26 Feb 2018 17:00

Cuaca Tidak Menentu, 5 Bagian Rumah Ini Harus Diselamatkan

keluarga kokoh

http://www.guaranteerestoration.com

SHARE:

Oleh: Tya Achni

Bukan rahasia lagi jika cuaca makin hari makin tidak bisa diprediksi. Tak bisa ditebak kapan panas, kapan hujan akan turun dan reda. Tapi tak ada salahnya untuk mengamankan seisi rumah dengan menyelamatkan lima bagian ini terlebih dahulu

1. Amankan dinding dan atap dari rembesan hujan.

https://oregonroofguys.com

Selama musim hujan, rintikan air ini akan terus menghujam rumah Anda. Bagian rumah yang akan dihantam pertama kali oleh hujan adalah atap yang berfungsi melindungi seisi rumah. Pastikan tidak ada sedikitpun kebocoran agar rumah tak penuh dengan ember untuk menadahi air. Selain itu pada bagian dinding Anda bisa melapisinya dengan cat anti bocor.

2. Periksa kembali jaringan listrik, jangan sampai ada kabel yang terkelupas.

https://www.arrivealive.co.za

Anda tentu tak mau membahayakan anggota keluarga kan? Coba periksa kembali kabel-kabel listrik yang ada di rumah. Apakah ada yang perlu diperbaiki karena mulai terkelupas, atau usang. Bila ada segeralah perbaiki, agar bahaya konsleting tak terjadi.

3. Saluran air jangan sampai ada yang bocor.

http://www.newschannel10.com

Musim hujan yang kerap berbonus banjir dapat berpotensi mengganggu kelancaran saluran air. Jangan sampai ada saluran yang tersumbat, bahkan bocor agar dalam rumah tak terjadi banjir juga. Selain memperbaiki saluran air yang ada di dalam, Anda juga harus memeriksa kembali selokan di depan rumah. Untuk hal ini Anda bisa mengajak tetangga untuk bekerja bakti membersihkan selokan.

Baca Juga: Ternyata Indonesia Punya 6 Istana Negara yang Ada di Jawa dan Bali

4. Bersihkan gorong-gorong

http://tzuchi.org.ph

Curah hujan yang tinggi menyebabkan semakin meningginya debit air yang ada di got atau selokan di depan rumah. Banyak sampah rumah tangga maupun non rumah tangga yang biasanya menyangkut di dalam saluran air. Penumpukan sampah-sampah ini dapat menyumbat jalannya air hujan yang jatuh ke selokan. Agendakan untuk membersihkan saluran air secara rutin agar tidak tersumbat. Anda juga bisa mengagendakan pembersihan saluran air bersama para tetangga agar lingkungan yang Anda tempati tidak ikut tergenang.

5. Pastikan semua sumber bahaya tidak berpotensi saat harus keluar rumah

https://taksama.id/

Saat harus meninggalkan rumah, pastikan Anda tidak meninggalkan potensi bahaya sedikitpun. Kabel yang mengelupas dapat menjadi bahaya bila terkena air. Hujan biasanya diiringi dengan mati lampu, sebagai pengganti lampu Anda pasti menyalakan lilin. Biasanya lilin akan dibiarkan semalaman hingga Anda tertidur. Anda tak pernah tahu bahaya apa yang dapat terjadi sewaktu tidur. Bisa saja tak sengaja kaki menyenggol lalu menyebabkan api merambat habis seisi rumah.

Baca Juga: 5 Referensi Warna Cerah untuk Hunian. Anda Pilih yang Mana?


"Bagikan artikel ini dengan keluarga Anda"

Sosial Media

keluarga kokoh
23 November 2016 08:30

Juara 1 Lomba Foto Ekspresi

keluarga kokoh
23 November 2016 08:30

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:20

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:19

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:18

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali