12 Mar 2018 19:00

Untuk Sukses, Lebih Penting Bakat atau Kerja Keras?

keluarga kokoh

jakartaglobe.id

SHARE:

Oleh: Evelyn Davsy 

Keberhasilan tentu merupakan hal yang diinginkan oleh semua orang. Meski begitu, pada kenyataannya keberhasilan bukanlah hal yang mudah untuk dicapai. Kerja keras pun menjadi salah satu jalan untuk mencapai keberhasilan. Namun di sisi lain, kerja keras tak akan maksimal tanpa adanya bakat alami yang Anda miliki. Lalu, sebenarnya lebih penting bakat atau kerja keras?

Kerja keras seringkali dianggap sebagai kunci kesuksesan. 

pixabay.com

Sebuah riset yang dilakukan oleh Floria State University mengungkapkan, latihan dan kerja keras menjadi kunci kesuksesan seseorang. Seorang psikolog asal Amerika, K. Anders Ericsson menghubungkan prestasi mahasiswa dengan lamanya waktu yang mereka habiskan untuk berlatih. Penelian Ericsson ini menunjukkan bahwa mereka yang berhasil adalah mereka yang rajin berlatih. 

Malcom Gladwell: Anda memerlukan 10.000 jam untuk ahli dalam bidang tertentu. 

stocksnap.io

Temuan tersebut pun dibenarkan oleh Malcom Gladwell, dalam bukunya Outliers. Ia menjelaskan bahwa untuk menjadi ahli di bidang tertentu, Anda membutuhkan waktu latihan minimal 10.000 jam. "Berlatih bukanlah melakukan sesuatu satu kali, lalu merasa bagus dan berhenti. Justru hal yang kamu lakukan itulah yang akan membuatmu memukau," tulis Gladwell. 

Baca Juga: Gemas Banget, Ini 5 Potret Balita Lucu yang Hits di Instagram

Bakat akan membantu Anda mencapai keberhasilan, namun harus dengan kerja keras. 

sheetmusicman.org

Meski begitu, bakat pun menjadi hal yang penting dalam  mencapai kesuksesan. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Howard Gardner menunjukkan bahwa mereka yang menjawab 99,9% tes SAT dengan benar pada usia 13 tahun, memiliki kesempatan 3-5 kali lebih besar untuk sukses dibanding mereka yang bisa menjawab 91% pertanyaan dengan benar.

Hal ini berkaitan dengan kemampuan working memory capacity, yang akan membantu seseorang untuk lebih mudah bekerja dalam mencapai kesuksesan. Meski begitu, bakat hanya membantu memperbesar peluang, bukan menciptakan kesuksesan. Kesuksesan adalah bakat yang dibarengi dengan kerja keras. 

Nah, sudah tahu kan kalau bakat dan kerja keras itu sama pentingnya. Untuk itu, mengetahui bakat anak pun menjadi hal yang penting bagi orangtua, agar anak dapat menjadi pribadi yang kokoh tak tertandingi. 

Baca Juga: 5 Potret Mama Artis Cantik dan Anak, Dua-duanya Bikin Gemas!


"Bagikan artikel ini dengan keluarga Anda"

Sosial Media

keluarga kokoh
23 November 2016 08:30

Juara 1 Lomba Foto Ekspresi

keluarga kokoh
23 November 2016 08:30

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:20

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:19

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:18

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali