23 Nov 2016 13:27

Sudah Makan Tapi Lapar Lagi, Apa Penyebabnya?

keluarga kokoh

-organiclifestylemagazine.com

SHARE:

    Kendati baru saja menyantap makanan, kita mungkin masih merapa lapar. Rasa lapar merupakan hal yang alamiah terjadi, karena lapar merupakan upaya tubuh untuk menyeimbangkan energi untuk berbagai fungsi metabolisme. Lain cerita apabila ada beberapa orang yang sudah makan lalu ia merasa lapar kembali. Hal ini dapat diakibatkan oleh beragam faktor. Apa sajakah itu? berikut beberapa penyebabnya sebagaimana dilansir dari newhealthadvisor:  

1. Metabolisme pencernaan yang cepat

    Pembakaran kalori pada tubuh tiap orang berbeda-beda, ada yang cepat ada pula yang lambat. Menurut sebuah penelitian, lebih dari 30% penduduk bumi memiliki metabolisme yang lebih cepat dibandingkan 70 % sisanya. Orang dengan sistem metabolisme pencernaan yang lebih cepat memungkinkan untuk membakar hingga 400 kalori lebih banyak perhari, sehingga hal ini membuat merasa cenderung lebih mudah merasa lapar.

2. Mengkonsumsi makanan olahan

    Penelitian menunjukkan kandungan lemak dan gula dalam makanan dapat menggangu proses kimiawi di dalam otak yang dapat menyebabkan perubahan mood, mengakibatkan deperesi, kecemasan dan makan berlebih. Para ahli mempercayai jika kandungan gula rafinasi (gula mentah yang telah mengalami proses pemurnian untuk menghilangkan molase) dalam beberapa olahan makanan adalah penyebab peningkatan nafsu makan yang paling umum. Selain itu, makanan olahan menurut Dr. Amelia Gonta, dokter internship di RS Ibnu Sina Gresik juga mengatakan processed food kurang baik untuk kesehatan. “Karena mengalami proses pengolahan yang panjang, kandungan gizi pada processed food menjadi berkurang”, ungkapnya.

3. Masalah hormonal

    Penyebab selanjutnya adalah masalah hormonal seperti PMS (Pre-Menstrual Syndrome) yang dialami oleh para wanita, hyperthyroidism (hormon tiroid yang terlalu aktif), dan diabetes. Saat kadar hormon tiroid terlalu tinggi, pembakaran kalori menjadi lebih cepat. Selain itu, hiperglikemia (istilah medis untuk keadaan di mana kadar gula dalam darah lebih tinggi dari nilai normal) pada penderita diabetes memicu penderitanya untuk merasakan lapar lebih cepat. Jika Anda didiagnosa memiliki salah satu dari ketidakseimbangan hormon ini, disarankan untuk pergi ke dokter agar dapat diberi pengobatan yang tepat.

4. Kurang tidur

    Jika akhir-akhir ini nafsu makan cenderung meningkat, cek kembali jadwal tidur Anda. Sudah teraturkah jadwal tidur Anda? Atau jangan-jangan tekanan pekerjaan di akhir bulan menyebabkan begadang sepanjang malam. Ternyata kurang tidur dapat berakibat mudah lapar. Hal ini dipicu pada berubahnya dua hormon. Pertama kadar ghrelin (hormon yang berperan dalam peningkatan nafsu makan) meningkat dan menurunnya kadar leptin. Kedua hormon ini yang mengalami perubahan saat waktu tidur berkurang.

5. Cacingan

    Mungkin sampai sekarang banyak yang mengatakan orang yang tubuhnya kurus namun nafsu makannya tinggi adalah ciri cacingan. Ini ada benarnya. Parasit yang tinggal di dalam usus menyerap nutrisi dari makanan yang kita makan. Parasit seperti cacing pita hidup di saluran pencernaan, maka dari itu bila Anda memiliki tubuh yang kurus namun nafsu makan tinggi bisa jadi Anda menderita cacingan. Jangan khawatir, saat ini ada obat cacingan yang bisa dibeli di apotek terdekat.

6. Sedang dalam masa pengobatan

    Beberapa obat dapat memicu rasa lapar sepanjang waktu. Obat antidepresi seperti Paxil dan Zoloft, kortikosteroid seperti prednisone (digunakan untuk mengobati alergi, asma, dan penyakit inflamasi usus). Jika sedang mengkonsumsi obat-obatan yang diperkirakan dapat meningkatkan nafsu makan, tanyakan kepada dokter Anda apakah memungkinkan mengkonsumsi obat bersamaan dengan yang lain.

 


"Bagikan artikel ini dengan keluarga Anda"

Sosial Media

keluarga kokoh
23 November 2016 08:30

Juara 1 Lomba Foto Ekspresi

keluarga kokoh
23 November 2016 08:30

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:20

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:19

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:18

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali