06 Des 2016 20:00

Hati-hati! Anda Sekeluarga Bisa Keracunan Makanan Jika 9 Hal Ini Tidak Dilakukan!

keluarga kokoh

onlymyhealth.com

SHARE:

Oleh: Megan Faustine

Bukan hanya karena makanan basi saja, namun ternyata banyak faktor menyebabkan seseorang bisa keracunan makanan. Entah itu berasal dari bahan makanan yang salah dalam proses mengolah, kebersihannya yang tidak terjaga, sampai kebersihan dari alat-alat yang digunakan.

Supaya kamu terhindar dari keracunan makanan, coba deh terapkan trik sederhana ini.

1. Rajin untuk mengecek dan membersihkan isi kulkasmu.

littlegreendot.com

Apakah begitu banyak bahan makanan di dalam kulkasmu? Yuk, mulai sekarang, satu minggu sekali secara rutin bongkar dan lihatlah satu per satu bahan makanan tersebut. Siapa tahu saja sudah ada yang mau kadaluarsa dalam waktu dekat, dan kamu bisa segera mengkonsumsinya. Kalau kamu tak pernah membersihkan, asal ambil begitu saja dan ternyata kadaluarsa, pasti akan keracunan makanan, kan?

2. Meletakkan makanan berdasarkan klasifikasinya.

dwellingdecor.com

Pisahkanlah makanan sesuai dengan klasifikasi mereka. Jika itu bahan-bahan segar seperti sayur yang tak bisa tahan lama, maka jadikan di satu tempat. Kalau tidak, kamu akan kebingungan dan tercampur antara bahan makanan yang tahan lama dan harus segera dikonsumsi.

3. Simpan pula makanan di suhu yang tepat.

gretist.com

Suhu ternyata juga mempengaruhi kesehatan atau kelayakan makananmu, lho. Contohnya saja, bahan makanan seperti daging atau ayam wajib dimasukkan freezer dalam kulkas agar tetap segar.

4. Selain itu, kamu juga wajib untuk memisahkan pisau atau peralatan lain sesuai jenis makanan.

mustcatsd.com

Pisau yang digunakan untuk memotong sayuran tak boleh dicampur dengan pisau daging, karena bakteri antara kedua bahan tersebut berbeda. Jika kamu menggunakan pisau sama, maka akan memperbesar kemungkinanmu untuk keracunan makanan.

5. Membilas makanan terlebih dahulu sebelum diolah.

kokoamag.com

Meskipun kelihatannya sepele dan setiap makanan toh pada akhirnya dimasak hingga matang, namun pastikan untuk membersihkan bakteri terlebih dahulu dengan cara mencuci bahan mentah, sayur, ataupun buah tersebut sebelum diolah lebih lanjut atau dikonsumsi.

6. Selalu menjaga kebersihan tempat persediaan makananmu.

huffingtonpost.com

Selain bakteri yang terdapat di dalam makanan itu sendiri, ada pula bakteri lain yang berasal dari lingkungan sekitar, contohnya saja debu. Jadi pastikan tempat penyimpanan makananmu selalu bersih, ya!

7. Gunakan termometer makanan untuk mengukur suhu dan memastikan makanan matang.

commons.wikipedia.org

Makanan yang sudah matang luar dan dalam adalah yang terbaik. Untuk memastikan makanan tersebut sudah matang, ada baiknya menggunakan termometer makanan.

8. Mencuci dan membilas peralatan memasak dengan benar.

upi.com

Sebelum dan sesudah menggunakan peralatan memasak, cucilah dengan bersih menggunakan sabun pencuci peralatan makan, agar bebas dari bakteri jahat.

9. Mencuci tangan dengan sabun cuci tangan hingga bersih.

safetykart.com

Apalagi kalau kamu mau makan menggunakan kedua tanganmu, tentu kamu wajib untuk mencuci tangan terlebih dahulu. Meskipun tak menggunakan tangan, tetap cuci tanganmu untuk memastikan semuanya bersih.

Nah, melalui sembilan trik sederhana ini, kamu akan terhindar dari keracunan makanan dan hidup lebih sehat.


"Bagikan artikel ini dengan keluarga Anda"

Sosial Media

keluarga kokoh
23 November 2016 08:30

Juara 1 Lomba Foto Ekspresi

keluarga kokoh
23 November 2016 08:30

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:20

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:19

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:18

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali