16 Des 2016 20:00

Ditemukan! Sebutan Rasa 'Starchy' Bukan Manis, Bukan Asin, Apakah Itu?

keluarga kokoh

cosmopolitan.com

SHARE:

Oleh: Bayu D. Wicaksono

Hal yang paling kita sukai dalam makanan dan minuman tentu adalah rasanya. Di saat-saat tertentu, kita akan membutuhkan rasa yang spesifik, baik asin atau manis, atau bahkan dikombinasi secara pas. Hingga September 2016, diketahui ada lima jenis rasa dasar yang tercatat dan dikenal oleh indera pengecap, yaitu: manis, asin, asam, pahit dan umami. Namun, baru-baru ini, peneliti menemukan rasa keenam yaitu Starchy.

Umami saja belum banyak yang mengenalnya sebagai rasa dasar, apalagi starchy.

themeathouseblog.com

Ketetapan adanya rasa dasar umami baru ada tahun lalu. Umami sendiri adalah rasa "tawar" yang dirasakan ketika seseorang memakan masakan daging yang gak dibumbui apapun ataupun sayur segar. Kalau Anda makan ayam goreng dengan daging yang tebal, Anda pasti merasakan daging bagian tengah yang gak tersentuh bumbu kan? Nah itulah yang disebut dengan rasa umami. Ketika Anda memakan daging yang gak dibumbui, baik ayam, sapi, kambing maupun ikan, Anda akan mendapatkan sensasi rasa beda yang gak bisa dikategorikan sebagai manis, asin, asam maupun pahit, yang akhirnya dikenal sebagai rasa umami.

Setelah rasa umami, akhirnya starchy resmi ditetapkan sebagai rasa dasar baru.

livestrong.com

Rasa starchy muncul akibat ditemukan banyaknya penggemar karbo yang gak mengetahui pasti kenapa mereka bisa menggemarinya. Juyun Lim selaku peneliti dari Oregon State University mengatakan bahwa dengan adanya rasa starchy tersebut itulah alasan beberapa orang lebih memilih karbohidrat kompleks. Starchy terinspirasi secara bahasa dari tepung. Saat diujikan kepada 22 responden dari seluruh dunia, rasa starchy dijelaskan sebagai rasa "mirip nasi" oleh orang Asia dan rasa "mirip pasta" oleh orang barat.

Nasi bukan berasa manis, nasi memiliki rasa starchy, manis hanya muncul sebagai reaksi kimia.

regententerprises.in

Para responden percobaan rasa baru diberikan senyawa khusus yang akan memblokir reseptor perasa manis pada lidah. Mereka juga diberikan larutan yang akan menghalangi enzim memecah rantai karbohidrat. Ini penting karena rantai karbohidrat bisa pecah dengan cepat dan menimbulkan rasa manis. Ini yang menyebabkan orang salah mempersepsikan rasa karbo sebagai rasa manis.

Rasa baru yang ditemukan dalam penelitian ini menjadi alasan kenapa banyak orang suka mengonsumsi karbohidrat tawar seperti nasi, roti, pasta dan mie. Penelitian selanjutnya akan berusaha menemukan reseptor spesifik pada lidah yang membuat seseorang merasakan rasa starchy.


"Bagikan artikel ini dengan keluarga Anda"

Sosial Media

keluarga kokoh
23 November 2016 08:30

Juara 1 Lomba Foto Ekspresi

keluarga kokoh
23 November 2016 08:30

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:20

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:19

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:18

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali