03 Jun 2018 19:00

Bijak Nikmati Flash Sale, Ketahui 5 Faktanya Ini Dulu

keluarga kokoh

pexels.com

SHARE:

Oleh: Redaksi

Beberapa hari lalu, masyarakat penggemar belanja online dihebohkan dengan adanya program flash sale di beberapa e-commerce ternama. Jangka waktunya beragam, ada yang hanya hitungan jam, hari, dan bahkan sebulan penuh selama Ramadan. Siapa yang tidak terbuai untuk mendapatkan barang dengan harga sangat murah?

Meskipun demikian, karena Lebaran sudah dekat, ada baiknya Anda bijak dalam melakukan pengeluaran. Pastikan Anda benar-benar membeli barang yang Anda butuhkan. Agar lebih bijak dalam menikmati flash sale, maka Anda perlu mengetahui fakta-fakta berikut ini:

1. Perasaan gembira dipicu oleh hormon

pexels.com

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Dr. Paul J. Zak, profesor Neuroeconomics di Claremont Graduate University menyebutkan bahwa penerima kupon mengalami kenaikan hormon oxytocin sebesar 38%, dan 11% lebih bahagia dibandingkan orang-orang yang tidak menerima kupon. Lebih lanjut, perasaan gembira ini juga mendorong orang-orang melakukan pembelian dengan kupon tersebut, atau selama periode diskon. Sudah tahu kan, kenapa Anda begitu gembira saat mendapat penawaran diskon?

2. Diskon membuat konsumen lebih berani membeli barang

pexels.com

Pernah membeli barang yang sebenarnya Anda kurang familiar dengan merek dan kualitasnya, tapi harganya sangat murah karena kupon atau diskon? Tentu banyak orang pernah mengalami hal ini. Faktanya, berdasar statistik dari VoucherCloud, 57% orang termotivasi membeli produk baru jika diberi kupon atau diskon. Kondisi seperti ini yang memang diharapkan oleh penyelanggara flash sale.

3. Selalu ada pengumuman atau promosi menjelang flash sale

Jika Anda berminat untuk mengikuti flash sale, maka perhatikan setiap materi promosi yang disosialisasikan oleh pihak penyelenggara. Biasanya dalam materi promosi tersebut ada detail mengenai jangka waktu, produk yang ditawarkan, hingga syarat dan ketentuan yang berlaku. Dengan mengetahui detail dalam materi promosi, maka Anda lebih siap dalam mengikuti flash sale, lho.

Baca Juga: Perhatikan, Ternyata Ini Jumlah Kalori 5 Makanan Favorit Saat Berbuka

4. Menciptakan kondisi penawaran yang seolah-olah terbatas

pexels.com

Mekanisme flash sale dibuat untuk mengakomodasi transaksi dalam jangka waktu tertentu. Hal ini memberi kesan penawaran yang seolah-olah terbatas, dan lebih murah. Dengan demikian, secara psikologis, konsumen akan merasakan desakan untuk membeli.

5. Barang yang dijual dalam flash sale kebanyakan adalah barang yang kurang laku

pixabay.com

Ini yang harus benar-benar Anda perhatikan. Kebanyakan barang yang ditawarkan selama flash sale adalah barang yang kurang laku, meskipun ada juga barang berkualitas yang memang dijual pada saat yang sama. Karena itu, pastikan pembelian Anda adalah memang benar-benar barang yang Anda butuhkan.

Setelah mengetahui 5 fakta di atas, semoga Anda semakinn bijak dalam membelanjakan uang saat flash sale ya. Ingat, utamakan kebutuhan daripada sekedar keinginan.

Baca Juga: 5 Kegiatan Artis di Bulan Ramadhan, Bagaimana Menurut Anda?


"Bagikan artikel ini dengan keluarga Anda"

Sosial Media

keluarga kokoh
23 November 2016 08:30

Juara 1 Lomba Foto Ekspresi

keluarga kokoh
23 November 2016 08:30

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:20

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:19

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:18

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali