21 Apr 2018 17:00

4 Langkah Menciptakan Rumah Sehat, Jadi Makin Terasa Nyaman Deh

keluarga kokoh

https://homepolish.com

SHARE:

Oleh: Tya Achni

Membangun rumah tinggal yang serasi dengan lingkungan mendukung konsep pembangunan berkelanjutan yang berciri: hemat energi, peduli lingkungan dengan meminimalkan dampak buruk, dan mengelola alam untuk generasi mendatang. Bagaimana cara merealisasikannya?

1. Biarkan udara dan sinar matahari masuk

https://inhabitat.com

Ruangan dengan ventilasi dapat menciptakan udara yang sehat. Begitu pun dengan sinar matahari. Dengan adanya sinar matahari, ruangan dapat terhindar dari kesan pengap dan hawa panas dari lampu. Membiarkan sinar matahari masuk juga dapat mengurangi pemakaian listrik di siang hari. Karena itu, desain jendela atau ventilasi udara yang bagus di rumah. Bila jendela tidak memungkinkan, Anda masih bisa mengakali dengan adanya lubang udara atau skylight.

2. Menanam tumbuhan

https://www.pellabranch.com

Tumbuhan baik untuk kesehatan rumah karena tumbuhan dapat membersihkan udara, menyerap polusi, mengurangi kebisingan, dan membawa suasana alam ke dalam rumah. Tumbuhan dapat ditanam di area luar ataupun di dalam rumah. Pilih pula tumbuhan, seperti Sansevieria, Aglaonema, Dracaena, Nephrolepis, palem, dan Spathyphyllum, karena tumbuhan tersebut memiliki kemampuan untuk menyerap polutan dalam jumlah tinggi.

Baca Juga: Demi Masa Depan, Hindari 3 Kesalahan Ini Saat Mengelola Uang

3. Hindari merokok di rumah

https://www.belfasttelegraph.co.uk

Merokok bukanlah kegiatan yang sehat, begitu pun jika asapnya memenuhi ruangan. Ruang akan menjadi bau, udara yang dihirup pun menjadi tercemar. Selain itu, asap rokok tidak bisa hilang dengan cepat sehingga membuat udara dalam ruangan semakin tidak nyaman untuk dihirup. Karena itu, usahakan untuk tidak merokok di area rumah.

4. Bersihkan rumah dan lakukan penyortiran

https://blog.mapfre.com.ph

Rumah tidak akan sehat bila banyak debu dan kotoran. Selain membuat rumah tidak sehat, debu dan kotoran dapat mengundang penyakit untuk tubuh. Karena itu, rajin bersihkan rumah dan barang-barang yang digunakan, jangan menggantung pakaian karena dapat mengundang nyamuk, serta lakukan penyortiran terhadap berbagai barang sehingga rumah terhindar dari berbagai binatang.

Baca Juga: Daripada Dibuang, Ubah Baju Bekas Jadi 5 Kreasi Ini, Yuk!


"Bagikan artikel ini dengan keluarga Anda"

Sosial Media

keluarga kokoh
23 November 2016 08:30

Juara 1 Lomba Foto Ekspresi

keluarga kokoh
23 November 2016 08:30

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:20

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:19

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:18

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali