23 Mar 2017 14:17

Rahasia Sukses Memahami Kekhawatiran Generasi Penerus Usaha Keluarga

keluarga kokoh

-timeshighereducation.com

SHARE:

    Harus diakui bahwa pendidikan dasar di Indonesia tidak mengajarkan murid-muridnya untuk memiliki kemampuan berwirausaha. Tidak heran bila anak-anak muda sekarang merasa lebih tertarik menjadi pekerja kantoran atau menjalani karier sebagai eksekutif di perusahaan besar. Kecuali, bila usaha yang dijalankan itu sifatnya berbasiskan teknologi, hal yang disukai generasi muda sekarang.

    Coba lihat event-event yang memberi kesempatan pada pelaku bisnis start-up untuk menjalin networking, selalu penuh dengan deretan peserta yang antusias. Sebenarnya baik saja, asal core bisnis yang dijalankan itu dikuasai dengan baik. Dan jangan lupa, pada suatu waktu, bisa saja bisnis semacam ini mencapai titik jenuh. Hal lain yang membuat anak-anak tidak tertarik menjalankan bisnis keluarga, adalah adanya kekhawatiran bahwa mereka tidak bisa memenuhi harapan dan sulit bekerja sama dengan generasi yang lebih tua.

    Yang lain lagi adalah kekhawatiran tidak bisa melepaskan diri dari bayang-bayang pencapaian orang tua dalam bisnis keluarga. Atau karena tidak bisa bebas mengambil keputusan strategis atas kendali orang tua yang terlalu kuat. Kekhawatiran-kekhawatiran lain bisa juga menjadi alasan mengapa bisnis keluarga tidak menarik bagi anak-anak, misalnya khawatir bekerja dengan keluarga akan memunculkan lebih banyak konflik karena bisnis keluarga secara alami memiliki aspek emosional yang kuat.

    Anak-anak bisa juga mengkhawatirkan citra mereka di mata karyawan-karyawan yang lain, apakah mereka akan menghormatinya, apakah mereka tidak akan memandang sebelah mata kemampuan anak-anak ini menjalankan bisnis keluarga, dan lain sebagainya. Pertanyaan-pertanyaan ini adalah pertanyaan-pertanyaan yang harus dicari tahu jawabannya sebelum meminta anak-anak bergabung dan meneruskan bisnis keluarga. Julukan anak kemarin sore, atau bertemu dengan bos di rumah maupun di kantor, belum tentu merupakan kondisi yang bisa dijalankan setiap orang

 


"Bagikan artikel ini dengan keluarga Anda"

Sosial Media

keluarga kokoh
23 November 2016 08:30

Juara 1 Lomba Foto Ekspresi

keluarga kokoh
23 November 2016 08:30

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:20

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:19

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:18

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali