21 Agu 2017 17:00

Tanpa Disadari 5 Kata yang Sering Digunakan Ini Membuat Anda Tampak Tak Bisa Diandalkan

keluarga kokoh

Pexels.com

SHARE:

Oleh : Tya Achni
 

Pernahkah Anda mendengar istilah ‘pilihan kata-katamu mencerminkan kepribadianmu yang sebenarnya’. Terdengar sepele memang, namun bila kata-kata ini terus Anda gunakan dalam percakapan sehari-hari, bersiaplah untuk dijauhi oleh klien bahkan teman dekat. Apa sajakah ke lima kata tersebut? Ini informasinya:

1. Mengatakan "mungkin" terlalu sering

http://medexec.org/

Kata mungkin adalah kata yang paling umum digunakan dalam percakapan sehari-hari. Namun dampak dari menggunakan mungkin ini ternyata fatal. Bayangkan saja bila Anda mengajak seorang rekan dan ia menjawab ‘mungkin aku akan datang’. Tidak ada kepastian dalam kata mungkin ini. Lain waktu, bila Anda akan mengucapkan kata ini, Anda harus belajar untuk menahannya. Akan terasa berat memang, namun hal ini dapat membuat Anda terlihat lebih dipercaya.

2. Menjawab dengan hanya kata "oke"

serbestdusus.com

Pernahkah Anda berkirim pesan pada seseorang panjang lebar, dan ia hanya membalas dengan kata "Oke"? Sungguh sangat tidak nyaman bukan?  Membalas hanya dengan tiga huruf ini akan membuat Anda terlihat acuh tak acuh dan tidak yakin atas suatu keadan. "Oke" juga dianggap sebagai jurus menghindar agar tak memberikan pernyataan yang dapat menyakiti hati lawan bicara.

Baca Juga : Unik! Desainer Ini Berhasil Membuat Studio Kreatifnya di Bawah Jembatan

3. Mengulang-ulang kata "mengagumkan!"

http://erikanapoletano.com/

Kata ini dianggap sebagai kata yang penuh tipu daya. Di satu sisi kata ‘wow, mengagumkan !’ akan mencerminkan ketulusan hati si pendengar. Namun bila tiap cerita selalu direspon dengan kata ‘mengagumkan !’ Anda akan terlihat Ini adalah kata yang samar dan biasanya terlalu dibesar-besarkan. Saya lebih suka seseorang menggunakan beberapa kata untuk menunjukkan antusiasme atau memberi saya pujian daripada hanya mendaur ulang satu kata berulang-ulang.

4. Terbiasa menggunakan kata "maaf" secara berlebihan

Pexels.com

Permintaan maaf ini bisa membuat Anda tampak lemah dan tidak yakin jika digunakan dalam konteks yang salah. Meskipun Anda harus selalu ingin meminta maaf jika situasinya tepat, namun menggunakan "maaf" terlalu sering atau bahkan terbiasa menggunakannya dapat menyebabkan Anda tampak pemalu dan takut. Jika Anda benar-benar ingin meminta maaf atas sesuatu, jangan ragu untuk menggunakan kata itu. Tapi jika Anda malu atau gugup, jelaskan emosi itu dalam istilah yang berbeda.

5. Secara tidak sadar menunda dengan kata "hmm"

Pexels.com

Cobalah untuk menghitung, dalam sehari berapa kali Anda mengucap kata ‘hmm’ ini? Dan hasilnya ternyata mengejutkan. Bahkan jika Anda adalah orang yang cerdas sekalipun, mengucap kata ‘hmm’ menunjukkan kelambatan dalam proses berpikir. Alih-alih mengatakan, "hmm," coba katakan "Biarkan saya berpikir sebentar." Kalimat yang lebih panjang memberi kesan penampilan proaktif dan membuktikan bahwa Anda ingin mengendalikan situasi.

Baca Juga : 6 Perabotan di Rumah Ini Ternyata Tak Perlu Dibersihkan Terlalu Sering


"Bagikan artikel ini dengan keluarga Anda"

Sosial Media

keluarga kokoh
23 November 2016 08:30

Juara 1 Lomba Foto Ekspresi

keluarga kokoh
23 November 2016 08:30

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:20

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:19

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:18

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali