
23 November 2016 08:30

Juara 1 Lomba Foto Ekspresi

keluarga kokoh
23 November 2016 08:30

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:20

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:19

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:18

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali