16 Feb 2017 15:00

Mengapa Ibu Hamil Kerap Mual Pada Trisemester Awal ?

keluarga kokoh

-healthylivingsteps.com

SHARE:

    Mual dan muntah pada tiga bulan pertama atau disebut juga morning sickness kerap dirasakan oleh ibu hamil. Mulai dari sensitifnya indra penciuman yang membuat ibu hamil menjadi tidak tahan saat mencium aroma yang singgah di hidungnya, susah makan, dan beberapa perubahan lainnya pada tubuh. Namun normalkah morning sickness pada usia tiga bulan pertama?

    Andriyanto M. Kes, Direktur Akademi Gizi Surabaya mengatakan pada saat trisemester pertama kehamilan, mual-mual adalah hal yang biasa terjadi dan tidak perlu dikhawatirkan. Hal ini terjadi karena apa yang dikonsumsi oleh ibu tidak semuanya diserap oleh janin, hanya sekitar 5 %. “Pada saat awal kehamilan perbanyaklah mengkonsumsi zat-zat mikronutrien”, ujarnya. Mikronutrien adalah zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah sedikit, namun mempunyai peran yang sangat penting dalam pembentukan hormon, aktivitas enzim serta mengatur fungsi sistem imun dan sistem reproduksi. Karena kemampuan janin untuk menyerap cukup minim, Andri menyarankan untuk memperbanyak mengkonsumsi makanan yang tinggi zat besi.

    Lalu menginjak pada tribulan kedua dan ketiga, janin dapat menyerap nutrisi dari ibunya sebanyak 35%-70%. Pada enam bulan terakhir kehamilan, rasa mual berkurang. Ibu hamil sudah dapat mengkonsumsi zat makronutrien seperti protein dan susu kehamilan. Menurutnya susu kehamilan yang paling bagus justru dikonsumsi saat tiga bulan akhir kehamilan.

 


"Bagikan artikel ini dengan keluarga Anda"

Sosial Media

keluarga kokoh
23 November 2016 08:30

Juara 1 Lomba Foto Ekspresi

keluarga kokoh
23 November 2016 08:30

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:20

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:19

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:18

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali