05 Agu 2017 17:00

Ingin Wisata Alternatif yang Aman? Coba ke Pulau Santen Banyuwangi

keluarga kokoh

http://www.julajuli.com/

SHARE:

Oleh: Dhafintya Noorca

Pariwisata di Banyuwangi terus bergeliat. Tak hanya aneka festival yang digelar, namun penambahan destinasi wisata juga dilakukan oleh Banyuwangi demi menarik banyaknya wisatawan ke kabupaten paling ujung Pulau Jawa ini. Satu lagi destinasi wisata yang unik dan baru, yakni Pantai Syariah Pulau Santen. Pantai ini terletak di sekitar Kota Banyuwangi, tak lebih 3 kilometer dari pusat kota. Pantai dengan pasir hitam ini disulap menjadi jujugan baru khusus bagi wanita dan anak-anak.

jawapos.com

Konsep syariah ini sengaja dibidik untuk halal tourism. Konsep ini mengusung jaminan fasilitas halal. Seperti, makanan halal, tidak menyediakan alkohol, pemberitahuan waktu jelang ibadah, tempatnya lengkap dengan tempat ibadah, serta fasilitas berkonsultasi pemisahan antara laki-laki dan perempuan. Namun konsep halal tourism tidak serta-merta diperuntukkan bagi kaum muslim.

 

Catatannobi.com

Baca Juga: Ingin Ajukan KPR? Yuk, Ketahui Kelebihan dan Kekurangannya!

"Ini bukan soal SARA, tapi bicara soal segmentasi pasar, bicara strategi pemasaran. Destinasi ini bukan hanya untuk muslim, tapi untuk semua umat. Pengunjungnya siapapun boleh menikmati. Konsepnya halal tourism, menjamin makanan halal. Semuanya kita lakukan bertahap seiring dengan penataan yang akan terus berjalan," ujar Abdullah Azwar Anas, Bupati Banyuwangi, sebagaimana dilansir dari Majalah Surabaya City Guide.  

Pulau Santen di sentuh dengan konsep halal tourism lantaran potensinya besar. Halal tourism terus tumbuh dan harus direspon untuk mengembangkan pariwisata daerah.  Populasi umat Islam di dunia sekitar 1,6 milliar jiwa, di Indonesia lebih dari 200 juta jiwa, dan terus bertambah. World Halal Tourism Summit memprediksi, pada 2019, perputaran uang di industri halal tourism mencapai USD 238 miliar.

"Singapura, Jepang, Thailand dan beberapa negara di Asia sudah berlomba menggarap halal tourism. Meskipun negara-negara itu punya penduduk muslim minoritas, tapi jumlah hotel dan restoran bersertifikasi halal lebih banyak dibanding Indonesia. Dengan pasar yang besar, sedikit saja masuk ke Banyuwangi tentu sangat bisa menggerakkan perekonomian lokal," papar Anas.

Di pantai ini, sudah dilengkapi fasilitas santai. Seperti kursi pantai, lengkap dengan payung dan meja. Pengunjung bisa menikmati pemandangan Selat Bali dan pegunungan di Bali. Lebih indah jika datang pagi hari, Pengunjung bisa melihat indahnya sunrise pertama di Pulau Jawa.

Baca Juga: Agar Belanja Online Aman, Perhatikan 5 Hal Ini, Ya!


"Bagikan artikel ini dengan keluarga Anda"

Sosial Media

keluarga kokoh
23 November 2016 08:30

Juara 1 Lomba Foto Ekspresi

keluarga kokoh
23 November 2016 08:30

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:20

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:19

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:18

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali