19 Apr 2018 16:00

5 Tradisi Unik Sebelum Pernikahan Ini Bikin Geleng Kepala

keluarga kokoh

http://enghunan.gov.cn

SHARE:

Oleh: Tya Achni

Pernikahan adalah prosesi sekali dalam seumur hidup. Tak heran jika karena hal itu, persiapan sebelum pernikahan mendapat perhatian khusus. Nah, wujud dari perhatian khusus ini bisa berupa tradisi yang bisa dibilang unik dan aneh. Ternyata, memang banyak negara di dunia ini memiliki cara unik untuk merayakan pernikahan. Negara mana saja itu?

1. Pengantin tak boleh pipis selama 3 hari di Malaysia

http://news.asiantown.net

Tak banyak yang tahu kalau Pulau Tidong di Malaysia punya tradisi nikah yang unik. Pengantin akan dijaga ketat oleh keluarga supaya tidak pipis 3 hari. Bukan hanya itu, pasangan baru ini bisa dibilang tak bisa menikmati masa-masa manis sehabis menikah. Mereka harus puasa makan dan minum selama 3 hari tersebut. Ada alasan khusus mengapa tradisi ini masih terus dipegang sampai sekarang. Menurut kepercayaan, pasangan yang mampu melewati tradisi ini akan diberikan kebahagiaan dan melahirkan anak-anak yang sehat.

2. Di Kenya, seorang ayah akan meludahi pengantin

http://www.news24xx.com

Saat momen pernikahan tiba, pengantin akan mengemasi semua barangnya dan mengenakan perhiasan terbaik. Lalu, sang ayah mempelai wanita meludahi kepala dan payudara pengantin sebagai berkah. Hal itu dikarenakan perjalanan jauh untuk sampai ke rumah barunya. Ritual meludahi itu dimaksudkan pula untuk menangkal nasib buruk yang terkadang wanita rasakan dari keluarga mempelai pria yang kadang akan menghina pengantin wanita.

Baca Juga: 6 Tipe Kepribadian dalam Memilih Desain Interior, Anda yang Mana?

3. Mauritania, negara yang mewajibkan calon pengantin wanita untuk gemuk

https://www.marieclaire.com

Tradisi pernikahan tersebut bernama Leblouh. Para perempuan saat remaja, akan sering dipaksa untuk banyak makan. Usut punya usut, kebudayaan Mauritania menyebut kalau wanita yang gemuk dengan lapisan lemak berlipat-lipat di bawah kulit dianggap menarik, kaya, dan subur. Jangan kaget, dalam sehari wanita di Mauritania yang mengikuti tradisi Leblouh bisa mengonsumsi 16.000 kalori makanan. Padahal normalnya orang dewasa hanya membutuhkan sekitar 2.000-2.500 kalori saja.

4. Di Skotlandia, calon pengantin dilumuri jelaga dan tepung

http://www.weddedwonderland.com

Blackening merupakan tradisi pernikahan dari zaman dulu dan masih dipertahankan sampai sekarang di Skotlandia. Sesuai namanya, tradisi pernikahan itu akan membuat calon pengnaitn terlihat 'menghitam'. Sebabnya sehari sebelum menikah, meraka akan dilumuri oleh jelaga (kerak dan abu dari arang) dan tepung. Dilakukan sejak abad pertengahan, tradisi Blackening dipercaya masyarakat Skotlandia sebagai penangkal roh jahat.

5. Pengantin berhias perak di Miao, China

http://enghunan.gov.cn

Begitu pentingnya peran perak dalam budaya wanita etnis Miao. Bahkan ada pepatah kuno Miao yang mengatakan, perempuan bukanlah perempuan tanpa perak. Tidak sedikit juga keluarga dari etnis Miao yang beranggapan, kalau anak perempuan mereka tidak bisa menikah jika belum memiliki satu set pakaian perak. Bahkan setiap keluarga rela menabung hingga 10 tahun untuk mempersiapkan perak dan hari pernikahan. Selain menjadi mahar utama untuk menikah, perak juga menjadi lambang gengsi dan status bagi sang wanita dan keluarganya.

Baca Juga: Agar Masa Depan Cerah, Hindari 3 Kesalahan Generasi Millenial Ini Saat Mengelola Uang


"Bagikan artikel ini dengan keluarga Anda"

Sosial Media

keluarga kokoh
23 November 2016 08:30

Juara 1 Lomba Foto Ekspresi

keluarga kokoh
23 November 2016 08:30

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:20

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:19

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:18

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali