07 Jun 2017 20:00

Ini 5 Cara Agar Tak Menyinggung Rekan Kerja yang Sedang Berpuasa

keluarga kokoh

Unsplash

SHARE:

Oleh: Wahyu Utama

Bulan Ramadan merupakan bulan penuh berkah didalam ajaran Islam. Sebab pada bulan ini segala dosa yang telah dilakukan dapat dihapuskan jika sunguh-sungguh beribadah puasa dan mampu menahan segala hawa nafsu selama kurang lebih 1 bulan.

Meskipun demikian tidak semua orang menjalankan ibadah puasa ini, bisa dikarenakan usia yang telah lanjut ataupun memiliki keyakinan yang berbeda. 

Tidak masalah akan hal tersebut yang penting adalah bagaimana cara Anda untuk menghormati mereka yang sedang berpuasa sebagai bentuk toleransi dalam beragama.

Berikut beberapa cara menghormati rekan kerja yang sedang beribadah puasa.

1. Tidak Makan dan Minum Didepan Mereka

Stocksnap

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan tidak makan dan minum didepan mereka yang sedang berpuasa.  Jika ingin makan siang karena lapar, Anda bisa mencari alternatif tempat makan yang tidak bisa dilihat oleh orang yang berpuasa.  

Makan dan minum didepan orang yang sedang berpuasa tentu akan sangat menggoda mereka dan ini merupakan hal yang tidak seharusnya Anda lakukan.

2. Usahakan Tidak Membawa Makanan yang Berbau Tajam

Flickr

Makanan yang berbau tajam akan sangat mudah tercium oleh banyak orang yang sedang berpuasa. Sehingga jika Anda ingin membawa bekal makan siang ke kantor usahakan untuk tidak membawa jengkol, petai, rendang, soto ayam, dan yang lainnya.

Pilihlah beberapa makanan yang tidak terlalu berbau tajam seperti sayur bening, sayur lodeh, pisang, dan lainnya. 

3. Ikut Berpartisipasi Saat Ada Undangan Berbuka Puasa

Pixabay

Diwaktu bulan puasa, ajakan untuk berbuka puasa bersama pasti akan sangat banyak menghampiri Anda. Bahkan salah satu ajakan tersebut ada yang berasal dari kantor tempat Anda bekerja.

Lalu bagaimana cara menghadapinya ?

Ikutlah datang dan hadir untuk berbuka puasa bersama dengan teman-teman dan jangan menolak undangan tersebut meskipun Anda sendiri tidak sedang berpuasa. Datangnya Anda ke acara buka puasa bersama merupakan bentuk penghormatan yang Anda berikan kepada mereka yang sedang berpuasa.

4. Pahami Kondisi

Pixabay

Saat berpuasa tubuh tidak mendapatkan makanan dan minuman selama kurang lebih 12 jam dalam sehari. Sehingga sangat wajar jika hal ini menjadikan orang-orang yang berpuasa tidak dapat melakukan kegiatan yang terlalu berat seperti hari-hari biasanya.

Hormati rekan kerja Anda dengan membiarkan ia melakukan pekerjaan yang ringan dan tidak terlalu berat yang dapat menguras tenaga.

5. Melakukan Rapat Kerja di Waktu yang Tepat

PicJumbo

Jika rapat akan terjadi diluar kantor, sebaiknya jangan memilih waktu siang untuk melakukan rapat. Lebih baik Anda memilih waktu rapat kerja di waktu yang lebih pagi ketika kondisi sedang segar atau pada saat akan menjelang berbuka puasa.

Rapat yang menjelang berbuka puasa lebih baik sebab ketika rapat selesai Anda dan teman-teman yang berpuasa dapat makan dan minum bersama-sama.


"Bagikan artikel ini dengan keluarga Anda"

Sosial Media

keluarga kokoh
23 November 2016 08:30

Juara 1 Lomba Foto Ekspresi

keluarga kokoh
23 November 2016 08:30

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:20

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:19

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:18

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali