17 Apr 2018 17:00

Bahaya Ini Mengintai dari Balik Mesin Pengering Tangan

keluarga kokoh

http://papasemar.com

SHARE:

Oleh: Tya Achni

Saat berada di rumah makan, baik sebelum atau seusai menyantap makanan maka hal yang dilakukan pertama kali adalah mencuci tangan di wastafel yang disediakan. Atau saat berada di toilet umum, seusai keluar dari kamar mandi kita juga akan mencuci tangan. Lalu mengeringkannya di mesin hand dryer.

Akan tetapi, tahukah Anda bahwa mesin pengering tangan bisa menyebarkan lebih banyak kuman atau partikel kotoran ke seluruh ruangan? Selain itu, mengeringkan tangan menggunakan mesin pengering tangan membuat tangan Anda kembali tak steril.

https://digitaltrends.com/

Salah satu bakteri yang ditemukan adalah E-coli, yang dapat memicu diare dan muntaber. Saat Anda menyodorkan tangan di bawah mesin pengering, udara panas mesin akan menembakan partikel kotoran yang sangat kecil ke telapak tangan Anda.

"Juga ke seisi kamar mandi dan blok kantor," menurut para ilmuwan dari University of Connecticut, Storrs, Connecticut, Amerika Serikat, seperti dikutip dari News.com.au. Mereka meneliti toilet kampus mereka sendiri, yang hanya dilengkapi dengan tisu toilet. Tak ada mesin pengering tangan.

Baca Juga: Inspiratif, 5 Wanita Cantik Ini Hebat dengan Prestasi yang Luar Biasa

Setelah menyalakan mesin pengering tangan di tiga toilet berbeda, para ilmuwan menempatkan piringan khusus di bawah pemancar udara panas selama kurang lebih 30 detik. Hasil menunjukkan, ada sekitar 18 hingga 60 koloni bakteri di lempeng tersebut.

Jumlah bakteri dalam udara yang dekat dengan mesin pengering menjadi 4,5 kali lebih tinggi dan 27 kali lebih tinggi dibandingkan dengan udara saat menggunakan tisu. Di samping pengering, bakteri bertahan di udara selama 15 detik lebih, dengan sekitar lebih dari 48 % Lactobacilli berkumpul lebih dari lima menit setelah pengeringan. Lactobacilli masih terdeteksi di udara 15 menit setelah pengeringan tangan.

"Jika  Anda mengeringkan tangan di toilet umum menggunakan mesin pengering tangan, Anda dapat menyebarkan bakteri tanpa menyadarinya. Tangan Anda mungkin juga akan berlumuran bakteri dari tangan orang lain. Temuan ini penting untuk memahami cara bakteri menyebar, dan berpotensi untuk mengirimkan penyakit dan menimbulkan penyakit." kata Prof. Wilcox seperti yang dikutip dari nytimes.

http://gomerblog.com

Sebagai alternatifnya Anda bisa menggunakan tisu atau handuk bersih untuk membersihkan tangan. Jangan sampai kesehatan tubuh terganggu karena tidak menjaga kebersihan tangan dengan baik.

Baca Juga: 6 Tipe Kepribadian dalam Memilih Desain Interior, Anda yang Mana?


"Bagikan artikel ini dengan keluarga Anda"

Sosial Media

keluarga kokoh
23 November 2016 08:30

Juara 1 Lomba Foto Ekspresi

keluarga kokoh
23 November 2016 08:30

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:20

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:19

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:18

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali