13 Mar 2018 17:00

Hindari 5 Kesalahan Menata Kamar Tidur Berikut Ini, Tidur Lebih Pulas

keluarga kokoh

https://www.amara.com

SHARE:

Oleh: Tya Achni

Kamar tidur merupakan salah satu tempat paling penting dalam hunian. Salah dalam penataan kamar tidur bisa membuat tidur Anda tidak nyenyak! Bayangkan jika setelah seharian lelah bekerja, Anda malah tidak bisa istirahat dan tidur dengan nyenyak hanya karena kurang tepat dalam penataan. Karena itu agar waktu tidur Anda lebih berkualitas, hindari 5 kesalahan berikut: 

1. Tidak rutin mengganti seprei

https://mirror.co.uk

Seluruh bagian tempat tidur sebaiknya mampu memberikan kenyamanan. Baik ranjang, kasur, bantal, guling, selimut, semuanya. Untuk itu, kebersihan tempat tidur harus dijaga. Meski sedang sangat lelah dan sibuk, sempatkan untuk mengganti seprei dan sarung bantal-guling. Selimut juga perlu dicuci setiap seminggu sekali. Seprei dan selimut yang tidak bersih bisa jadi sarang penyakit.  

2. Terlalu banyak meletakkan benda-benda kecil

http://www.designinyou.com

Manfaatkan laci dan lemari untuk menyimpan benda-benda kecil yang biasa Anda simpan di kamar tidur. Misalnya, kosmetik, peralatan pribadi, dan buku-buku. Lalu tutup pintu lemari atau laci rapat-rapat. Melihat suatu benda saat hendak pergi tidur, misalnya buku atau baju dari pintu lemari yang terbuka, membuat pikiran kita tidak tenang karena memikirkan benda yang kita lihat itu. Usahakan agar tidak terlalu banyak barang yang bisa terlihat oleh mata, baik saat hendak atau bangun tidur (termasuk smartphone). Jika ini tak bisa dihindari, susunlah benda-benda kecil di kamar tidur Anda menurut warna dan ukurannya serapi mungkin.   

Baca Juga: 3 Minuman Ini Tak Boleh Dikonsumsi Bersamaan Soda, Mengundang Bahaya!

3. Terlalu banyak memajang gambar dan foto

http://socialdiscoveryworld.com

Adakah diantara Anda yang gemar memajang lukisan atau foto di dinding kamar? Gambar atau foto memang menghadirkan kesan kamar yang berbeda. Sebelum memutuskan untuk menghias dinding, ada trik yang perlu Anda tahu. Warna bingkai (pigura) dan gambar (foto atau lukisan) harus cocok dengan tampilan keseluruhan kamar tidur. Pilih satu atau dua foto atau lukisan bergambar pemandangan indah, nuansa air, berkarakter hitam putih, tidak mengandung banyak detil, dan menunjukkan suasana yang menenangkan.  

4. Televisi di kamar tidur

http://g9z0bl.info

Siapa sih yang tidak suka tiduran sambil menonton film kesayangan setelah seharian bekerja keras? Dari sisi interior, televisi LED juga bisa membuat kamar tidur terlihat mewah. Namun, fungsi kamar tidur adalah untuk beristirahat. Tidur dengan televisi menyala akan membuat otak tidak benar-benar berisitrahat.

5. Cermin menghadap tempat tidur

http://topotushka.com/

Cermin memang sering digunakan untuk menciptaan kesan luas. Meski demikian, meletakkan cermin yang berhadapan langsung dengan tempat tidur (baik di depan atau di samping) sebaiknya dihindari. Menurut Feng Shui, cermin bukan hanya memantulkan bayangan namun juga energi positif dan negatif dalam tubuh seseorang. Saat bangun tidur, kesadaran dan kekuatan tubuh belum pulih sepenuhnya. Akibatnya, tubuh mudah terpengaruh oleh energi negatif dari tubuh kita yang dipantulkan oleh cermin.

Lebih baik letakkan cermin di samping tempat tidur, atau di sisi lain di mana tempat tidur tidak terlihat dalam cermin. Jika hal ini tidak mungkin dilakukan, tutuplah cermin dengan kain saat Anda hendak tidur. Nah, semoga waktu tidur Anda lebih berkualitas ya!

Baca Juga: Bikin Betah, Ini 5 Trik Sulap Interior Rumah Mirip Kafe Kekinian


"Bagikan artikel ini dengan keluarga Anda"

Sosial Media

keluarga kokoh
23 November 2016 08:30

Juara 1 Lomba Foto Ekspresi

keluarga kokoh
23 November 2016 08:30

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:20

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:19

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:18

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali