05 Feb 2018 16:00

7 Potret Rock Balancing Alami di Seluruh Dunia yang Bikin Takjub

keluarga kokoh

http://mentalfloss.com

SHARE:

Oleh: Tya Achni

Baru-baru ini masyarakat Indonesia dibikin gempar dengan kemunculan batu-batu yang tersusun secara rapi diatas aliran sungai di daerah Jawa Barat. Banyak yang menganggap ini adalah sentuhan tangan-tangan tak kasat mata, tapi tak sedikit yang menangkisnya dengan mengatakan itu adalah karya sekelompok seniman pegiat rock balancing. Setelah ditelusuri, pendapat kedua yang paling benar. Rock balancing sendiri memang telah populer di seluruh dunia, inspirasinya datang dari alam. Fenomena perubahan alam yang cukup tajam di masa lampau, meninggalkan jejak indah yang bisa dinikmati hingga kini.

Ini tujuh potret rock balancing yang terjadi secara alami di seluruh dunia yang indah

1. Colorado, Amerika Serikat

http://www.amusingplanet.com

Ratusan juta tahun yang lalu, Colorado ditutupi oleh laut pedalaman dangkal yang akhirnya berubah menjadi batu pasir. Seiring dengan perubahan area ini menjadi Pegunungan Rocky, turut mengikis pasir yang lebih lembut. Sedangkan pasir yang keras, tetap tinggal dan mengeras. Sehingga erosi dan pelapukan di sekitarnya membuat sebuah keajaiban alam yaitu Balanced Rock di Colorado’s Garden of the Gods.

2. Zimbabwe

http://mentalfloss.com

Sama seperti di Colorado, rata-rata keajaiban Balanced Rock terjadi karena erosi. Seiring perubahan suhu yang terjadi pada batu-batu ini, mereka meninggalkan pola geometris yang indah. Bukan hanya di satu tempat, tapi di beberapa tempat sekaligus. Indah bukan?

3. Arizona, Amerika Serikat

http://www.americansouthwest.net

Sekitar 27 juta tahun yang lalu, gunung berapa Turkey Creek meletus. Letusannya menutupi kawasan Arizona dengan abu dan bebatuan hingga sedalam 1600 kaki. Campur tangan alam dalam membuat balanced rock ini memang tak bisa diabaikan begitu saja. Erosi yang terjadi membuat Arizona memiliki Monumen Nasional Chiricahua dengan batuan yang tegak berdiri anomali dengan sekitarnya.

Baca Juga: Tetap Mesra, Ini 5 Tips Agar Pasangan Tak Selingkuh

4. Inggris

https://www.visitharrogate.co.uk

Bila dipikir secara logika, batuan seperti ini tak akan ada dan bertahan lama. Batu sekecil itu menyokong batuan yang berkali-kali lipat lebih besar dan berat selama ratusan tahun. Ya! Kawasan Yorkshire di Inggris ini memiliki keajaiban batu seimbang yang bernama Brimham Rock.

5. Myanmar

http://www.hapeye.net

Batu setinggi 25 kaki ini salah satu yang misterius. Myanmar memang memiliki gletser atau sungai es, sehingga balanced rock memang memungkinkan ada di wilayah ini. Tapi menurut kepercayaan agama Budha, batu itu ditempatkan di sana untuk mengabadikan rambut Budha yang diberikan pada seorang Budhist yang memberikannya pada seorang raja.

6. India

https://www.pinterest.co.uk

Menurut sejarah, pada tahun 1908, pemerintah Inggris menganggap batu ini berbahaya dan harus dipindahkan. Tujuh gajah yang ditugaskan untuk memindahkannya tak mampu melakukannya. Berdasar asal-usulnya, batuan ini memang terbentuk karena terkikisnya lapisan es yang pernah menutupi kawasan ini.

7. Australia

https://www.quora.com

The Devils Marbles adalah salah satu bebatuan terkenal yang ada di Australia. Gugusan batu-batu granit bulat dengan ukuran bervariasi mulai dari 50 cm hingga enam meter, dan batuan itu tersebar di area yang luas. Tampak dari beberapa batuan dalam keadaan seimbang di atas batuan lain.

Baca Juga: Semen Gresik Dapat Membuat Bangunan Rumah Anda Tahan Gempa, Lho!


"Bagikan artikel ini dengan keluarga Anda"

Sosial Media

keluarga kokoh
23 November 2016 08:30

Juara 1 Lomba Foto Ekspresi

keluarga kokoh
23 November 2016 08:30

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:20

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:19

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:18

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali