10 Mar 2018 17:00

Jangan Dilakukan, Ini 5 Kesalahan Saat Mendekor Rumah Minimalis

keluarga kokoh

http://mmminimal.com

SHARE:

Oleh: Tya Achni

Rumah minimalis memang tetap jadi primadona. Selain menghadirkan kesan simpel namun tetap mewah, arsitektur minimalis juga menekankan pada hal-hal yang bersifat esensial dan fungsional. Sehingga tidak memerlukan terlalu banyak ruang dan furnitur.

Tapi masih banyak orang yang kurang paham tentang minimalis itu sendiri. Hunian jadi nampak tak beraturan dan kesan minimalisnya hilang. Maka dari itu, hindari melakukan 5 kesalahan berikut ini:

1. Menyimpan terlalu banyak barang

https://freshome.com/

Ciri khas dari rumah minimalis adalah sederhana dan tidak menggunakan banyak barang. Apa jadinya jika ruang minimalis diisi banyak barang dengan alasan tidak ada tempat untuk menyimpan barang tersebut? Tentu akan merusak dekorasi rumah minimalis. Apalagi jika diletakkan secara sembarangan dan tanpa dipikir masak-masak. Sebelum membeli furnitur sebaiknya pertimbangkan fungsi dan peletakannya.

2. Tidak memperhatikan pencahayaan

http://www.yr-architecture.com

Interior rumah minimalis biasanya diterapkan pada ruangan kecil hingga sedang. Elemen pencahayaan lampu atau pencahayaan alami akan memberi pengaruh yang besar terhadap ruangan tersebut, beberapa di antaranya adalah menciptakan ilusi ruang yang lebih lega dan memberikan kenyamanan bagi penghuninya. Tanpa pencahayaan yang baik, dekorasi rumah minimalis akan sia-sia. Ruangan akan terlihat sumpek dan suram. Bila memungkinkan, buatlah jendela minimalis berukuran besar agar sinar matahari ini bisa menyinari seluruh sudut ruangan.

Baca Juga: Bebas Jamur, Ini 5 Cara Mudah Atasi Lembab pada Dinding Rumah

3. Tidak memisahkan area

https://designmag.fr

Umumnya rumah minimalis memiliki lahan yang terbatas sehingga penghuninya terpaksa menyatukan beberapa ruang sekaligus dalam satu area. Misalnya saja dapur dan ruang makan, atau ruang keluarga dan ruang makan minimalis yang berada di dalam satu area. Hal tersebut sah-sah saja, namun yang sering terjadi dalam dekorasi rumah minimalis adalah ketika penghuni tidak memisahkan area tersebut dengan area lainnya. Agar dekorasi rumah minimalis terlihat lebih rapi, pisahkanlah area-area tersebut menggunakan dinding pembatas atau partisi ruangan kreatif yang sifatnya semi permanen seperti lemari atau tirai.

4. Menggantungkan terlalu banyak pajangan sebagai dekorasi

https://decoist.com

Dekorasi rumah minimalis tidak bisa terlepaskan dari dekor dan pajangan dinding seperti jam dinding, bingkai foto, atau lukisan. Menggantungkan pajangan di dinding dalam susunan simetris akan membuatnya terlihat rapi. Sebaliknya, menggantungkan pajangan di dinding dalam susunan acak bisa menciptakan kesan yang lebih dinamis dan kreatif. Namun semuanya akan sia-sia jika Anda terlalu banyak menggantungkan pajangan di dinding. Alih-alih terlihat cantik, dekorasi rumah minimalis akan terlihat berantakan dan mengganggu pemandangan. Yuk, mulai memilah foto apa saja yang mau dipajang dan batasi jumlahnya!

5. Memilih warna yang terlalu ramai

https://www.amazadesign.com

Ada beberapa tips pemilihan warna cat ruangan yang bisa Anda pilih. Seperti turunan warna putih yang lembut: beige, abu-abu maupun krem. Atau memadukan warna-warna monokrom yang saling menghangatkan. emahaman banyak orang tentang desain rumah minimalis adalah tampilan yang tampaknya sudah lazim dan dianggap basi. Namun, penambahan kontras bisa mencegah hal ini, meski semata-mata sebagai pilihan estetika saja.

Kesalahan fatal lainnya adalah tidak menggunakan material berkualitas saat membangun rumah. Pastikan material hunian Anda menggunakan Semen Gresik yang terjamin kualitasnya dan membuat hunian kian kokoh tak tertandingi.

Baca Juga: Mengguncang, 5 Musisi Indonesia Ini Sukses Tembus Pentas Internasional


"Bagikan artikel ini dengan keluarga Anda"

Sosial Media

keluarga kokoh
23 November 2016 08:30

Juara 1 Lomba Foto Ekspresi

keluarga kokoh
23 November 2016 08:30

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:20

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:19

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:18

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali