19 Mei 2017 13:05

Pilih Jadi Ibu yang Menyebalkan atau Menyenangkan?

keluarga kokoh

https://www.understood.org

SHARE:

    Menjadi orang tua, terutama ibu bukanlah hal yang mudah. Di satu sisi ibu harus jadi sosok yang lemah lembut sekaligus tegas pada anak-anaknya. Tegas bukan berarti menyebalkan, namun sebaliknya ibu yang menyebalkan justru membuat anak jadi lebih dewasa. Ibu menyebalkan sebagaimana dilansir dari theasianparent justru lebih toleran terhadap kesalahan. Apa saja manfaat menjadi ibu yang menyebalkan?  

Ibu yang cerewet justru mengajarkan tanggung jawab ke anak

    Bila sedari kecil Anda sudah menanamkan pembagian tugas rumah tangga pada anak, bersiap-siaplah jadi sosok ibu yang menyebalkan di hadapan anak. Bukan berarti hal ini buruk, justru sebaliknya. Dengan berbagi tugas rumah tangga, artinya Anda telah melatihnya sejak dini perihal tanggung jawab. Anak akan berlatih untuk menerima konsekuensi dari tanggung jawab yang dipikulnya, walaupun itu menyita waktu bermainnya.

Dengan membiarkan anak untuk berusaha sendiri, sebenarnya Ibu ingin mendewasakan mental anaknya

    Sebagai orang yang lebih berpengalaman, ibu sebenarnya lebih tahu langkah-langkah yang harus dilalui oleh anak. Ada kalanya, ibu sudah tahu usaha yang dilakukan oleh anak sudah salah di langkah pertama. Namun ibu menahan diri untuk mengoreksinya. Agar anak menganggap kegagalan sebagai bagian dari perjalanan yang harus dilalui, bukan sebagai akhir dari segalanya.

Bukan berarti cuek, ibu hanya ingin melatih konsekuensi pada anak

    Bila ibu tak mau mengantarkan barang atau buku pelajaran anak yang tertinggal di rumah, bukan berarti ibu tersebut cuek.  Begitu pula bila ibu juga membuat aturan bermain gadget, bukan berarti ibu mengekang. Ibu hanya ingin melatih konsekuensi pada anak. Seperti saat buku tertinggal dan ibu tidak ingin mengantarkannya, sebenarnya saat itu anak akan belajar menyelesaikan masalah dengan tangannya sendiri. Ia akan mengerti dan lebih bertanggung jawab serta berhati-hati agar tidak terburu-buru sebelum berangkat sekolah.

 

 


"Bagikan artikel ini dengan keluarga Anda"

Sosial Media

keluarga kokoh
23 November 2016 08:30

Juara 1 Lomba Foto Ekspresi

keluarga kokoh
23 November 2016 08:30

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:20

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:19

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:18

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali