15 Mei 2018 13:30

3 Alternatif Mewujudkan Taman Minimalis yang Nyaman Bersama #KreasiSemenPutih

keluarga kokoh

youtube.com/Interior Deluxe

SHARE:

Oleh: RIVANDI BAYU PRATAMA

Dalam pengertian umum, rumah adalah salah satu bangunan yang dijadikan tempat tinggal selama jangka waktu tertentu. Pastinya dalam menjalani kehidupannya setiap orang tentunya menginginkan tempat tinggal yang nyaman. Salah satu faktor yang mempengaruhi nyaman tidaknya suatu hunian adalah dengan adanya taman.Taman memegang peranan yang sangat penting untuk kenyamanan sebuah rumah. Rumah tanpa ada taman akan membuat rumah terlihat gersang, pengap, dan panas.

Dengan adanya taman akan semakin mempercantik eksterior rumah serta menambah keasrian dan kenyamanan. Bagaimana dengan rumah yang tidak terlalu luas? Masih adakah lahan untuk mengembangkan taman? Pertanyaan seperti itu seringkali diajukan mereka yang mempunyai lahan terbatas. Lantas apakah dengan lahan yang terbatas, seseorang tetap bisa membangun sebuah taman impian yang membuat nyaman penghuninya? Tidak perlu khawatir, Super White Cement dari Semen Gresik yang memiliki kualitas semen yang Kokoh Tak Tertandingi ini akan membantu mewujudkan taman minimalis yang nyaman bagi para penghuninya. Berikut penulis memberikan 3 alternatif untuk mewujudkan taman minimalis yang nyaman bersama #KreasiSemenPutih, apa saja itu? Check it out.

 

1. Memaksimalkan Fungsi Dinding Dengan Pot Dinding

oopenspace.com

Bila tidak ada lahan lebih di halaman, jangan khawatir. Dinding rumah bisa dimanfaatkan sebagai taman vertikal. Hal ini juga menjadi salah satu solusi memperindah tampilan dinding rumah yang kosong atau membuat taman yang indah di area pekarangan yang sempit. Untuk membuatnya cukup mudah, Anda hanya perlu menyusun pot secara bertingkat sesuai kreasi. Tanaman yang dapat dipilih pun sangat beragam. Mulai dari tanaman hias hingga tanaman sayur, tergantung selera Anda. Material yang digunakan untuk membuat pot dinding ini adalah Super White Cement dari Semen Gresik.

Pembuatan pot dinding ini tergantung dari desain dan jenis tanaman yang akan ditanam. Namun, pada prinsipnya diperlukan sistem pendukung yang meliputi pembatas untuk melindungi tembok dari tanaman, tempat untuk mengalirkan air, dan media tanam. Selain itu, dinding tanaman hidup juga perlu perawatan seperti pemangkasan sehingga dinding tanaman hidup atau taman vertikal akan tertata rapi dan indah.

 

pinterest.com

Supaya tanaman dinding tetap terjaga, diperlukan pemeliharaan yang mencakup proses yang sangat sederhana dan mudah dilakukan. Caranya, rutin melakukan penyiraman, sekali sehari atau dua kali sehari, yaitu pagi dan sore hari, tergantung kondisi cuaca lingkungan. Dengan memelihara tanaman di pekarangan rumah, kondisi pekarangan rumah Anda akan semakin menarik dipandang mata. Hal yang tak kalah penting adalah pastikan lokasi taman dinding memperoleh cahaya yang cukup. Hal ini karena cahaya merupakan salah satu faktor penting untuk melakukan fotosintesis sehingga tanaman dapat tumbuh sehat. Sebelum membuat dinding tanaman hidup, kita harus memikirkan aspek cahaya ini.

Nah, untuk membuat pot dinding minimalis ini sebenarnya mudah, Anda bisa membuatnya sendiri. Berikut material yang dibutuhkan untuk membuat pot dinding minimalis :

Material Pot

- Super White Cement

- Pasir

- Air

- Cat (Sesuai selera jika diperlukan)

 

Media Tanam

- Tanah

- Bibit Tanaman yang akan ditanam

 

Pot dinding dengan menggunakan material Super White Cement ini juga bisa diletakkan di dalam rumah (Indoor). Akan tetapi media yang bisa digunakan disini tidak menggunakan tanah dan tanaman asli. Sebagai penggantinya bisa menggunakan bunga sintetis untuk menambah keindahan di dalam rumah. Selain digunakan untuk pot dinding, Anda juga bisa memanfaatkan sebagai rak untuk menyimpan buku atau pernak-pernik diatasnya.

 

2. Membangun Lampu Taman Minimalis Yang Kokoh

youtube.com/Interior Deluxe

Saat ini sebuah taman yang cantik dan indah tidak hanya mengandalkan tanaman-tanaman dan penggunaan elemen alam lainnya. Untuk membuat taman terlihat indah di malam hari, tentu Anda akan membutuhkan pencahayaan tambahan berupa lampu taman. Dalam kaitannya dengan hal ini, faktor penting yang perlu diperhatikan adalah jenis lampu dan tata letak dari lampu tersebut. Untuk jenis lampu yang populer dan sering digunakan sebagian orang adalah jenis lampu LED dan lampu minimalis yang menggunakan tenaga matahari. Kedua jenis lampu ini sangat sesuai dengan konsep desain minimalis itu sendiri. Selain jenis lampu, pemilihan tata letak dari lampu juga perlu diperhatikan. Tidak semua tempat perlu diberi penerangan. Maka perlu pertimbangan yang baik agar bisa menjaga keindahan taman serta memberikan penerangan yang pas pada area taman yang diinginkan. Pentingnya penataan lampu yang baik akan membantu menjaga taman di rumah tetap terlihat sempurna walaupun dilihat pada malam hari.

 

thehorticult.com

Super White Cement disini berfungsi sebagai pondasi dasar bagi lampu supaya kuat dan tidak mudah roboh. Menggunakan Super White Cement merupakan langkah strategis untuk menjaga lampu supaya tetap awet dalam jangka waktu yang lama. Karena lampu ini letaknya diluar rumah, maka banyak faktor yang akan mempengaruhi ketahanan dari lampu taman tersebut. Salah satunya adalah faktor cuaca yang tidak menentu, angin, sinar matahari, dan faktor-faktor lainnya. Selain kuat dan tahan lama, menggunakan Super White Cement juga menambah nilai estetika dari lampu taman minimalis tersebut dikarenakan tekstur yang dihasilkan semen ini cocok digunakan untuk kebutuhan desain eksterior dari sebuah hunian.

Nah, untuk membuat lampu taman minimalis ini sebenarnya mudah, Anda bisa membuatnya sendiri. Berikut material yang dibutuhkan untuk membuat lampu taman:

Lampu

- Lampu LED/Lampu Tenaga Matahari

- Wadah untuk lampu

- Kabel

 

Pondasi

- Super White Cement

- Pasir

- Air

 

3. Bangku Taman Minimalis Menggunakan Super White Cement

allaccessconstruction.net

Fungsi bangku di taman rumah bisa menjadi arena berkumpul keluarga untuk duduk bersantai menikmati keasrian taman. Fungsi utamanya sebagai alas duduk tak bisa di abaikan begitu saja. Sehingga dari dahulu sampai sekarang bangku taman tetap dibutuhkan. Penempatan yang cocok di tengah-tengah taman atau area komunal yang terbuka dalam hunian akan menambah harmonisasi yang sangat asri bagi penghuninya.

 


pinterest.com

Salah satu jenis bangku taman yang sedang trend dan banyak digunakan oleh sebagian orang adalah bangku taman dengan material semen. Kenapa hal ini bisa terjadi? Bangku taman semen memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan jenis lainnya, oleh karena itu penulis menyarankan untuk menggunakan Super White Cement dalam membangun bangku taman yang nyaman. Berikut kelebihan menggunakan bangku taman berbahan dasar semen.

a. Kuat

Selama campuran dan komposisi dalam membuat bangku taman sesuai dengan porsinya maka tidak ada sesuatu yang perlu dikhawatirkan. Bangku berbahan semen sangat kuat, sehingga tidak perlu khawatir tidak mampu menahan beban orang yang duduk di atasnya.

b. Model yang Tak Terbatas

Kita bisa berkreasi membuat model bangku taman semen sesuai kebutuhan, baik dari bentuk, ukuran dan jumlahnya. Mulai dari model yang simple sampai dengan model unik yang mengedepankan seni.

c. Tahan Lama

Mengingat bangku taman terpapar langsung dengan cuaca, panas dan hujan, maka ketahanan bahan harus dipertimbangkan. Material semen jauh lebih tahan terhadap cuaca dibanding materi kayu atau logam, sehingga bisa dijadikan pilihan agar bangku taman awet.

d. Warna yang Natural

Warna dari semen natural, sangat cocok untuk menghiasi taman rumah, karena memiliki nilai seni dan unik. Tanpa dilakukan pewarnaan sudah memancarkan keindahan, namun bila Anda ingin memberikan kesan berbeda bisa dilakukan finishing dengan pengecatan.

e. Murah

Dibandingkan dengan material lainnya, bangku taman dari semen relatif lebih murah. Selain itu bangku semen ini tidak memerlukan perawatan khusus sehingga menghemat biaya, khususnya untuk finishing alami.

 

 


"Bagikan artikel ini dan menangkan hadiahnya"

Sosial Media

keluarga kokoh
23 November 2016 08:30

Juara 1 Lomba Foto Ekspresi

keluarga kokoh
23 November 2016 08:30

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:20

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:19

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:18

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali